"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 20 Januari 2020

Teks Berita | Pengertian, Unsur, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Teks Berita | Pengertian, Unsur, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks
www.searchpengertian.com

Pengertian Teks Berita

Berita merupakan bentuk laporan suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa. Dengan kata lain berita adalah fakta menarik atau suatu kejadian penting yang disampaikan kepada masyarakat melalui media. Akan tetapi, tidak semua fakta bisa diangkat menjadi berita. Setiap fakta akan dipilih yang pantas untuk disampaikan kepada masyarakat.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita juga berarti laporaa. Ada yang mengatakan, berita adalah informasi baru yang disajikan dalam pembacaan dan penulisan yang jelas, aktual, dan menarik. Bila pembacaan dan penulisan, serta redaksi berfungsi baik, pembaca dan pendengar akan memeroleh informasi yang aktual.

Kata berita berasal dari bahasa Sanskerta virit berarti "terjadi" atau  "ada". Beberapa orang juga ada yang menyebut kata ini dengan kata vritta. Kata vritta berarti "kejadian" atau "yang sedang terjadi". Menurut Atar Semi, kritikus Sastra Indonesia, berita adalah cerita atau laporan mengenai kejadian atau peristiwa faktual baru dan luar biasa sifatnya.

Berita dapat dapat disampaikan secara lisan seperti dari teman, radio, dan televisi. Berita dalam bentuk tulisan dapat disampaikan melalui surat kabar, majalah, atau sarana tulisan yang lain. Peristiwa dalam cerita tersebut benar-benar aktual. Peristiwa dalam cerita memiliki nilai kejutan dan memenuhi hasrat keingintahuan banyak orang. Peristiwa itu bukan kejadian secara rutin dan natural, melainkan di luar kebiasaan dan di luar dugaan. Dengan demikian, peristiwa yang berlangsung atau terjadi secara lumrah dan rutin tidak dapat dinilai sebagai berita. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat.

Unsur-Unsur Teks Berita

Berikut ini adalah beberapa unsur-unsur teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun unsur-unsur teks berita tersebut adalah sebagai berikut.

a. What (apa)
Berita berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa, hal, atau peristiwa yang diberitakan.
b. Who (siapa)
Berita memuat keterangan orang-orang yang terlibat dalam peristiwa. Orang-orang tersebut diberitakan oleh pembuat berita.
c. When (kapan)
Berita menyebut waktu kejadian peristiwa.
d. Where (di mana)
Berita berisi deskripsi lengkap tempat kejadian peristiwa.
e. Why (mengapa)
Berita memuat alasan, sebab, atau latar belakang terjadinya peristiwa.
f. How (bagimana)
Berita menjelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat dari peristiwa tersebut.

Struktur Teks Berita

Berikut ini adalah struktur teks berita yang akan kalian pelajari dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun struktur teks berita tersebut adalah sebagai berikut.
1. Kepala Berita (headline)
Kepala berita  yaitu judul berita utama yang biasanya ditulis besar-besar.
2. Teras (lead)
Teras berita yaitu satu paragraf pembuka yang memuat intisari berita yang yang paling menarik (berisi beberapa poin dari unsur berita 5W + 1H).
3. Tubuh (body)
Tubuh yaitu bagian isi uraian lengkap yang menjelaskan seluruh unsur berita 5W + 1H.
4. Kaki (leg)
Kaki bagian penutup yang berupa simpulan atau penegasan ulang.

Ciri Kebahasaan Teks Berita


Berikut ini adalah beberapa ciri kebahasaan teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun ciri-ciri teks tanggapan adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung
Kalimat langsung adalah salah satu jenis kalimat yang merupakan sebuah hasil dari kutipan langsung dari pernyataan seseorang atau dari pembicaraan seseorang. Di mana dalam kutipan tersebut diambil sama persis dengan yang diucapkan oleh orang lain tanpa penambahan atau pengurangan kata. Kalimat langsung adalah kalimat ujaran yang ditulis kembali secara apa adanya. Kalimat langsung diapit oleh tanda kutip ("..."). 

Ciri kalimat langsung
  1. Pada kalimat langsung, jika kalian ingin membuat kalimat petikan harus di tandai dengan menggunakan tanda petik pada awal akhir kalimat.
  2. Selain itu jika menggunakan tanda petik, pada huruf pertama tanda setelah tanda petik harus kalian tulis dengan huruf kapital.
  3. Dalam kalimat langsung, kalimat menggunakan petikan dengan kalimat penggiring harus dipisahkan tanda baca koma (,).
  4. Jika kalian menggunakan atau menulis kalimat langsung yang berurutan, kalian harus menggunakan tanda baca titik dua (:) di bagian depan kalimat langsung.
  5. Pola susunan yang biasa digunakan dalam kalimat langsung adalah sebagai berikut. 1) Pengiring, kemudian di ikuti dengan kalimat kutipan. 2) Kutipan, kemudian di ikuti dengan kalimat pengiring. 3) Diawali dengan kalimat kutipan, kemudian kalimat pengiring dan terakhir adalah kalimat kutipan lagi. 
Contoh kalimat langsung
  1. "Kamu memang anak yang baik." kata kakek kepada Ani.
  2. Kata Lisa, "Saya nanti sore akan ke rumahmu."
  3. Ayah menyuruh, "Antarkan surat ini ke kantor pos."
Kalimat tidak langsung adalah sebuah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan atau biasa disebut sebagai melaporkan kembali ucapan orang dengan cara tidak langsung atau tidak menggunakan tanda petik. Kalimat ini merupakan bentuk kalimat yang kebalikan dengan kalimat langsung. Kalimat ini hanya memiliki sifat melaporkan kembali, ucapan atau perkataan seseorang dengan menggunakan bahasa kalian sendiri. Oleh karena itu kalimat ini juga disebut dengan kalimat berita.

Ciri kalimat tidak langsung
  1. Kalimat ini penulisannya tidak menggunakan tanda petik
  2. Intonasi kalimat ini datar, dan terkesan menurun pada bagian akhir kalimat
  3. Tokoh atau pelaku yang digunakan dalam kalimat tidak langsung mengalami perubahan, yaitu: 1) Kata ganti untuk orang pertama berubah menjadi kata ganti orang ketiga. 2) Kata ganti orang kedua berubah menjadi orang pertama. 3) Kata ganti orang secara jamak diubah menjadi kami dan mereka. Tergantung pada konteks kalimat yang kalian buat.
  4. Kalimat ini menggunakan kata penghubung atau biasa disebut konjungsi. Konjungsi yang sering digunakan adalah agar, supaya, tentang, untuk, bahwa.
Contoh kalimat tidak langsung
  1. Ibu guru berkata kepadaku jika aku memang benar-benar anak yang baik
  2. Polisi berhasil menangkap basah empat orang maling dan membawanya dengan mobil polisi.
  3. Ririn berkata kepada kakeknya bahwa dia dipanggil oleh nenek untuk sarapan
2. Menggunakan kata kerja mental
Kata kerja mental adalah kata kerja yang menyatakan suatu respon atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan, keberadaan, pengalaman. Arti lain dari kata kerja mental adalah kata kerja yang menerangkan aktivitas mengindrai, berpikir, atau merasa.

Contoh:
  1. Ayah khawatir karena sudah pukul 10 malam, Karin belum juga pulang ke rumah.
  2. Pemerintah harus melihat kondisi ekonomi masyarakat Indonesia secara real.
  3. Keluarga kami terharu, saat kakak lulus sebagai lulusan terbaik di universitasnya
3. Menggunakan konjungsi temporal
Konjungsi temporal adalah kata hubung yang menunjukkan urutan waktu. Teks berita harus menggunakan kata hubung ini karena waktu merupakan unsur utamanya. Berikut beberapa konjungsi temporal yang sering digunakan dalam teks berita.
  1. tatkala
  2. sesudah
  3. setelah
  4. waktu
  5. seraya
  6. sementara
  7. semenjak
  8. selama
  9. sejak
  10. sedari
  11. sebelum 
  12. sambil
  13. ketika
  14. sebelumnya
  15. setelah itu
  16. selanjutnya
  17. sesudahnya
  18. kemudian
  19. lalu
Contoh kalimat:
  1. Kejadian itu berawal tatkala Dewi berkunjung ke rumah neneknya.
  2. Sedari dulu memang dia sudah menduga, kalau dialah pelakunya
  3. Rencana itu sudah dipersiapkan selama 1 minggu
4. Menggunakan keterangan waktu
Kata ini menjelaskan waktu ketika suatu peristiwa terjadi. Beberapa keterangan waktu yang sering muncul dalam teks berita adalah kemarin, biasanya, pernah, sering, sejak, sementara, dahulu, keesokan harinya, tadi, terkadang, sekarang, dan selalu.

Contoh kalimat:
  1. Saya dan keluarga pulang dari Balikpapan kemarin lusa
  2. Tidak biasanya korban berbicara seperti itu
  3. Sejak kejadian itu dia sering menyendiri di kamarnya

Contoh Teks Berita

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks berita adalah sebagai berikut.
Pemangkas Suku Bunga AS Bikin Rupiah Terkapar

Jakarta - Nilai tukar rupiah pada perdagangan pasar spot Kamis, (31/10) berada di posisi Rp14.042 per dolar AS (USD). Kurs mata uang garuda tercatat melemah 12 poin atau 0,09 persen dibandingkan perdagangan Rabu di level Rp14.030 per USD.

Sedangkan kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di posisi Rp14.008 per USD, atau melemah dibandingkan posisi Rabu (30/10), Rp14.044 per USD. Sore hari kemarin mayoritas mata uang di kawasan Asia menguat terhadap dolar AS. Tercatat, Peso Filipina menguat 0,39 persen, won Korea menguat 0,37 persen, yuan Tiongkok 0,13 persen, dan yen Jepang 0,42 persen. 

Selanjutnya, baht Thailand. dolar Singapura, dan ringgit Malaysia masing-masing menguat sebesar 0,10 persen. Sementara, pelemahan terjadi pada rupee India 0,11 persen, dan lira Turki yang melemah sebesar 0,28 persen terhadap dolar AS.

Di negara maju, mayoritas nilai tukar menguat terhadap dolar AS. Poundsterling Inggris menguat0,37 persen, dolar Australia 0,22 persen, dan euro keok 0,19 persen, sedangkan dolar Kanada turun tipis 0,05 persen.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai pelemahan rupiah terjadi akibat pemangkasan suku bunga dari The Fed. Kemudian bank sentral AS juga mengisyaratkan bahwa mereka mungkin menghentikan rencana kenaikan suku bunga di masa depan. 

Pemkab Prioritaskan Proyek Pengendali Banjir

Tenggarong - Penanggulangan banjir di Tenggarong terus dilakukan. Pembersihan sedimentasi di parit-parit serta pembuatan saluran air baru mulai dikerjakan. Langkah taktis itu dikebut sambil memulihkan kembali fungsi Sungai Kejawi di Tenggarong.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar Muhammad Yamin didampingi Kasi Pemanfaatn Sungai Danau Waduk Rawa dan Pantai Dinas PU Kukar Syarifah Rositah mengatakan, sejumlah proyek untuk mengendalikan banjir di Tenggarong akan digarap hingga akhir tahun.

Tak hanya melakukan pengangkat sedimentasi di lokasi yang rawan, proyek pembuatan jalur pembuangan air baru terus dikerjakan. "Ada juga yang harus memotong jalan untuk mempercepat aliran air ke sungai," ujar Yamin.

Kegiatan pembuatan parit yang baru diantara berada di Jalan Ahmad Dahlan, Jalan AM Sangaji, hingga Jalan Imam Bonjol. Beberapa pelebaran parit dilakukan, menyesuaikan kebutuhan debit air. "Karena penganan debit air ini juga menjadi atensi Pemkab Kukar untuk segera diselesaikan. Ini akan terus berlanjut hingga 2020," tambahnya.

"Bupati sangat serius menangani banjir ini. Karena itu beliau turun langsung melihat parit-parit menjelang musim hujan. Bahkan sampai ikut membersihkan langsung bersama warga," ujarnya. Proses pengerjaan penanggulangan banjir ini terus berkelanjutan. Pada 2020, kata dia, pihaknya akan melakukan proyek pembuatan serta normalisasi saluran air secara masif. Dengan demikian, diharapkan satu tahun anggaran bisa tuntas persoalan banjir tersebut. 

Perkuat Industri Kelapa Sawit

Bali - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdalifah Mahmud menyampaikan saat ini rancangan peraturan tersebut sudah ditandatangani presiden "Ada tiga. Belum terbit, tapi sudah final, sudah di presiden, "ungkapnya, Kamis (31/10). 

Ia membeberkan, ketiga aturan tersebut perlu dibuat untuk melindungi industri sawit nasional dari tantangan yang cukup kompleks. Mulai dari kampanye negatif dari Uni Eropa hingga pemenuhan kebutuhan pasar global.

Aturan pertama akan berbentuk instruksi presiden (inpres) terkait rencana aksi nasional kelapa sawit berkelanjutan (RAN KSB), Beleid hukum itu akan berisi soal kebijakan penggunaan data dasar perkebunan kelapa sawit untuk mendukung tata kelola industri. Beleid tersebut juga akan berisi ketentuan pengembangan industri sawit berkelanjutan yang terlibat dalam industri sawit serta kebijakan di tiap tingkat pemerintahan.

Aturan kedua berbentuk peraturan presiden (perpres) terkait ISPO. Beleid hukum ini akan memperkuat pelaksanaan ISPO yang sudah berjalan ini. Penguatan aturan ISPO menyangkut beberapa hal, misalnya penunjukkan badan/lembaga indenpenden dalam rangka pelaksanaan ISPO. Di Indonesia, pelaksaan ISPO saat ini masih berada di bawah Kementerian Pertanian (Kementan) dengan koordinasi bersama Kemenko Perekonomian.

Aturan ketiga berupa peraturan pemerintah (pp) terkait riset perkebunan nusantara. Regulasi ini akan mengatur soal pembentuka program riset di anak usaha PT Perkebunan Nusantara III (Persero). "Ini dalam rangka memperkuat riset dan penyediaan bibit benih unggul ke depan, " ujarnya.

UMK Diprediksi Naik Lagi

Penajam - Upah minimum kabupaten (UMK) penajam Paser Utara saat ini menjadi yang tertinggi kedua Kaltim, setelah Berau. Nilainya Rp3.100.000, naik sebesar Rp311.000 pada 2018, dari sebelumnya Rp2.789.000. Diprediksi untuk 2020 bakal menggalami kenaikan lagi. 

Dikatakan, pembahasan kenaikan UMK akan dilakukan dalam waktu dekat. Setelah edaran upah minimum provinsi (UMP) mereka terima. "Sejauh ini kami masih menunggu edaran dari Samarinda. Ketika sudah ditetapkan maka akan jadi rujukan. Kemungkinan 1 November sudah kami terima. Jadi, saat ini kami belum bisa memastikan berapa kenaikan UMK, "katanya, kemarin.

Dia merincikan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah mengeluarkan edaran soal kenaikan UMP dan UMK 2020 sebesar 8,51 persen. Kenaikan tersebut berdasarkan data insflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional 2019. Keputusan tersebut pun tertuang dalam edaran nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 tentang penyampaian data tingkat inflasi nasional dan pertumbuhan produk domestik bruto 2019.

"Berdasarkan edaran Menteri pada 15 Oktober 2019, inflasi nasional sebesar 3,39 persen. Dan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,12 persen. Jadi, kenaikan UMK PPU masih menunggu sidang dewan pengupahan. Itu bisa dilaksanakan setelah UMP ditetapkan," lanjutnya.

Anggota dewan pengupahan sendiri meliputi, Disnaker, Disperindagkop, Apindo, Kahutindo, dan Badan Statistik.

Satlinmas Pemilu Diserahkan Kembali

Tanah Paser - Pemilihan umum pada April 2019 telah berlalu. Mereka yang terpilih pun, para wakil rakyat dan presiden wakil presiden, sudah dilantik. Di Kabupaten  Paser, pemilu berlangsung kondusif dan lancar. Dan dengan berakhirnya proses pemilu ini maka petugas yang terlibat secara resmi dikembalikan.

Dipimpin Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra, sebanyak 2,475 personel gabungan yang disebut Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas), resmi dikembalikan kepada pemerintah daerah. "Terima kasih atas pengabdian seluruh petugas yang sudah berhasil mengamankan proses hingga berakhirnya pemilu serentak. Selanjutnya kita harus bersiap menyambut pemilu serentak untuk kepala daerah tahun depan," ujar Kapolres, saat memimpin apel serah terima, Kamis (31/10).

Sekretaris Kabupaten Paser Katsul Wijaya yang menerima penyerahan personel, memberi apresiasi kepada petugas yang telah berjuang tak kenal lelah dan tak kenal waktu mengamankan jalannya pemilu serentak. Hingga akhirnya berjalan kondusif hingga pelantikan pejabat legislatif di Paser.

"Akan ada tugas berat kita selanjutnya, yakni mengamankan pilkada. Dari sekarang kita harus bersama-sama tetap menjaga kamtibmas, kendati pesta Katsul.

Dari 2.476 personel yang dilibatkan untuk untuk pengamanan, terdiri dari Linmas cadangan umum kecematan sebanyak 110 personel. Linmas cadangan umum kelurahan sebanyak 35 personel dan Linmas PAM TPS sebanyak 1.586 personel. Mereka bertugas di 793 TPS.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teks Berita | Pengertian, Unsur, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer