"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 20 November 2019

Pengertian Indeks | Membaca Indeks Buku dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Revisi)



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Selamat datang di searchpengertian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tentang pengertian indeks dan cara membaca indeks buku dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian indeks dan cara membaca indeks buku dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Dan harapannya, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian indeks dan cara membaca indeks buku dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9.

Pengertian Indeks | Membaca Indeks Buku dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Revisi)
 www.searchpengertian.com

A. Pengertian Indeks

Indeks adalah suatu daftar yang memuat kata-kata atau istilah-istilah penting yang tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah ditemukan. Indeks sangat berguna untuk mempermudah mencari keterangan di dalam buku karena dengan segera akan ditemukan informasi yang kita cari. Biasanya indeks ditemukan pada bagian akhir buku cetakan. Namun, tidak semua buku mencantumkan indeks. 

Indeks dibagi menjadi dua, yaitu indeks nama dan indeks kata. Indeks yang berupa nama terdiri atas lebih dari satu kata. Indeks tersebut disusun dengan cara menuliskan nama belakangnya dahulu baru disusul nama depannya. Sebagai contoh, Abdul Muis, ditulis Muis, Abdul sehingga urutan berada pada huruf m. Indeks yang berupa kata disusun dengan mengurutkan kata tersebut sesuai dengan huruf awal kata yang bersangkutan. Indeks yang berupa istilah disusun dengan mengurutkan istilah itu sesuai dengan huruf awal istilah yang bersangkutan.

Pada bagian kanan nama, kata, atau istilah di dalam indeks ditulis angka yang menunjukkan nomor halaman tempat nama, kata, istilah itu ditemukan. Fungsinnya untuk mempermudah mencari keberadaan kata tersebut, misalnya di dalam indeks tertulis adaptasi, 7, 23 artinya, istilah adaptsi dapat ditemukan pada halaman 7 dan halaman 23 di dalam buku. Indeks harus disusun secara alfabetis dan disertai nomor halaman.

Membaca indeks dapat dilakukan dengan cara membaca sekilas. Membaca sekilas indeks dilakukan dengan cara langsung mencari kata yang hendak di cari infomasinya dalam daftar indeks. Di sisi kata tentang istilah atau kata tersebut. Kalian tinggal mencari nomor halaman dan membaca istilah tesebut. Indeks dapat membantu kalian pada saat kalian mencari keterangan, baik berbentuk kata-kata maupun gambar.

B. Contoh Indeks

B

Ba Boh Kayee (P-1) ; 15
ayah sinyak 15
boh kayee 15
dara baro 15
kawon 15
lethat pen hawa 15
linto baro 15
mak sinyak 15
mak tuan 15
meulintei ba boh kayee 15
payoh nicah 15
seuramoe kene 16
seuramoe likot 16

Berdasarkan halaman indeks tersebut, kalian menemukan kata-kata Ba Boh Kayee, ayah sinyak, boh kayee, dara baro, dan kawon pada buku Khasanah Budaya Lokal Sebuah Pengantar untuk Memahami Kebudayaan Daerah di Nusantara di halaman 15. Contoh halaman indeks tersebut menginformasikan bahwa kata-kata Ba Boh Kayee, ayah sinyak, boh kayee, dara baro, dan kawon dapat kalian peroleh penjelasannya di halaman 15.

Ba Boh Kayee, upacara adat bagi dara baro yang sedang hamil tiga bulan. Upacara ini dilakukan masyarakat Aceh, khususnya masyarakat Lhong Cut. Lhong Cut merupakan komunitas kecil atau desa yang oleh masyarakat Aceh disebut gampong Lhong Cut, termasuk wilayah kecematan Darul Immarah, Kabupaten Aceh Besar. Jaraknya dari kota Banda Aceh sekitar 5 kilo meter. Dara baro adalah sebutan bagi setiap perempuan  Aceh (Lhong Cut) sebelum melahirkan anak pertamanya. Bila telah melahirkan anak pertama, ia bukan lagi disebut dara baro, tetapi mak sinyak. Adapun kaum laki-laki sebelum lahir anak pertama disebut dengan istilah linto baro dan setelah anak pertama lahir disebut dengan istilah ayah sinyak.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Indeks | Membaca Indeks Buku dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer