"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 20 November 2019

Pengertian Syair | Menemukan Tema dan Pesan Syair yang Diperdengarkan



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Selamat datang di searchpengertian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tentang pengertian syair, menemukan tema, dan pesan syair dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membatu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian syair, menemukan tema, dan pesan syair dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian syair, menemukan tema, dan pesan syair dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Pengertian Syair | Menemukan Tema dan Pesan Syair yang Diperdengarkan
www.searchpengertian.com

1. Pengertian Syair

Syair adalah jenis puisi lama yang berasal dari kesastraan Arab. Kata syair berasal dari Arab, sya'ar berarti tembang dan sya'ra berarti menembang. Syair berbentuk puisi lirik yang halus dan penuh dengan gejolak rasa penyairnya. Dalam kesastraan Indonesia, syair digunakan sebagai pengubah cerita atau mengungkapkan suatu kisah. Selain untuk mengubah cerita, syair juga digunakan sebagai media untuk mencatat kejadian dan sebagai media dakwah,

2. Ciri Syair

Syair memiliki ciri-ciri sebagai berikut

1) Terdiri atas empat larik (baris) setiap bait
2) Setiap bait memberi arti sebagai satu kesatuan
3) Semua baris merupakan isi (dalam syair tidak ada sampiran)
4) Sajak akhir tiap baris selalu sama (a-a-a-a)
5) Jumlah suku kata tiap baris hampir sama (8-12 suku kata)
6) Isi syair berupa nasihat, petuah, cerita, lukisan peristiwa, pengajaran, ataupun mistik.

3. Fungsi Dongeng

Syair bisa digunakan untuk menceritakan hal-hal yang panjang seperti dongeng atau suatu kejadian. Isi syair mengandung nasihat, kiasan, khayalan, unsur-unsur agama, atau kepercayaan. Syair tidak semata-mata berupa rangkaian kata indah dari hasil kreativitas merangkai kata dan berimajinasi, tetapi syair merupakan cara seseorang menyatakan perasaan dan pemikirannya tentang masyarakat. Dengan kata lain, syair berfungsi tidak sekadar untuk hiburan, tetapi juga pengajaran dan pewarisan nilai-nilai yang bekerja dan berkembang dalam masyarakat.

4. Tema dan Pesan

Syair memiliki tema dan pesan. Tema adalah gagasan utama atau sesuatu yang menjadi dasar dari sebuah karya sastra. Gagasan utama syair dapat ditemukan jika kalian memahami isi syair. Sementara itu, pesan adalah keinginan penyair yang disampaikan melalui karyanya. Tema dan pesan syair dapat kalian temukan setelah kalian mendengarkan atau membaca syair secara keseluruhan. Jadi, untuk dapat mengetahui tema kalian harus mendengarkan atau membaca syair itu secara lengkap.

5. Menemukan Tema dan Pesan Syair

Langkah menemukan tema dan pesan syair yang dibaca tentu beda dengan langkah menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan. Tema dan pesan syair yang dibaca, dapat kalian temukan dengan cara mencermati kata-katanya secara berulang-ulang dalam syair tersebut. sebaliknya, jika syairnya diperdengarkan, kalian tidak dapat mencermati kata-katanya secara berulang-ulang. Hal tersebut dikarenakan pembacaan syair hanya dapat kalian dengarkan sekali saja. Oleh sebab itu, ketika mendengarkan syair kalian harus memusatkan perhatian pada pembacaan syair. Tujuannya agar kalian dapat mengetahui maksudnya.

6. Contoh Syair

Di bawah ini adalah salah satu contoh syair tentang agama. Adapun contoh syairnya adalah sebagai berikut.

Pengertian Syair | Menemukan Tema dan Pesan Syair yang Diperdengarkan

Syair Agama

Jauhi semua perbuatan jahat
Jauhi pula perbuatan maksiat
Mari kita segera bertaubat
Supaya kita selamat dunia akhirat

Jangan risau dengan cobaan
Jangan bersedih karena kesulitan
Berdoa sajapada Tuhan
Insya Allah Dia akan kabulkan

Jangan lalaikan perintah-Nya
Kerjakan yang disuruh-Nya
Bertaubatlah kepada-Nya
Dia pasti menerimanya

Ingatlah pada dosamu
Ingatlah akan kelalainmu
Perbaiki hati dan dirimu
Tuhan pastikan menyayangimu

Orang tua suruh kita mengaji
Orang tua suruh tafakur tiap hari
Agar paham perintah Ilahi
Agar paham perbuatan yang tak diridhoi


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Syair | Menemukan Tema dan Pesan Syair yang Diperdengarkan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer