"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 31 Desember 2019

Pengertian, Jenis, dan Proses Corak Representatif | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 (Revisi)



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Selamat datang di situs searchpengertian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, jenis, dan proses corak representatif dalam pembelajaran seni budaya kelas 9 semester 1 revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, jenis, dan proses corak representatif dalam pembelajaran seni budaya kelas 9 semester 1 revisi. Dan semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, jenis, dan proses corak representatif dalam pembelajaran seni budaya kelas 9 semester 1 revisi. 

Pengertian, Jenis, dan Proses Corak Representatif | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 (Revisi)
www.searchpengertian.com

A. Pengertian Representatif

Corak representatif adalah sebagai penggambaran yang menyerupai atau meniru bentuk alam. Dengan kata lain, sesuai dengan kenyataan atau lukisan yang sesungguhnya. Misalnya lukisan manusia, gambarnya sesuai dengan bentuk manusia sesungguhnya. Lukisan hewan, gambarnya sesuai dengan bentuk hewan pada kenyataannya. Lukisan tumbuhan, gambarnya sesuai dengan bentuk tumbuhan sebenarnya.

Representatif adalah bentuk kata, gambar, urutan, cerita, dll. Yang mewakili ide emosi, dan fakta. Representatif ini bergantung pada karakter dan gambar yang ada dan dipahami secara budaya, dalam berbagai pelajaran bahasa, pesan, dan tanda atau bahkan dalam sistem teks timbal balik. Atau lebih tepatnya representatif dalam hal representatif atau representatif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) representatif memiliki makna (kompeten, tepat) untuk mewakili, sesuai fungsinya sebagai representatif. Pemahaman yang representatif tentang seni visual adalah karya seni yang menggambarkan keadaan alam dan kehidupan masyarakatnya. Seni representatif adalah karya seni yang menggunakan sifat dan kehidupan masyarakat sekitar sebagai objek gambarnya.

B. Representatif Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah pengertian representatif menurut beberapa ahli. Adapun ahli yang memberikan pengertiannya masing-masing adalah sebagai berikut.

1. Steffe dkk

Representatif adalah proses perkembangan mental yang dimiliki oleh seseorang yang telah ditunjukkan dan divisualisasikan dalam model matematika, seperti kata-kata, gambar, objek konkret, tabel, model, menipulatif, atau kombinasi dari keseluruhan.

2. Parmentier dalam Ludlow

Representatif adalah kegiatan atau hubungan yang dalam satu kasus mewakili hal lain yang mencapai tingkat tertentu untuk tujuan tertentu dan yang kedua melalui subjek atau interpretasi pikiran.

3. Jones dan Knuth

Representatif adalah model atau pengganti untuk situasi masalah atau aspek dari situasi masalah yang digunakan untuk menemukan solusi. Misalnya, masalah dan dapat direpresentasikan dalam bentuk objek, gambar, simbol matematika, dan kata-kata word.

4. Goldin

Representatif adalah konfigurasi yang mampu menggambarkan, mewakili, atau melambangkan sesuatu dengan cara tertentu.

5. David Croteau dan Willian Hoyens

Representatif adalah hasil dari proses seleksi yang menekankan hal-hal tertentu dan hal-hal lain yang diabaikan.

6. Eriyanto

Representatif adalah mengacu pada seseorang, kelompok, ide, atau pendapat tertentu dalam berita.

7. Stuart Hall

Representatif adalah salah satu praktik memproduksi budaya.

8. Cris Barker

Representatif adalah studi utama, studi budaya, yang berfokus pada makna proses representasi itu sendiri. Tujuan representatif yang memiliki karakter material yang tertanam dalam suara, tulisan, objek, dan program televisi.

9. Marcel Danesi

Representatif adalah proses merekam ide, pengetahuan atau pesan dalam berbagai macam cara fisik, yang disebut representatif.

C. Jenis Representatif

Dalam seni rupa representatif, terdapat  beberapa gaya seninya. Setiap gaya menciptakan gambar yang berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak penjelasanya di bawah ini.

1. Naturalisme 

Naturalisme adalah aliran seni visual, yang dalam representatifnya lukisan dapat disebut alami atau realistis. Pelukis yang terpesona oleh naturalisme menggambarkan objek sesuai dengan kondisi aslinya. Para pelukis yang menggunakan gaya naturalisme, yaitu Constabel, William Bliss Baker, Abdullah, Rubens, Wakidi, Abdullah Suryobroto, Mas Pringadi, dan banyak pelukis lainnya.

2. Romantisme

Romantisme adalah aliran dalam seni lukisan yang memiliki karakter imajiner.Karya-karya dalam lukisan romantis menunjukkan peristiwa atau dapat menggambarkan situasi yang dramatis. Para pelukis gaya ini adalah Turner, Raden Saleh, dan Francisco Goya.

3. Realisme

Memahami realisme adalah aliran seni yang melihat dunia tanpa ilusi, sehingga deskripsi dalam lukisannya bertepatan dengan keadaan yang sebenarnya. Ini konsisten dengan pemahaman perwakilan. Seniman yang menerapkan gaya representatif realisme menggambar di media lukisan sesuai dengan kenyataan. Seniman yang menggunakan gaya realisme termasuk Tarmizi, Dullah, Wardoyo, Trubus, S. Sudjono dan masih banyak lainnya.

D. Proses Corak Representatif

Di bawah ini adalah beberapa penjelasan tentang proses corak representatif dalam seni lukis. Adapun proses-proses tersebut adalah sebagai berikut.

1. Ideologi

Ideologi adalah semua elemen terorganisir dalam kode koherensi dan ideologis, misalnya individualisme, sosialisme, patriarki, ras, dan sebagainya.

2. Representatif

Representasi adalah elemen yang ditunjukkan secara teknis. Dalam hal ini, bahasa tertulis dapat berupa kata-kta, frasa, grafik, kalimat, foto, dan keterangan. Misalnya, di TV, yaitu kamera, musik, pencahayaan, dan sebagainya. Elemen akan ditransfer ke kode representatif yang dimasukkan, termasuk jenis objek. Dijelaskan dalam bentuk karakter, narasi, dialog, dan sikap.

3. Realitas

Realitas adalah dokumen wawancara transkrip dan sebagainya. Sementara di TV, misalnya perilaku, make-up, gerakan, pakaian, dan bahkan bahasa.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Jenis, dan Proses Corak Representatif | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer