"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 25 Juni 2020

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Yesus yang Berbelas Kasih



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar materi Yesus yang Berbelas Kasih dalam mata pelajaran agama Katolik semester dua. revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru mata pelajaran agama Katolik dalam mencari referensi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar materi Yesus yang Berbelas Kasih dalam mata pelajaran agama Katolik. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi Yesus yang Berbelas Kasih dalam pembelajaran agama Katolik.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Yesus yang Berbelas Kasih

Suatu kebahagiaan bisa berbagi bersama dengan para Bapak dan Ibu Guru yang membawakan mata pelajaran agama Katolik di kelas tujuh melalui perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi Yesus yang Berbelas Kasih. Teriring doa admin buat Bapak dan Ibu Guru agar selalu diberikan kesehatan, kesabaran, dan umur yang panjang di dalam membimbing dan mencerdaskan anak bangsa demi kemajuan kita bersama. Dan semoga apa yang anak didik cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Selenjutnya, admin akan menjelaskan garis besar isi yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang admin bagikan ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, gotong-royong), santum, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan sikap yang baik.
  2. Jujur dalam meneladani berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus.
  3. Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani.
  4. Merencanakan aktivitas/kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran

  1. Menjelaskan arti bela rasa.
  2. Memiliki sikap bela rasa dalam hidup sehari-hari.
  3. Menjelaskan sikap seharusnya sebagai orang Kristiani terhadap orang yang berbuat jahat kepada kita berdasarkan Kitab Suci (Luk 6:27-37).
  4. Meneladan sikap hidup Yesus yang penuh belas kasih dalam hidup sehari-hari berdasarkan Lukas 7:11-17.
  5. Merencanakan aksi nyata untuk mewujudkan iman akan Yesus yang berbelas kasih.

Kegiatan Pembelajaran


a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Doa pembuka, seorang siswa dipersilakan untuk berdoa secara spontan.
  2. Guru menanyakan tugas-tugas yang dikerjakan pada pelajaran sebelumnya.
  3. Guru mengecek kesiapan belajar siswa dengan bertanya jawab tentang materi pelajaran minggu sebelumnya.
  4. Guru memberi pengantar singkat.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
  1. Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar atau foto yang terdapat dalam buku siswa.
  2. Guru meminta peserta didik untuk tetap dalam kelompok, untuk mendaftar berbagai keprihatinan yang memunyai kemiripan dengan situasi yang terdapat dalam foto yang diamati, kemudian menguraikan bentuk bantuan atau pertolongan yang dapat mereka lakukan terhadap mereka yang mengalami kondisi memerhatikan tersebut sebagai bentuk tindakan belarasa mereka. Hasil diskusi diplenokan.
  3. Selesai pleno, bila dipandang perlu Guru dapat menyampaikan beberapa pokok gagasan.
  4. Guru membagi kelas dalam 2 kelompok besar. Kelompok pertama diminta untuk membaca dan mendalami Injil Lukas 6:27-37 dan kelompok kedua membaca dan mendalami Injil Lukas 7:11-17.
  5. Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan kelompok lain boleh memberikan tanggapan berupa pertanyaan atau penjelasan.
  6. Setelah pleno, guru menyampaikan beberapa pokok peneguhan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
  1. Guru meminta peserta didik untuk melakukan refleksi pribadi berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini, dan hasil refleksinya diminta untuk diungkapkan secara tertulis.
  2. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk merencanakan aksi nyata, misalnya kunjungan ke Panti Asuhan.
  3. Peserta didik diminta untuk menyanyikan lagu sebagai ungkapan doa mereka untuk menutup kegiatan pembelajaran.

Penilaian

1. Sikap Spiritual

Bentuk/Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen Penilaian : Nilailah dirimu sendiri dan berilah tanda centang (⎷) pada kolom 4 (selalu), 3 (sering), 2 (kadang-kadang), atau 1 (tidak pernah) sesuai dengan hal-hal yang ada dalam pernyataan yang disajikan berikut ini.
  1. Saya percaya bahwa Yesus sungguh Allah.
  2. Saya percaya bahwa Allah turun ke dunia dalam diri Yesus Kristus.
  3. Saya menunjukkan kepercayaan akan Yesus melalui tindakan meneladan Yesus.
  4. Saya menunjukkan iman saya kepada Yesus dengan perbuatan kasih pada sesama seperti yang dilakukan Yesus.
2. Penilaian Pengetahuan

Tes Tertulis
  1. Jelaskan apa yang kamu pahami tentang sikap berbelarasa.
  2. Bagaimanakah seharusnya sikap sebagai orang Kristiani terhadap orang yang berbuat jahat kepada kita berdasarkan Kitab Suci.
  3. Tindakan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk meneladan sikap Yesus yang penuh belas kasih dalam hidup sehari-hari berdasar Lukas 7:11-17?
Kunci Jawaban:
  1. Kata "belarasa" sebenarnya untuk menggantikan kata "agape" (yang terlalu asing), "kasih" (yang sudah kehilangan arti) dan "cinta" (yang artinya mendua). Secara harafiah, kata belarasa ikut merasakan menderita atau merasa bersama.
  2. Ciri-ciri orang kristiani adalah kasih (belarasa). Salah satu kesulitan untuk melaksanakannya adalah karena belarasa sekaligus berkaitan dengan emosi dan tindakan kehendak. Membiasakan berbela rasa, berbelas kasih perlu dilakukan agar menjadi sebuah keutamaan.
  3. Memberikan semangat kepada orang yang berputus asa dan membantu sesama yang menderita baik secara material maupun dukungan moril.
Itulah di atas beberapa garis besar isi dari Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi Yesus yang Berbelas Kasih. Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload RPP ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang membawakan materi agama Katolik di kelas tujuh semester dua. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Download SELENGKAPNYA di link berikut ini!

Download RPP Yesus yang Berbelas Kasih


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Yesus yang Berbelas Kasih

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer