"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 01 Oktober 2019

Pengertian Kata Kajian dalam Ciri Kebahasaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9



Daftar Isi [Tampil]
Kata Kajian | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kata kajian dalam ciri kebahasaan teks diskusi bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang kata kajian dalam ciri kebahasaan teks diskusi bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam tentang kata kajian dalam ciri kebahasaan teks diskusi bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini. 

Pengertian Kata Kajian dalam Ciri Kebahasaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9

Pengertian Kata Kajian

Kata kajian adalah kata yang perlu ditelaah lebih jauh lagi artinya karena tidak bisa langsung dipahami oleh semua orang. Kata kajian digunakan untuk suatu pengkajian atau kepentingan keilmuan. Kata-kata kajian disebut juga kata ilmiah diserap dari bahasa asing atau bahasa daerah.

Ciri-Ciri Kata Kajian

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri kata kajian dalam teks diskusi. Adapun ciri-ciri teks diskusi adalah sebagai berikut.
1. Dipakai dalam kegiatan-kegiatan ilmiah.
2. Hanya dikenal orang tertentu saja seperti ilmuwan dan cendekia.

Contoh Kata Kajian 

Berikut ini adalah beberapa contoh kata kajian dalam teks diskusi. Adapun contoh kata kajian tersebut adalah sebagai berikut.

Kata Kajian
Kata Populer
aktivitas
kegiatan
filter
penyaring
kontemplasi
merenung
pasien
orang sakit
ranking
peringkat
mengevaluasi
koreksi
volume
isi
target
sasaran
imajinasi
khayalan
intropeksi
koreksi diri
alumnus
lulusan
target
sasaran
motivasi
dorongan
argument
pendapat
studi
belajar

Contoh Teks Diskusi

Di  bawah ini adalah contoh teks diskusi yang berjudul "Kenakalan Remaja" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Silakan kalian simak contoh teksnya di bawah ini!

Kenakalan Remaja

Dewasa ini, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita. Eksploitasi seksual video klip, majalah, televisi, dan film-film ternyata mandorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda.

Dengan memilih tampilan atau tanyangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa, dan di mana saja. Bahkan tidak sedikit remaja yang terjerumus pergaulan bebas lain misalnya narkoba, rokok, dan minuman keras.

Dapat diperkirakan setiap harinya lebih dari 2 juta remaja di negara kita telah mempergunakan rokok maupun narkoba. Oleh karena itu, kami memilih tema pergaulan bebas remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja. Masalah ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan akurat dengan harapan supaya remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat negatif pergaulan bebas.

Dan mengimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan pola pikir yang terjadi pada dirinya. Semoga kita menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan bagi nusa dan bangsa.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kata Kajian dalam Ciri Kebahasaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer