"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 04 Juni 2020

Doa Pribadi yang Benar dalam Agama Katolik - Kumpulan Doa Katolik



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian doa dan contoh pribadi yang benar secara Katolik. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi khusus anak didik yang beragama Katolik contoh doa pribadi yang baik dan benar secara Katolik. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikaan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan berdoa yang benar kepada Tuhan.

Doa Pribadi yang Benar dalam Agama Katolik - Kumpulan Doa Katolik

Pengertian Doa Menurut Alkitab

KGK 2559'' Doa adalah pengangkatan jiwa kepada Tuhan, atau satu permohonan kepada Tuhan demi hal-hal yang baik". Dari mana kita berbicara, kalau kita berdoa? Dari ketinggian kesombongan den kehendak kita ke bawah atau " dari jurang" (Mzm 130:1) hati yang rendah dan penuh sesal? Siapa yang merendahkan diri akan ditinggikan (Bdk. Luk 18:9-14). Kerendahan hati adalah dasar doa, karena "kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa" (Rm 8:26). Supaya mendapat anugerah doa, kita harus bersikap rendah hati: Di depan Allah, manusia adalah seorang pengemis.

Pemahaan Tentang Berdoa

Itulah sebuah pemahaman tentang arti doa dari ajaran Gereja Katolik. Berdoa adalah getaran hati suara nurani yang menyapa Allah. Suatu permohonan dan syukur kepada Allah. Oleh karena itu tidaklah dapat dipungkiri bahwa berdoa merupakan suatu bagian penting bagi orang beriman. Tanpa doa iman kita akan lemah tanpa daya, kering dan tidak berbobot, tapi dengan berdoa iman kita dikuatkan, diteguhkan, ditopang hingga koko kuat tak tergoyahkan.

Maka kebiasaan berdoa bagi umta Kaotlik sangatlah penting mulai dari anak-anak hingga orang tua dan kakek nenek tak terkecuali wajid berdoa. Namun berdoa macam mana yang benar secara Katolik? Itulah yang menjadi pokok persoalan kita.

Doa Pribadi Benar Secara Katolik

Allah Bapa Kami yang maha baik, kami bersyukur untuk hari baru ini yang telah Kau anugerahkan bagi kami. Engkau telah melindungi kami selama semalam yang telah berlalu dan memberikan begitu banyak rezeki hingga saat ini. Kami mohon berikanlah kami hati yang sanggup bersyukur dan hati yang selalu memberi kepada orang lain dari anugerah yang telah kami terima daripadaMu. Semoga kami sanggup melakukan itu dengan menolong sesama yang berkekurangan. Doa ini kami sampaikan kepadamu dengan pengantaraan Yesus Kristus Tuhan dan pengantara kami yang hidup bersama Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus. Allah spanjang segala masa. Amin. (Penutup doa bersifat trinitaris: Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus).

Tuhan Yesus Kristus, kami bersyukur atas penyertaan-Mu sepanjang hari ini. Kami menyadari bahwa banyak kesalahan dan kekurangan telah kami lakukan sepanjang hari ini. Kami mohon pengampuanan darimu dan berilah kami kekuatan untuk bangkit dari kesalahan kami. Semoga besok kami mampu menjadi muridMu yang sejati. Karena Engkaulah Tuhan dan pengantara kami yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin. (Penutup doa bersifat kristologis di amana Kristus menjadi pengantara kita satu-satunya dan bersifat universal kepada Allah Bapa).

Novena Tiga Salam Maria

Bunda Maria, Perawan yang berkuasa, bagimu tiada sesuatu yang mustahil, karena kekuasaan yang di anugerahkan Tuhan yang maha kuasa padamu. Maka dengan sangat aku mohon bantuanmu dalam kesulitanku. Janganlah kiranya Engkau meninggalkan daku, sebeb engkau pasti dapat menolong; meski dalam perkara sulit yang tidak ada harapannya sekalipun, engkau tetap menjadi penolong. Baik keluhuran Tuhan, kehormatan namamu, maupun keselamatan jiwaku akan bertambah, jika engkau sudih mengabulkan permohonanku  ini. Oleh karena itu, kalau permohonan ini benar-benar searah dengan kehendak Tuhan yang mahakasih dan mahasuci, aku mohon dengan sangat, ya bunda yang kuasa dalam permohonan, sudilah kiranya Bunda meneruskan permohonanku ini ke hadirat putraMu Yesus, yang pasti takkan  menolakmu.

Pengharapanku yang besar ini berdasarkan kekuasaan tak terbatas, yang di anugerahkan Allah Bapa kepadamu. Dan untuk menghormati kekuasaanmu, aku berdoa bersama Santa Mechtildis, yang kau beri tahu tentang latihan kebaktian "Salam Maria" yang sangat besar manfaatnay.

