"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 26 Februari 2020

Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pembahasan seputar senam lantai dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) revisi terbaru. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang senam lantai dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami senam lantai dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) revisi terbaru.

Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)
 www.searchpengertian.com

Pengertian Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai dengan istilahnya, maka gerakan-gerakan senam dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani. Senam lantai sering juga disebut dengan senam bebas, sebab pada waktu melakukan gerakan tidak membawa alat atau menggunakan alat. Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 x 12 m dan dapat ditambahkan matras sekeliling area selebar 1 meter untuk menjaga keamanan pesenam yang baru melakukan latihan atau rangkaian gerakan.

Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat berputar di udara, menumpu dengan dua tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat ke depan atau kebelakang. Bentuk gerakannya merupakan gerakan dasar senam perkakas, bentuk latihannya pada putra maupun pada putri pada dasarnya adalah sama, hanya untuk putri dimasukkan unsur-unsur gerakan balet.

Kombinasi Guling ke Depan dan Guling ke Belakang

Guling ke depan dan guling ke belakang merupakan kombinasi rangkaian gerakan yang dilakukan tanpa terhenti sebelum dua gerakan tersebut dilakukan.

Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)

Kombinasi Guling ke Depan dengan Guling Lenting

Kombinasi guling ke depan antara lain kombinasi guling lenting ke depan, kombinasi guling ke depan dengan loncat harimau, guling ke depan dengan guling lenting ke samping, dan kombinasi guling ke depan dengan guling lenting ke belakang.
Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)

Kombinasi Guling ke Belakang dengan Guling Lenting

Latihan guling lenting merupakan gerakan yang memerlukan keberanian dan koordinasi otot tubuh, terutama otot lengan.

Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)

Kombinasi Rangkaian Sederhana Senam Lantai

Kombinasi rangkaian sederhana senam lantai terdiri dari rangkaian 3 pola gerakan, gerakan 4 pola gerakan, rangkaian gerakan handstand, guling ke depan, dan guling ke belakang, serta rangkaian sikap lilin, kayang, dan guling ke depan dan ke belakang.

Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer