Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Yesus Peduli Penderitaan Manusia

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik kelas tujuh materi Yesus Peduli Terhadap Penderitaan revisi terbaru. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mencari referensi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik kelas tujuh materi Yesus Peduli Penderitaan revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi Yesus Peduli Terhadap Penderitaan.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Yesus Peduli Penderitaan Manusia

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Bapak dan Ibu Guru secara khusus Bapak dan Ibu Guru yang membawakan materi agama Katolik di kelas tujuh. Dapatkan RPP 1 lembar materi Yesus Peduli Terhadap Penderitaan dengan gratis tanpa harus membeli dan membuatnya. Besar harapan admin apabila RPP yang dibagikan ini dapat membantu meringankan beban kerja sahabat guru di mana pun berada. Kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesabaran, kesehatan, dan umur yang panjang dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Selanjutnya, admin akan menjelaskan garis besar isi yang terdapat dalam RPP ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, gotong-royong), santum, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan sikap yang baik.
  2. Jujur dalam meneladani berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus.
  3. Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani.
  4. Merencanakan aktivitas/kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:
  1. Menceritakan salah satu pengalaman kepedulian yang pernah dilakukan.
  2. Membandingkan ciri-ciri dari orang bersikap peduli dan tidak peduli.
  3. Menjelaskan pentingnya sikap peduli terhadap penderitaan orang lain dalam hidup bersama.
  4. Menyebutkan contoh-contoh kepedulian Yesus terhadap penderitaan manusia.
  5. Mewujudkan sikap peduli terhadap penderitaan sesama dalam hidup sehari-hari.

Kegiatan Pembelajaran


a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Doa pembukaan, seorang siswa dipersilakan untuk berdoa secara spontan.
  2. Guru mengecek kesiapan siswa dengan bertanya jawab tentang materi pelajaran minggu sebelumnya.
  3. Guru memberi pengantar singkat.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
  1. Guru meminta kepada peserta didik untuk mengingat kembali satu pengalaman pernah peduli dan menolong sesama atau saudara yang mengalami kesusahan atau penderitaan.
  2. Peserta didik diminta membentuk kelompok untuk membagikan pengalaman mereka kepada teman-temannya dalam kelompok secara bergantian.
  3. Guru meminta peserta untuk mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri-ciri orang yang peduli dan tidak peduli.
  4. Setelah selesai diskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
  5. Guru dapat menanggapi prensentasi peserta didik dengan menyampaikan  beberapa pokok peneguhan.
  6. Guru meminta peserta didik melakukan studi pustaka untuk mencari dan menemukan perikop.
  7. Berdasarkan perikop yang sudah ditemukan, peserta didik diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan.
  8. Peserta didik menyampaikan hasil jawaban secara tertulis.
  9. Guru dapat memberikan peneguhan dengan menyampaikan beberapa pokok peneguhan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
  1. Guru meminta peserta didik untuk melakukan refleksi pribadi berdasarkan kegiatan pembelajaran hasi ini dan diungkapkan secara tertulis.
  2. Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, sebagai ungkapan doa bersama.

Penilaian Sikap dan Pengetahuan

a. Sikap Spiritual
  1. Saya percaya bahwa Yesus sungguh Allah.
  2. Saya percaya bahwa Allah turun ke dunia dalam diri Yesus Kristus.
  3. Saya menunjukkan kepercayaan akan Yesus melalui tindakan meneladan Yesus.
  4. Saya menunjukkan iman saya kepada Yesus dengan perbuatan kasih pada sesama seperti yang dilakukan Yesus.
b. Penilaian Pengetahuan
  1. Sebutkan ciri-ciri orang yang memiliki sifat peduli pada sesama!
  2. Jelaskan perlunya sikap rela berkorban seperti yang telah diteladani Yesus!
Kunci Jawaban:
  1. Orang yang memiliki sifat peduli pada sesama biasanya memiliki ciri-ciri; peka terhadap keadaan sesama di sekitarnya, mudah dan ringan tangan untuk membantu sesama yang menderita, tidak mudah egois dalam banyak hal, mudah tergerak hatinya untuk menolong orang lain yang membutuhkan bantuan, tidak malu ataupun canggung untuk menolong dan membantu sesama yang menderita.
  2. Keteladan Yesus ini sungguh menuntun kita, supaya kita pun bersikap seperti Yesus, berani berkorban dan peduli pada penderitaan sesama demi kesejahteraan banyak orang dan terus belajar setia atau taat kepada suara hati. Kita yakin dan percaya bahwa Tuhan selalu membantu kita.
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi Yesus Peduli Penderitaan Manusia. Adapun RPP yang admin bagikan kali admin bagikan secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang mengajarkan mata agama Katolik. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pembelajaran yang Bapak dan Ibu Guru bawakan. SELENGKAPNYA silakan DOWNLOAD perangkat pembelajaran ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini.

Download RPP Yesus Peduli Penderitaan Manusia