Salam Maria.........3X
(Permohonan)

Pewartaan suci, Takhta kebijaksanaanillahi telah tinggal di dalam dirimu. Engkau telah dianugerahkan pengetahuan illahi, tak terhingga oleh Puterahmu, karena sebagai makhluk paling sempurna engkau dapat menerimannya. Engkau tahu betapa besar kesulitan yang kuhadapi, betapa besar pertolongan yang kuharapkan darimu.
Dengan penuh kepercayaan akan tingginya kebijaksanaanmu aku menyerahkan diri seutuhnya kepadamu, supaya engkau dapat mengatur berkat segala kesanggupan dan kedermawaan budi, demi keluhuran Tuhan dan keselamatan jiwaku. Sudilah kiranya Bunda menolong dengan segala cara yang paling tepat, agar tercapailah maksudku itu.

Bunda Maria, Bunda kebijaksanaan illahi, bekenanlah mengabulkan permohonanku yang penting ini. Aku mohon ini berdasarkan kebijaksanaanmu  yang tiada bandingnya, yang dikaruniakan kepadamu oleh Sabda Illahi, Putramu. Bersama Santo Antonius dari Padua dan Santo Leonardus dari Porto Mauritio, pewarta kebaktian "Tiga Salam Maria" yang rajin, aku berdoa untuk menghormati kebijaksanaanmu yang tiada tara.

Salam Maria...........3X
(Permohonan)

Bunda yang baik dan lembut hati, bunda kerahiman sejati, yang akhir-akhir ini di sebut "Bunda yang penuh belas kasih", aku datang kepadamu, dan mohon dengan sangat, sudilah kirannya bunda memperlihatkan belas kasihmu kepadaku. Aku tahu bahwa aku tidak pantas mendapatkan karunia itu, sebab kerap kali aku menyedihkan hatimu, dengan menghina Yesus, puteramu Betapapun besar kesalahanku, aku sangat menyesal karena telah melukai hati kudusmu.
Engkau telah memperkenalkan diri sebagai "Bunda para pendosa yang bertobat"  Bunda para pendosa yang bertobat" kepada Santa Brigita. Maka ampunilah kiranya segala tidak tahu terima kasihku yang sudah-sudah. Ingatlah saja akan keluhuran Tuhan serta kerahiman dan kebaikan hatimu yang akan terpancar, dengan mengabulkan anugerah permohonan ini dengan perantaraanmu.

Bunda kerahiman dan kebaikanmu, dan lewat doamu aku mengharap dengan sangat anugerah Roh Kudus. Dan demi keluhuran namamu, bersama Santo Alfonsus Maria de Liguori, rasul kerahimanmu serta guru kebaktian "Tiga Salam Mari" ini, aku berdoa untuk menghormati kerahiman dan kebaikanmu.

Salam Maria.......3X
(Permohonan)

Keterangan:


1. Sebaiknya ditambah doa:
"Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah....(diriku), (dia), (kami) dari dosa berat''.
2. Jika permohonan ini mengenai perkara besar dan penting, hendaknya melakukan novena ini tiga kali berturut-turut.
3. Untuk memperbesar kemungkinan terkabulnnya permohonan, misal dapat berjanji pada Bunda Maria.
a. Tiap pagi dan petang setia berdoa "Salam Maria"
b. Mengumumkan kalau permohonan itu telah dikabulkan, seabagai tanda terima kasih pada penghormatan kepada Bunda yang tersuci.

Bunda Maria

Bunda Maria, Bunda yang baik hati, bantulah aku dalam menempuh kehidupan ini, agar aku dapat mencapai kebahagiaanku dan cita-citaku.
Oh Bunda bila aku ingat masa depanku dan kesulitan-kesulitanku, aku merasa khawatir dan sedih seringkali merasa berputus asa karenannya Bunda, tolonglah aku dalam kesulitan-kesulitanku ini, bantulah aku agar selamat, sampai pada cita-citaku.
Oh Roh Kudus terangilah akal budiku dan bimbinglah aku, ampunilah kesalahanku dan kabulkanlah doaku. Amin

Jiwa Mari

Jiwa Mari, sucikanlah aku Hati Maria, nyalahkanlah aku Tangan Maria, sanggalah aku kaki Maria, pimpinlah aku Bibir Maria, berkatalah padaku Dukacita Maria, kuatkanlah aku O Maria yang manis, dengarkanlah aku jangan mengijinkan daku terpisah darimu, terhadap musuh-musuhku belalah aku, tuntunlah daku kepada Yesus yang manis, Semoga dengan dikau, aku dapat mencintai dan memuji dikau untuk selama-lamanya. Amin

Permohonan Kepada Allah

Tuhanku, tiap-tiap hari aku menghadapMu nasihatilah aku masa mudahku dan tak lihat jalan nasihatilah aku, pimpinlah tepat yang kuharus jalan supaya kehuduoanku menunjukan cinta kasih kepadaMu. Terangilah. Oleh firmaMu tenangkanlah ketakutanku, Terangilah aku. Jalanku kurang terpandang. Tak dapat kulihat ujung jalan yang menuju padaMu, berikanlah aku ketegasan untuk mengikuti ketegasan  untuk mengikuti cahayamu. Berikanlah aku kekuatan untuk memilih yang benar. Teguhkanlah aku begitu tidak lagi bertanggung jawab hatiku. Ya, nyalahkanlah dalam hatiku api cinta kasihMu.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Pribadi yang Benar dalam Agama Katolik - Kumpulan Doa Katolik

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer