"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 20 November 2019

Pengertian Resensi dan Unsur-Unsurnya | Menulis Resensi Buku Pengetahuan (Revisi 2017)



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Selamat datang di situs searchpengertian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tentang pengertian resensi atau menulis resensi buku pengetahuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian resensi atau menulis resensi buku pengetahuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian resensi atau menulis resensi buku pengetahuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Pengertian Resensi dan Unsur-Unsurnya | Menulis Resensi Buku Pengetahuan (Revisi 2017)
 www.searchpengertian.com

A. Pengertian Resensi

Resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan buku baik fiksi maupun nonfiksi tentang keunggulan dan kelemahannya. Resensi buku identik dengan beda buku, tinjauan buku, dan timbangan buku. Orang yang meresensi buku disebut peresensi. Ragam bahasa yang digunakan dalam meresensi buku yaitu komunikatif dan menarik. 

B. Tujuan Resensi

Resensi bertujuan untuk memberikan rangsangan kepada pembaca agar membaca atau memiliki buku tertentu. Selain itu, resensi akan membantu penerbit atau pengarang memperkenalkan buku tersebut kepada masyarakat. Sebenarnya menulis resensi tidak sesulit yang dibayangkan sebagian orang. 

C. Langkah-Langkah Meresensi

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan jika akan membuat resensi buku. Langkah-langkah menulis resensi sebagai berikut.

1. Tahap Persiapan
  • memilih jenis buku. Pada proses pemilihan ini akan lebih baik jika kita fokus untuk merensi buku-buku tertentu yang menjadi minat atau sesuai dengan latar belakang pendidikan kita. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa seseorang tidak mungkin menguasai berbagai macam bidang sekaligus. Ini terkait dengan "otoritas ilmiah".
  • Usahakan meresensi buku baru. Ini jika karya resensi akan dipublikasikan di media cetak. Buku-buku yang sudah lama tentu kecil kemungkinan akan termuat karena dinilai sudah basi dengan asumsi sudah banyak orang yang membacanya.
  • Membuat anatomi buku, yaitu informasi awal mengenai buku yang akan di resensi. Contoh formatnya sebagai berikut.
Judul Karya Resensi
Judul Buku : 
Penulis :
Penerbit :
Harga :
Tebal :

2. Tahap Pengerjaan

a. Membaca dengan detail dan mencatat hal-hal penting dalam buku yang akan diresensi. Ini yang membedakan antara pembaca biasa dan peresensi buku. Bagi pembaca biasa, membaca bisa sambil lalu dan boleh menghentikan kapan saja. Bagi seorang peresensi, membaca buku sampai tuntas agar bisa mendapatkan informasi buku secara menyeluruh.

b. Setelah membaca, mulai menuliskan karya resensi buku yang dimaksud. Dalam karya resensi tersebut, setidaknya mengandung beberapa hal berikut.
  • Informasi (anatomi) awal buku (seperti format di atas)
  • Menentukan judul yang menarik
  • Membuat ulasan singkat buku atau ringkasan garis besar isi buku
  • Memberikan penilaian buku atau membandingkan dengan buku lain.
  • Menonjolkan sisi yang beda pada buku yang diresensi dengan buku lainnya.
  • Mengulas manfaat buku tersebut bagi pembaca.
  • Mengoreksi karya resensi yakni editing kelengkapan karya. EyD, dan sistematika jalan pikiran resensi yang telah dihasilkan.
3. Tahap Publikasi
  • Resensi buku disesuaikan dengan ruang media yang akan kita kirimi. Setiap media berbeda-beda dalam memberikan ruang. Kita harus mengikuti syarat jumlah halaman dari media yang bersangkutan .
  • Menyertakan kover halaman depan buku.
  • Mengirimkan karya sesuai dengan jenis buku-buku yang diresensinya telah diterbitkan sebelumnya.  
4. Unsur-Unsur Resensi

a. Identitas Buku
Identitas buku mencakup judul buku, jenis buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman.
Contoh:
Judul buku : Syair Ikan Terubuk
Jenis buku : Nonfiksi
Penulis : Ulul Azmi
Penerbit : BKPBM dan AdiCita, Yogyakarta
Cetakan : Pertama, Juli 2006
Tebal : xii + 75 halaman
Ukuran : 12 x 18 cm

b. Macam atau jenis buku
Penulis resensi menujukkan jenis buku yang diresensi, termasuk fiksi dan nonfiksi.

c. Sinopsis isi buku
Dalam bagian ini peresensi mengemukakan pokok-pokok isi buku. Jika yang dirensi buku-buku fiksi, peresensi harus mengemukakan hal-hal yang berhubungan dengan masalah, watak, dan latar cerita sehingga orang lain penasaran ingin membacanya.

d. Kelemahan dan keunggulan buku
Penulisan resensi harus mengemukakan segi-segi menarik dari buku tersebut.

e. Kesimpulan
Penulisan resensi harus mengemukakan nilai yang diperolehnya terhadap buku yang diresensi dan imbaun-imbauan untuk pembaca.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Resensi dan Unsur-Unsurnya | Menulis Resensi Buku Pengetahuan (Revisi 2017)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer