"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 04 Mei 2020

Kumpulan 27+ Langkah-Langkah Berdoa Rosario yang Baik dan Benar



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah dalam berdoa Rosario yang baik dan benar. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu teman-teman yang beragama Katolik dalam mencari referensi bagaimana berdoa Rosario yang baik. Dan harapannya, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik agar kita menjadi pribadi yang lebih baik di hadapan Allah. Berikut ini adalah langkah-langkah berdoa Rosario yang baik.

Kumpulan 27+ Langkah-Langkah Berdoa Rosario yang Baik dan Benar

Pengertian Doa Rosario

Doa Rosario adalah doa renungan atas misteri keselamatan dari saat Yesus mulai dikandung sampai Ia dimuliakan di surga dan mengutus Roh Kudus (seluruhnya 20 peristiwa). Sembari mendaras Salam Maria berulang-ulang (sebanyak 10 kali), semua pendoa merenungkan salah satu misteri yang dirangkai dalam doa Rosario tersebut.

Doa yang terus diulang-ulang ini membantu memusatkan perhatian pada misteri keselamatan yang direnungkan. Tetapi hendaknya diingat bahwa doa renungan ini harus dibangun oleh iman, maka bacaan-bacaa singkat, renungan, dan ayat-ayat nyanyian disisipkan di antara setiap dasa Salam Maria. Kalau tidak dilandasi iman, ada bahaya bahwa doa Rosario menjadi rentetan kata-kata kosong belaka.

Berkat dalam Doa

Di dalam kondisi apakah kita dijanjikan membutuhkan berkat? Ada dalam Alkitab, "Mintalah, maka kamu akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu dibukakan" (Matius 7:7-8).

Hal dalam Doa 


Salah satu dari banyak hal yang dapat kita doakan adalah kebijaksanaan. Ada dalam Alkitab, "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintanya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberika kepadanya. Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya. (Yakobus, 1:5-8).

Dalam kondisi apakah pemazmur mengatakan bahwa Tuhan tidak akan mendengarkan doa kita? Ada dalam Alkitab, "Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar. Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan". (Mazmur 66:18-19). Apakah Tuhan pernah menolak untuk mendengarkan suatu doa? Ada dalam Alkitab, "Siapa memalingkan telinganya untuk tidak mendengarkan hukum, juga doanya adalah kekejian". (Amsal 28:9).

Di dalam nama siapakah kita harus berdoa? Ada dalam Alkitab, "Dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, aku akan melakukannya, supaya Bapa di permuliakan di dalam anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya". (Yohanes 14:13-14). Jangan lupa untuk berterima kasih kepada Tuhan atas jawaban-jawaban-Nya akan doa kita. Ada dalam Alkitab, "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur". (Filipi 4:6, 6).

Jangan Pernah Berhenti Berdoa

Berapa seringkah kita harus berdoa? Ada dalam Alkitab, "Dalam segala doa dan permohonan". (Efesus 6:18). Berdoalah setiap waktu di dalam roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, (1 Tesalonika 5:17), Tetaplah berdoa. Kadang-kadang Tuhan menjawab doa kita sebelum kita memintanya. Ada dalam Alkitab, "Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarnya" (Yesaya 65:24).

Kadang-kadang Tuhan mengatakan tidak terhadap permohonan doa kita. Ada dalam Alkitab, "Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku. Tetapi jawab Tuhan kepadaku:"Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku". (II Korintus 12:18-9).

Kadang-Kadang Tuhan menjawab doa kita dengan mengatakan tunggu. Ada dalam Alkitab, "Berdiam dirilah di hadapan Tuhan dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya. (Mazmur 37:7). Tidak ada batas akan kemampuan Tuhan untuk menolong kita. Ada dalam Alkitab, "Bagi dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita". (Efesus 3:20).

Tuhan Memenuhi Janjinya

Berapa penuhkan janji Tuhan untuk memenuhi kebutuhan kita? Ada dalam Alkitab, "Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. (Filipi 4:19). Bagaimanakah kita mengetahui apa yang harus didoakan? Ada dalam Alkitab kelemahan kita; sebab kita tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus." (Roma 8:26-27).

Dalam kondisi apakah Tuhan mengatakan kita akan menerima jawaban dari doa-soa kita? Ada dalam Alkitab, "Karena itu Aku berkata kepadamu: Apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu." (Markus 11:24).

Langkah-Langkah Berdoa Rosario


  1. Buatlah tanda salib (sambil mencium salib) dan berdoalah "aku percaya".
  2. Kemulian dan terpujilah
  3. Bapa Kami
  4. Salam Mempelai Allah Roh Kudus, Salam Maria, Salam Bunda Allah Putera, Salam Maria, Salam Putera Allah Bapa, Salam Maria.
  5. Kemulian dan Terpujilah Ya Yesus
  6. Peristiwa pertama Bapa Kami
  7. Berdoa 10 Salam Maria
  8. Kemulian dan Terpujilah
  9. Ya Yesus ......*)
  10. Peristiwa ke-2 Bapa Kami
  11. Berdoa 10 Salam Maria
  12. Kemulian dan Terpujilah
  13. Ya Yesus ......
  14. Peristiwa ke-3 Bapa Kami
  15. Berdoalah 10 Salam Maria
  16. Kemuliaan dan Terpujilah 
  17. Ya Yesus ...
  18. Peristiwa ke-4 Bapa Kami
  19. Berdoalah 10 Salam Maria
  20. Kemuliaan dan Terpujilah
  21. Ya Yesus ....
  22. Peristiwa ke-5 Bapa Kami
  23. Berdoalah 10 Salam Maria
  24. Kemuliaan dan Terpujilah
  25. Ya Yesus ...
  26. Dapat diakhiri dengan doa penutup: Salam Ya, Ratu
  27. Buatlah Tanda Salib (sambil mencium salib)


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 27+ Langkah-Langkah Berdoa Rosario yang Baik dan Benar

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer