"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 04 Mei 2020

Alat, Bahan, dan Langkah-Langkah Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan alat, bahan, dan langkah-langkah membuat tempat pensil dari botol plastik. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi alat, bahan, dan langkah-langkah membuat tempat pensil dari botol plastik. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik kepada anak didik dalam memahami alat, bahan, dan langkah-langkah membuat tempat pensil dari botol plastik.

Alat, Bahan, dan Langkah-Langkah Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik

Pengertian Botol Plastik 

Botol plastik adalah botol yang terbuat dari plastik dan limbahnya tidak bisa diuraikan secara cepat, jadi biasanya dapat didaur ulang. Sesuatu yang terbuat, memiliki ruang atau volume dan bentuknya terkadang ada yang seperti tabung.

Nah, kali ini kalian akan membuat sebuah tempat pensil. Tempat pensil yang berfungsi untuk menyimpan pensil, pulpen, alat penghapus, atau peralatan tulis lainnya. Jika sesuatu sudah tersimpan rapi pada suatu tempat, kalian tidak perlu pusingkan untuk mencarinya. Tempat pensil dapat dibuat dengan memanfaatkan botol plastik yang sudah tidak terpakai. Syaratnya, botol tersebut memiliki kualitas plastik yang masih bagus dan tidak terlalu tipis.

Alat dan Bahan


Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan tempat pensil, yaitu:

Bahan:
  • Botol plastik dari oli atau minuman
  • Papan kayu setebal 1 cm.
  • Tutup botol atau pasta gigi
  • Paku
  • Lem Kayu
  • Cat finishing atau phylox
Alat:
  • Gergaji
  • Cutter
  • Pensil
  • Kuas
  • Palu
  • Penggaris

Langkah-Langkah Pembuatan 


  1. Jika bahan sudah disiapkan, bersihkan terlebih dahulu sisa-sisa kotoran dalam botol plastik dengan sabun, Setelah itu, dijemur agar kering.
  2. Potonglah papan kayu menjadi berukuran 15 cm x 30 cm.
  3. Potonglah botol-botol plastik yang bervariasi ukurannya dengan cutter untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.
  4. Ampaslah botol plastik yang akan dijadikan tempat pensil pada bagian yang terpotong atau digergaji tersebut agar hasilnya lebih rapi.
  5. Terapkanlah botol yang telah dibentuk pada papan kayu menggunakan lem berdaya rekat kuat atau dikaitkan dengan kawat halus pada bagian bawah.
  6. Pasanglah kaki-kaki pada keempat sudut papan kayu sebagai alas dengan cara menerapkan tutup botol atau tutup pasta gigi, yaitu dengan dipaku atau dilem. 
  7. Semprotlah semua bagian tempat pensil dengan phylox, baik pada bagian luar maupun bagian dalam botol, serta bagian bawah atas alas secara perlahan dan merata dengan warna yang kalian sukai.
  8. Setelah dikeringkan, tempat pensil yang terbuat dari bahan plastik sudah siap digunakan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Alat, Bahan, dan Langkah-Langkah Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer