"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 03 Januari 2020

Pengertian Corak Abstrak dan Jenis-Jenis Corak Seni Lukis | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Selamat datang di searchpengertian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tentang pengertian corak abstrak dan jenis-jenis corak dalam seni lukis. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian corak abstrak dan jenis-jenis corak dalam seni lukis. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian corak abstrak dan jenis-jenis corak dalam seni lukis. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Corak Abstrak dan Jenis-Jenis Corak Seni Lukis | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1
www.searchpengertian.com

A. Pengertian Corak Abstrak

Seni lukis bercorak abstrak adalah lukisan yang sudah jauh meninggalkan bentuk alam atau disebut tidak nyata. Lukisan abstrak bentuknya sulit dikenali karena untuk mengenalinya diperlukan pengamatan dan pemahaman yang agak lama. Abstrak dapat diartikan sari atau subtansi. Oleh karena itu, lukisan bercorak abstrak bukanlah pekerjaan yang mudah dari sisi ide atau gagasan. Namun dari sisi teknis, lukisan bercorak abstrak lebih mudah dibandingkan lukisan bercorak lainnya. 

Seni lukis adalah adalah salah satu cabang dari seni rupa dua dimensi. Melukis adalah kegiatan membentuk gambar dengan menggunakan pulpen, pensil, kuas, dan sebagainya, baik dengan warna maupun tidak. Gambar tersebut diharapkan dapat mengekspresikan berbagai makna atau nilai subjektif. Dibanding menggambar, melukis lebih cenderung mengekspresikan jiwa pelukis melalui media ungkap dan dan teknik penggarapannya berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa. Kemampuan penggarapannya berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa. Kemampuan penggarapan serta penguasaan bahan dan alat merupakan aspek yang utama dalam melukis. Pelukis lebih bebas dalam menafsirkan objek sesuai keinginannya.

Prinsip-prinsip dasar seni rupa pada hakikatnya menunjang semua unsur seni lukis yang telah diuraikan sebelumnya. Unsur-unsur tersebut kemudian bersatu menjadi sebuah karya bernilai seni. Dalam seni rupa, terdapat prinsip-prinsip dasar yang umum diketahui. Prinsip tersebut antara lain irama, gradasi, penekanan, kesatuan, keseimbangan, keselarasan, penekanan, dan komposisi.

B. Corak Seni Lukis

Corak dalam seni lukis adalah gaya melukis tiap pelukis yang menjadi ciri khusus. Pemilihan corak lukisan merupakan wujud keunikan yang membedakan pelukis satu dengan pelukis lainnya. Keanekaragaman corak seni lukis dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu representatif, deformatif, abstrak.

1. Corak Representatif

Corak representatif diartikan sebagai penggambaran yang menyerupai atau meniru bentuk alam. Dengan kata lain, sesuai dengan kenyataan atau lukisan sesungguhnya. Misalnya lukisan manusia, gambarnya sesuai dengan bentuk manusia sesungguhnya.

2. Corak Deformatif

Lukisan ini menunjukkan adanya perubahan bentuk dari objek sebenarnya. Perubahan bentuk ini dilakukan untuk mencari bentuk baru. Namun, bentuk baru ini tidak meninggalkan bentuk asalnya. Misalnya, lukisan wayang merupakan gubahan atau perubahan dari bentuk manusia. Lukisan pohon hayat merupakan gubahan atau perubahan dari bentuk tumbuhan.

3. Corak Abstrak

Yaitu lukisan yang sudah jauh meninggalkan bentuk alam atau disebut tidak nyata. Lukisan abstrak bentuknya sulit dikenali karena untuk mengenalinya diperlukan pengamatan dan pemahaman yang agak lama.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Corak Abstrak dan Jenis-Jenis Corak Seni Lukis | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer