"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 01 Februari 2020

Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi tentang manipulasi sistem pengendali dalam pembelajaran Prakarya kelas 9 revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang manipulasi sistem pengendali dalam pembelajaran Prakarya. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami manipulasi sistem pengendali dalam pembelajaran Prakarya. 

Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi
www.searchpengertian.com

Dasar Elektronika Analog

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), electronika diartikan sebagai cabang ilmu pengetahuan dari fisika yang mempelajari tentang pemancaran, perilaku, dan dampak elektron, serta alat-alat yang menggunakannya. Elektronika sebagai cabang dari ilmu elektronika yang mempelajari tentang sistem analog.

Resistor

Resistor disingkat dengan huruf baca R disebut juga sebagai hambatan listrik. Resistor adalah komponen elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus listrik yang mengalir dalam satu rangkaian. Untuk lebih jelasnya silakan kalian lihat gambar di bawah ini.

Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi

Kapasitor

Kapasitor/kondensator merupakan komponen elektronika yang mempunyai fungsi utama sebagai penyimpanan muatan arus listrik. Satuan standar internasional kapasitor dinyatakan dengan satuan Farad (F). Terdapat 2 jenis kapasitor, yaitu kapasitor tetap dan kapasitor variabel. Untuk lebih jelasnya silakan kalian lihat gambar berikut.

Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi

Induktor

Induktor merupakan komponen elektronika yang terbentuk dari lilitan kawat tembaga. Satuan standar internasional dari induktor adalah Henry (H). Contoh komponen elektronika yang menggunakan prinsip lilitan, yaitu trafo step up/step down, trafo filter, motor listrik, solenoid, relay, speaker, dan mik. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak gambar di bawah ini.

Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi

Diode

Diode merupakan komponen elektronika yang terbentuk dari bahan semikonduktor. Fungsi utama diode adalah sebagai penyerahan arus listrik. Diode mempunyai dua buah kutub, yaitu kutub negatif (-) dan positif (+). Perhatikan gambar diode di bawah ini.

Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi

Macam-macam diode

  1. Diode penyearah atau diode biasa
  2. LED (Light Emitting Diode)
  3. Diode fotodiode
  4. Diode zener
  5. Diode schottky

Transistor

Transistor merupakan komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor berupa silikon atau geranium. Transistor mempunyai tiga kaki, yaitu basis, kolektor, dan emitor. Perhatikan gambar transistor di bawah ini.

Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi

Fungsi transistor

  1. Penguat audio
  2. Penguat arus
  3. Sakelar elektronik
  4. Regulator atau penstabil tegangan
  5. Pembangkit frekuensi atau sinyal

Sensor

Sensor merupakan jenis transduser yang dapat mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi besaran listrik, seperti tegangan dan arus listrik. Transduser merupakan piranti atau alat yang digunakan untuk mengubah isyarat masukan menjadi isyarat keluaran dengan nilai besaran yang berbeda. Perhatikan gambar di bawah ini.

Dasar Elektronika Digital

Elektronika digital dapat diartikan sebagai cabang dari ilmu eletronika yang mempelajari tentang pemrosesan sinyal digital. Pada sinyal digital, hanya terdapat dua kondisi, yaitu 1 dan 0 atau tinggi atau rendah. IC (Intergrated Circuit) merupakan komponen elektronika digital yang tersusun atas komponen eletronika lainnya.

1. IC Gerbang Logika
IC gerbang logika merupakan komponen elektronika pembentuk sistem elektronika digital yang dapat mengubah satu masukan atau lebih menjadi sinyal keluaran.
2. IC Flip Flop
IC flip flop merupakan suatu komponen eletronika yang dapat digunakan untuk menyimpan data sementara dan mempunyai dua keadaan stabil.
3. IC Timer
IC timer dikenal sebagai IC pewaktu berfungsi untuk membangkitkan frekuensi atau detak.
4. IC Counter
IC counter atau IC pencacah adalah jenis IC yang digunakan sebagai pencacah waktu.
5. IC Linear
IC linear atau IC analog merupakan jenis IC yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.

Dasar Pengendali

Sistem pengendalian atau sistem kontrol merupakan peralatan yang digunakan untuk memproses, mengendalikan, dan mengatur kondisi dari suatu sistem. Contohnya, penggunaan remote kontrol untuk mengendalikan peralatan electronik, seperti televisi, dcd player, AC, dan peralatan elektronik lainnya. Dalam dunia industri, sistem pengendali memberikan kemudahan dalam proses menjalankan usahanya. Dengan sistem pengendali produktivitas usaha menjadi semakin cepat dan meningkat. Perhatikan bagan sistem kendali di bawah ini.
Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi
  1.  Input (Masukan), bagian input sistem pengendali berfungsi sebagai pembaca atau penerima rangsangan dari lingkungan sekitar.
  2. Processing (Pemroses), bagian processing merupakan otak dari sistem pengendali.
  3. Output (Keluaran), bagian output merupakan bagian yang melakukan eksekusi perintah yang telah diberikan oleh bagian pemroses.
Kegiatan yang dilakukan pada bagian processing
  1. Menerima atau membaca informasi dari masukan.
  2. Melakukan pemrosesan informasi yang didapatkan 
  3. Menentukan langkah yang akan dilakukan dengan melakukan perintah pada bagian keluaran untuk dilakukan eksekusi.

Analisis Sistem Pengendali

Analisis sistem pengendali merupakan sebuah untuk melakukan penyelidikan atau investasi pada sistem kendali. Tujuannya untuk mengetahui sistem kendali yang direncanakan atau dibuat. Gangguan pada sistem pengendali, yaitu gangguan internal dan gangguan eksternal.
1. Sistem Kendali Loop Tertutup
Pada sistem kendali loop tertutup/sistem kendali umpan balik apabila terjadi kesalahan tersebut akan dikembalikan pada proses sebelumnya.
2. Sistem Kendali Loop Terbuka
Sistem kendali loop terbuka merupakan suatu sistem yang keluarannya tidak akan berpengaruh terhadap aksi kontrol.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manipulasi Sistem Pengendali | Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer