"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 05 Januari 2020

Pengertian Seni Patung dan Macam-Macam Coraknya | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Apa yang dimaksud dengan seni patung? Nah, Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian seni patung dan macam-macam coraknya dalam pembelajaran seni budaya kelas 9 revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian seni patung dan macam-macam coraknya dalam pembelajaran seni budaya. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami tentang pengertian seni patung dan macam-macam coraknya dalam pembelajaran seni budaya. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Seni Patung dan Macam-Macam Coraknya | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1

Pengertian Seni Patung

Seni patung adalah karya seni rupa tiga dimensi, artinya memiliki ruang atau volume sehingga dapat dilihat dari berbagai arah. Seni patung dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk yang indah. Sesuai perwujudannya, seni patung dapat dibuat dari berbagai macam bahan, alat, dan teknik. Dengan demikian, yang dimaksud dengan patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang diwujudkan dalam berbagai bentuk yang indah.

Corak Seni Patung

Bangsa Indonesia dalam sejarah kebudayaannya memiliki berbagai peninggalan karya seni rupa. Peninggalan atau warisan budaya ini sebagian berupa karya seni patung yang memiliki keragaman corak. Corak patung adalah gaya atau kekhasan perwujudan seni patung. Corak patung ini muncul karena pengaruh budaya yang berlaku di masyarakat. Bagi masyarakat patung suku Asmat di Papua. Bentuknya sederhana dan bahan dari alam. Sebaliknya, pada masyarakat modern, karena seni patungnya lebih beragam. Sesuai dengan kondisi zaman ini, berikut adalah yang termasuk corak seni patung modern.

a. Representatif

Corak patung representatif adalah gaya patung yang meniru bentuk-bentuk alami, misalnya bentuk manusia. bentuk binatang, dan bentuk tumbuhan. Perwujudan patung corak ini secara fisik menyerupai bentuk aslinya, misalnya patung sapi yang benar-benar menyerupai sapi, baik anatomi maupun proporsinya.

b. Deformatif

Corak patung deformatif adalah gaya patung yang perwujudan bentuknya didasarkan dari bentuk alami, namun terdapat perubahan-perubahan bentuk. Meskipun demikian, perubahan-perubahan ini tidak meninggalkan konsep dasar bentuk yang ditiru.

c. Abstrak

Corak patung abstrak adalah gaya patung yang bentuknya jauh dari bentuk-bentuk alami, bahkan menuju bentuk dasar benda seperti kubus, silinder, bola, piramida, atau kerucut. Gaya patung ini dipengaruhi pemikiran konstruksi yang dipandang sebagai bentuk yang disusun dasri berbagai bahan.

Ragam Seni Patung

Ragam karya patung adalah jenis-jenis perwujudan karya patung. Keragaman perwujudan karya patung ini dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu patung potret, patung badan, dan patung utuh.

a. Potret

Patung potret adalah perwujudan karya patung yang berupa kepala sampai dengan dada. Ragam karya patung potret ini sering dibuat untuk menggambarkan potret tokoh pahlawan atau orang yang berjasa.

b. Badan

Patung badan adalah perwujudan karya patung yang berupa badan saja, tanpa kepala dan tanpa anggota badan. Meskipun demikian, patung badan masih mencakup sedikit bagian leher, anggota badan atas, dan anggota badan bawah.

c. Utuh

Patung utuh adalah perwujudan karya patung yang berupa kepala, badan, anggota badan atas, dan anggota badan bawah. Dengan kata lain, patung utuh merupakan perwujudan karya patung secara lengkap.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Seni Patung dan Macam-Macam Coraknya | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer