"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 02 Oktober 2019

Pengertian Konjungsi Antarklausa Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Diskusi



Daftar Isi [Tampil]
Konjungsi Antarklausa | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh konjungsi antarklausa dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh konjungsi antarklausa dalam teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam pengertian dan contoh konjungsi antarklausa dalam teks diskusi.

Pengertian Konjungsi Antarklausa Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Diskusi

Pengertian Konjungsi Antarklausa

Konjungsi antarklausa adalah adakah kata hubung yang menghubungkan dua buah klausa atau lebih. Ada tiga macam konjungsi antarklausa yaitu konjungsi korelatif, konjugsi subordinatif, dan konjungsi koordinatif.

1. Konjungsi Korelatif

Konjungsi ini menghubungkan dua buah klausa yang memiliki hubungan sintaksis setara. Contoh konjungsi relatif antarklauasa yaitu baik .... maupun, tidak .... tetapi, dan bukan .... melainkan.

Contoh Kalimat:
  • Aku akan tetap baik ke dia, tak peduli dia baik maupun jahat kepadaku.
  • Sebenarnya aku malas bicara sama dia, tetapi karena dia sudah minta maaf akhirnya aku berdamai.
  • Adik mengakui kalau bukan dia yang mengambil mangga itu, melainkan temannya Budi.
2. Konjungsi Subordinatif

Konjungsi ini menghubungkan dua buah klausa yang memiliki hubungan sintaksis yang sama (bertingkat). Contoh konjungsi jenis ini adalah jika, agar, dan meskipun.

Contoh Kalimat:
  • Kami sekeluarga akan berlibur ke Manado bulan depan jika Ayah tidak berhalangan.
  • Ayah membujukku agar aku mau di antar ke rumah sakit.
  • Kakak tetap berangkat ke sekolah meskipun dia sakit
3. Konjungsi Koordinatif

Konjungsi koordinatif sama dengan konjungsi korelatif. Konjungsi ini menghubungkan dua buah klausa sejajar, tetapi konjungsi ini hanya terjadi pada klausa-klausa yang sederhana. Contoh konjungsi koordinatif adalah dan, tetapi, dan atau.

Contoh Kalimat:
  • Aku dan Tina selalu berangkat ke sekolah sama-sama.
  • Ibu sudah berusaha mendiamkan adik, tetapi dia tetaop saja menangis
  • Kau pilih dia atau aku

Contoh Teks Diskusi 

Di bawah ini adalah contoh teks diskusi yang berjudul "Full Day School" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.
Full Day School

Full day schol adalah program yang meminta anak didik mengikuti proses belajar mengajar yang diselenggarakan secara penuh mulai pukul 07.00-16.00. Sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama sehari penuh maka banyak timbul pro dan kontra dengan diberlakukannya program ini. 

Pihak yang mendukung diberlakukannya program ini menganggap full day school sebagai solusi terbaik untuk mengantisipasi dampak buruk era globalisasi. Full day school dianggap dapat memberikan pelajaran, pembiasan yang baik, pendidikan dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah. Program ini pun membantu guru-guru untuk lolos sertifikasi guu dengan mengajar 24 jam per minggu.

Sedangkan pihak yang tidak setuju atau kontra berpendapat bahwa tingkat konsentrasi anak berbeda-beda. Siswa juga butuh istirahat yang cukup agar konsentrasinya tetap terjaga secara maksimal untuk mampu mencerna pelajaran yang diberikan. Selain itu, full day school memangkas waktu yang panjang dan hal ini akan menyulitkan siswa untuk melakukan kegiatan diluar sesuai minat masing-masing.

Full day school ingin berjalan lancar tergantung pada sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana memadai dan kegiatan sekolah dibuat menarik, maka full day school akan berjalan menyenangkan. Sebaliknya, jika prasarana sekolah buruk atau kurang memadai maka kegiatan full day school akan membosankan. Hal seperti inilah yang membuat siswa bosan dan pelajaran menjadi tidak efektif.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Konjungsi Antarklausa Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Diskusi

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer