"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 01 Oktober 2019

Pengertian Kata Populer dalam Ciri Kebahasaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9



Daftar Isi [Tampil]
Kata Populer | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh kata populer dalam teks diskusi bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh kata populer dalam teks diskusi bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, dan contoh kata populer dalam teks diskusi bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Kata Populer dalam Ciri Kebahasaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9

Pengertian Kata Populer

Kata Populer adalah kata umum yang digunakan dalam kehidupan masyarakat. Arti kata populer atau umum diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Kata populer tersebut digunakan dalam percakapan kita sehari-hari. Atau kata populer adalah kata yang dipakai oleh berbagai lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-Ciri Kata Populer

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri dari kata populer dalam teks diskusi. Adapun ciri-ciri teks diskusi adalah sebagai berikut.
1. Dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mudah diketahui oleh siapa saja.
3. Dimengerti oleh masyarakat luas.

Contoh Kata Populer

Berikut ini adalah beberapa contoh kata populer dalam kehidupan kita sehari-hari. Adapun contoh kata populer tersebut adalah sebagai berikut.

Kata Kajian
Kata Populer
aktivitas
kegiatan
filter
penyaring
kontemplasi
merenung
pasien
orang sakit
ranking
peringkat
mengevaluasi
koreksi
volume
isi
target
sasaran
imajinasi
khayalan
intropeksi
koreksi diri
alumnus
lulusan
target
sasaran
motivasi
dorongan
argument
pendapat
studi
belajar
mengevaluasi
menilai
produk
barang
hipertensi
darah tinggi
anemia
kurang darah
zona
kawasan
setting
latar

Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini adalah contoh teks diskusi yang berjudul "Apakah Minum Teh Baik atau Buruk" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teksnya bisa kalian baca dengan cermat di bawah ini!

Apakah Minum Teh Baik atau Buruk

Tak jauh berbeda dengan kopi, kebiasaan minum teh sudah dilakukan dari dulu. Bahkan menjadi bagian dari tradisi. Biasanya teh disajikan ketika ada kunjungan tamun pertemuan atau bagi dari sarapan pagi dan bersantai di malam hari.

Pengertian Kata Populer dalam Ciri Kebahasaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9

Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu bahwa minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh berasal asli dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh semua golongan masyarakat. Meskipun banyak manfaat  dari memimum teh, tetapi kebiasaan teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian. 

Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga menjadi bermanfaat bagi kesehatan, seperti polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya  sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. B-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang berfungsi membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi.

Tetapi di balik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang tidak wajar memunyai pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Karena caffein yang terdapat di teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat.

Selain itu caffein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit jika tidak mengonsumsinya. Nah pada ibu menyusui, kaffein memengaruhi kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI. Zat caffein pada bayi zat ini dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh juga memunyai kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal.

Jika kalian ingin mengonsumsi teh yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Karena jumlah tersebut masih batas normal kadar kaffein yang bisa dikonsumsi yaitu antara 750 mg/hari. Usahakan juga seduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak dan tidak ditambahkan gula mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh.

Dalam kehidupan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kata Populer dalam Ciri Kebahasaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer