"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 01 Oktober 2019

Pengertian Kalimat Argumentatif | Ciri Kebahasaan Teks Diskusi Kelas 9 (Revisi)



Daftar Isi [Tampil]
Kalimat Argumentatif | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kalimat argumentatif sebagai salah satu ciri kebahasaan dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang kalimat argumentatif sebagai salah satu ciri kebahasaan dalam teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami kalimat argumentatif sebagai salah satu ciri kebahasaan dalam teks diskusi. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya berikut.

Pengertian Kalimat Argumentatif | Ciri Kebahasaan Teks Diskusi Kelas 9 (Revisi)

Pengertian Kalimat Argumentatif

Kalimat argumentatif adalah kalimat yang berisi gagasan pribadi yang dikembangkan oleh penulisnya, berupa pendapat, ide, dan opini.  Kalimat argumentatif adalah kalimat yang berisi gagasan pribadi yang dikembangkan oleh penulisnya berupa pendapat, ide, dan opini. Tujuan kalimat argumentasi adalah menyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengar agar memiliki pendapat yang sama dengan penulis. Oleh karena itu, penulis dalam menyampaikan kalimat argumentasi harus disertai fakta atau data yang mendukung gagasannya tersebut.

Tujuan Paragraf Argumentatif

Paragraf argumentatif mempunyai tujuan untuk membuat yakin pembaca serta terpengaruh dan memiliki pendapat yang sama dengan penulisnya. Supaya tujuan dari paragraf argumentasi ini tercapai,  maka perlu disertakan fakta otentik, hasil penelitian, dan contoh teori dari ahli. Semua itu dilakukan agar pendapat yang dijelaskan dapat diterima oleh pembaca. Tentunya tulisan kita menjadi lebih berisi dan dipertimbangkan.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentatif

Adapun ciri-ciri paragraf argumentatif adalah sebagai berikut
  1. Pada akhir paragraf terdapat kesimpulan yang berupa pendapat yang lebih luas.
  2. Mengulas suatu permasalahan dengan metode analisa dan menganalogikan.
  3. Memiliki data faktual untuk menguatkan argumen dan menyakinkan pembaca.
  4. Mengulas pendapat, pandangan, serta keyakinan pribadi penulis terhadap suatu permasalahan.
Jenis Paragraf Argumentatif
Berikut ini adalah jenis-jenis paragraf argumentatif dalam teks diskusi. Adapun jenis-jenis paragraf argumentatif tersebut adalah sebagai berikut.
1. Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf argumentasi sebab-akibat merupakan kebalikan dari paragraf  sebab-akibat. Paragrah ini diawali dengan memaparkan sebuah kondisi yang merupakan dampak dari suatu masalah. Dari penjelasan itu kemudian dikembangkan menuju pokok permasalahan yang menjadi pemicu dari munculnya permasalahan sebelumnya.

2. Argumentasi Sebab-Akibat

Ciri paragraf argumentasi sebab-akibat adalah diawali dengan pendapat yang berupa sebab-akibat dari suatu permasalahan tertentu. Kemudian diarahkan pada satu kesimpulan umum. Kesimpulan tersebut disebut dengan akibat dari seba-sebab sebelumnya.

Contoh Paragraf Argumentatif

Berikut ini adalah contoh beberapa contoh paragraf argumentatif dalam teks diskusi. Adapun contoh paragraf argumentatif tersebut adalah sebagai berikut.

Paragraf Argumentatif 1

Pada musim kemarau pada tahun 2019 merupakan kemarau yang paling parah dalam waktu 10 tahun terakhir ini. Kemarau disebabkan hujan tidak turun selama 6 bulan mengakibatkan banyak tanah dan smber air mengering. Menurut informasi dari BMKG, hujan diprediksi akan turun pada bulan november depan. Jika hal tersebut terjadi, bisa dikatakan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau biasa. Karena memang kemarau tahun ini terjadi 7 bulan dari bulan februari-maret.

Paragraf Argumentatif 2

Sekolah SMAN 1 Kasih Bunda dinobatkan sebagai sekolah terbaik yang ada di Indonesia. Banyak siswa berprestasi yang dicetak oleh sekolah ini. Hal ini terbukti dengan adanya juara-juara Olimpiade yang bermuara dari sekolah ini. Lebih dari itu, prestasi lain juga membanggakan selalin di bidang akademik, ada bidang lain yang juga menunjukkan prestasi olahraga dan kesenian. Tahun lalu sekolah ini mengirimkan 20 atlet  yang mewakili Indonesia dalam ajang kejuaraan Sea Games. Paduan suara sekolah ini juga sudah berprestasi dalam kontes paduan suara tingkat internasional di Barcelona, Spanyol.

Paragraf Argumentatif 3

Jumlah yang diakibatkan dari kecelakaan di jalan raya tahun terus meningkat. Bahkan lebih parah dar lima tahun terakhir. Menurut data yang dirilis oleh kepolisian, tahun kemarin jumlah kasus kecelakaan mencapai 4.500 kasus, dibandingkan dengan tahun ini yang telah mencapai 5.300 kasus pada H + 2 lebaran, sehingga sudah dapat dipastikan akan semakin bertambah. Dari 5.300 kasus tersebut, persentase yang paling banyak adalah kendaraan bermotor. Meningkatnya angka kecelakaan ini disebabkan bertambahnya jumlah pemudik yang memakai kendaraan bermotor.

Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini adalah contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks diskusinya adalah sebagai berikut.

Pro Kontra Kopi Terhadap Kesehatan

Dampak meminum kopi terhadap kesehatan acapkali menjadi perdebatan. Beberapa studi menyatakan bahwa meminum kopi secara rutin dapat memberikan dampak positif, namun studi-studi lainnya berkata sebaliknya.

Pengertian Kalimat Argumentatif | Ciri Kebahasaan Teks Diskusi Kelas 9 (Revisi)

Bahkan di Amerika Serikat diwajibkan bagi perusahaan-perusahaan kopi untuk menyertakan label di kemasan kopi mereka, akan suatu bahan kimia pemicu kanker yang terkandung di dalam minuman tersebut.

Bahkan kimia yang disebut dapat memicu kanker tersebut adalah acrylamide, suatu bahan yang juga dapat ditemukan di beberapa makanan dan asap rokok. Walaupun acrylamide dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan penyakit kanker pada penelitian-penelitian yang telah dilakukan pada tikus, keterkaitan ini tidak ditemukan pada manusia, menurut American Cancer Society.

Di sisi lain, sejumlah studi menemukan dampak positif meminum kopi terhadap kesehatan. Studi yanh dipublikasi oleh The Bristish Medical Journal menyebut bahwa meminum kopi dapat menurunkan resiko kanker kulit, prostat, hati dan uterus.

Menurut Profesor Riset dan Kebijakan Kesehatan Standford University John Loannidis, lebih baik bersikap skeptis terhadap hasil studi-studi ini, baik studi yang menyebut dampak negatif maupun dampak positif meminum kopi.

Untuk benar-benar mengetahui apakah kopi berdampak positif atau negatif bagi kesehatan, peneliti harus melakukan eksprimen yang sangat terkontrol dalam jangka waktu bertahun-tahun


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kalimat Argumentatif | Ciri Kebahasaan Teks Diskusi Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer