"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 13 September 2019

Pengertian, Unsur-Unsur, dan Manfaat Rencana dalam Mengapai Cita-Cita



Daftar Isi [Tampil]
Pendidikan Budi Pekerti | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, unsur-unsur, unsur-unsur, dan manfaat rencana dalam mengapai cita-cita. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, unsur-unsur, dan manfaat rencana dalam mengapai cita-cita. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik di sekolah.

Pengertian, Unsur-Unsur, dan Manfaat Rencana dalam Mengapai Cita-Cita

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian, unsur-unsur, dan manfaat dalam mengapai cita-cita.
Pengertian Cita-Cita

Setiap orang pasti memiliki "a dream of the future" suatu impian masa depan. Dengan adanya impian, itulah yang akan menghela kita ke masa depan. Cita-cita berbeda dengan tujuan. Cita-cita bagaikan guci emas yang menjadi muara pelangi cita-cita yang kita kejar. Setelah mencapai suatu puncak prestasi, kita mencari cita-cita yang lain. Sedangkan tujuan ditetapkan secara lebih jelas dan lebih khusus, sekalipun untuk mencapainya dibutuhkan waktu yang agak lama pula. Dengan demikian, kita akan tetap berkembang dan dapat meraih cita-cita yang kita inginkan. Apa yang kita impikan hanya kita sendiri yang tahu secara rinci apa yang kita impikan tersebut. Dalam mewujudkan cita-cita pasti kita membutuhkan orang lain. 

Unsur-unsur penting dalam menentukan sebuah cita-cita antara lain:

1. Aktualisasi diri

Jenjang kebutuhan tertinggi manusia menurut Maslow adalah aktualisasi, yaitu kebutuhan mewujudkan apa yang seharusnya dan mampu kita lakukan sesuai dengan potensi yang kita miliki. Kebutuhan aktualisai diri mencerminkan tingkat kesadaran tertinggi akan makna dirinya bagi kehidupan dan apa maksud dan tujuan kehidupan itu diciptakan Sang Pencipta. Dalam menentukan cita-cita perlu kita pertimbangkan bahwa cita-cita kita menghantar kita pada aktualisasi diri.

2. Sumber hidup 

Cita-cita yang kita impikan, di samping menjadi aktualisasi diri harus dapat menjadi sumber hidup pada masa yang akan datang. Bila kita sudah mampu memenuhi kebutuhan aktualisasi diri, hal yang perlu kita waspadai dan kendalikan adalah keinginan yang bersifat negatif. Di mana keinginan ini kerap membuat diri kita takabur. Kita akui bahwa hidup di dunia ini tidak lepas dari uang, tanpa uang kita mungkin tidak bisa hidup atau akan mengalami kesulitan. Namun perlu diingat uang bukanlah segalanya.

3. Pelayanan dan Pengabdian
 

Cita-cita yang kita pilih hendaknya menjadi sebuah pelayanan dan pengabdian. Apapun cita-cita yang kita impikan dalam hidup kita hendaknya menjadi sebuah pelayanan dan pengabdian dalam masyarakat.

Manfaat Rencana dalam Mengapai Cita-Cita
Pelaksanaan merupakan tahap menentukan dalam upaya menuju sukses, seperti bahan bakar amat penting bagi sebuah mobil. Demikian juga dengan rencana, rencana merupakan salah satu unsur penting dalam mencapai sukses meraih cita-cita. Hasil yang akan dicapai merupakan satu-satunya hal yang mendorong dilakukannya upaya tersebut. Kita harus mengetahui mengapa kita melakukan sesuatu. Setelah kita berhasil menentukan rencana maka kita harus mewujudkannya satu persatu dengan teliti.

Rencana tanpa aksi adalah nol. Rencana dan aksi adalah hal yang tidak terpisahkan untuk meraih sukses dalam cita-cita. Kita dapat menumbuhkan tekad serta keinginan yang kuat untuk melaksanakan suatu rencana yang sudah dibuat dengan teratur. Belum pernah ada seorang satpam yang langsung menjadi presiden, tetapi beberapa pengusaha industri besar pertama kali mulai bekerja sebagai penjaga pintu. Dalam pengembangan kariernya, mereka dengan telah susah payah meraih sukses demi sukses; setelah berhasil dengan rencana pertama, mereka meningkatkan sasaran mereka, tujuan, pandangan, aspirasi, dan keinginan, dari satu sasaran ke sasaran berikutnya, higga akhirnya mereka mencapai puncak karier mereka.

Maka kita pun boleh menghitung-hitung berapa besar, berapa tinggi tujuan kita sendiri. Telah berapa lama kita merencanakannya dengan saksama? Cukup besarkah rencana itu sehingga dapat menggerakkan baik diri maupun orang lain?

Untuk dapat melaksanakan suatu aksi perlu rencana yang matang. Misalnya: untuk membagi waktu dengan baik dan jelas maka kita perlu merencanakan pemakaian waktu yang tepat. Dalam meraih sukses tentu tidak lepas dari sebuah rencana. Dengan adanya rencana merupakan kunci sukses mencapai cita-cita. Dengan membuat rencana kita akan mendapatkan berbagai manfaat antara lain:
  1. Bisa merumuskan tujuan dengan baik.
  2. Melaksanakan masing-masing langkah dengan efektif dan efisien.
  3. Menghemat; yaitu menghemat banyak hal antara lain waktu, biaya, dan orang-orang yang terlibat.
  4. Menambah rasa percaya diri dalam mewujudkan yang kita rencanakan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Unsur-Unsur, dan Manfaat Rencana dalam Mengapai Cita-Cita

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer