"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 30 September 2019

Pengertian Simpulan dan Saran dalam Teks Diskusi Lengkap dengan Contohnya



Daftar Isi [Tampil]
Simpulan dan Saran | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian simpulan dan saran lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian simpulan dan saran lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian simpulan dan saran lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi.

Pengertian Simpulan dan Saran dalam Teks Diskusi Lengkap dengan Contohnya

Pengertian Simpulan 

Simpulan adalah sesuatu hal yang disimpulkan, hasil dari menyimpulkan, kesimpulan. Simpulan adalah kesudahan pendapat (pendapat yang terakhir dari sebuah uraian sebelumnya) ataupun kesimpulan yang didapat dari cara berfikir induktif dan deduktif.

Kesimpulan adalah suatu proposisi (kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku). Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan.

Pengertian Saran

Saran adalah pendapat seseorang terhadap sesuatu yang sedang diperbincangkan. Saran biasanya juga digunakan sebagai sarana untuk menyelesaikan masalah. Saran ditujukan untuk sesuatu yang kurang baik agar lebih baik. Saran merupakan sebuah solusi yang ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Saran harus bersifat membangun, mendidik, dan secara objektif dan sesuai dengan topik yang dibahas.

Simpulan dan Saran Teks Diskusi

Dalam bagian ini penulis menghadirkan simpulan atau bisa juga rekomendasi dari isu atau masalah yang telah didiskusikan. Simpulan yang diambil tidak lagi mendatangkan masalah baru. Contoh simpulan berdasarkan isu tersebut, misalnya mempertimbangkan siapa, untuk apa, dan bagaimana mencegah dampak penggunaan narkoba di kalangan remaja. 

Contoh Simpulan Teks Diskusi

Di bawah ini beberapa contoh simpulan dalam teks diskusi pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh-contoh simpulan dalam teks diskusi adalah sebagai berikut.

Simpulan 1

Tetapi, diluar dampak negatifnya, ternyata teknologi memiliki dampak positif yaitu dengan memanfaatkan teknologi untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah, contohnya mencari materi dan saling berkomunikasi secara mudah dengan internet. Maka dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang remaja, kita harus bisa menggunakan teknologi untuk berbagai hal yang baik dan juga positif.

Simpulan 2

Dengan ini kita mengetahui dan juga mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh remaja, diharapkan mampu mencegah mereka untuk tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang dapat mengakibatkan hal negatif. Hal ini dapat terwujud jika diselenggarakannya pengarahan atau penyuluhan informasi dari berbagai pihak yang dianggap berkompeten untuk merubah mental para remaja atau biasa disebut sebagai motivator.

Simpulan 3

Peranan guru, orang tua, dan juga masyarakat menjadi sangat penting untuk memberikan arahan dalam penggunaan internet secara bijak. Penggunaan internet secara baik dan benar akan menjadikan internet bermanfaat secara maksimal dan meminimalisir dampak negatifnya.

Simpulan 4

Pada umumnya, seluruh warga sekolah memiliki peranannya masing-masing untuk dapat menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, dan indah. Namun, sering kali program sekolah itu tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga hasil yang dicapai tidak maksimal. Sebenarnya setiap kali mengadakan upacara hari Senin sudah sering diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah.

Simpulan 5

Apabila kamu ingin mengonsumsi teh yang sehat, dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Karena jumlah tersebut dalam batas normal kadar kafein yang dapat dikonsumsi ialah setara 750 mg/hari. Upayakan juga seduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak atau ditambahkan gula untuk mencegah rusaknya zat-zat yang terkandung dan menghilangkan manfaat teh.

Simpulan 6

Pada saat kita tahu bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh narkoba, bijaknya kita menghindari penyalahgunaan narkoba serta kita perlu berhati-hati dikarenakan pergaulan zaman sekarang yang semakin bebas.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Simpulan dan Saran dalam Teks Diskusi Lengkap dengan Contohnya

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer