Pengertian Keberhasilan dan Sumber Motivasi yang Baik dalam Meraih Keberhasilan

Pendidikan Budi Pekerti | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan sumber motivasi yang baik dalam meraih keberhasilan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan sumber motivasi yang baik dalam meraih cita-cita. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik di sekolah, khususnya materi keberhasilan dalam pendidikan budi pekerti.

Pengertian Keberhasilan dan Sumber Motivasi yang Baik dalam Meraih Keberhasilan

Berikut ini adalah penjelasan lebih jauh mengenai pengertian keberhasilan, rencana, dan motivasi dalam meraih keberhasilan. Selamat belajar, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Pengertian Keberhasilan

Menurut Poerwardaminta (2007), Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses memiliki arti yang sederhana tapi mendalam. Kata sukses diartikan sebagai berhasil aua beruntung. Sehingga kesuksesan berarti keberhasilan atau keberuntungan. Dalam kamus bahasa Inggris "succes" berarti keberhasilan dan hasil baik. Jadi, kesuksesan itu merupakan keberhasilan seseorang dalam mencapai sesuatu.

Menurut Helmet (2012), Keberhasilan merupakan suatu pencapaian terhadap keinginan yang telah kita niatkan untuk kita capai atau kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. Kerberhasilan erat kaitannya dengan kecermatan kita dalam menentukan tujuan sedangkan tujuan merupakan suatu sasaran yang sudah kita tentukan.

Dari pengertian yang telah diungkapkan di atas dapat disimpulkan bahwa keberhasilan adalah suatu keadaan di mana suatu program mampu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Membangun Rencana Menentukan Keberhasilan 

Setiap orang pasti ingin sukses dalam bermacam-macam hal. Seorang petani berusaha supaya hasil sawahnya sangat bagus pada waktu panen. Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya berhasil semua. Seorang guru ingin murid-muridnnya berhasil dengan baik dan lulus ujian 100%. Seorang pedagang sangat menginginkan barang-barangnya laku semua sehingga dia memeroleh banyak keuntungan. Sebuah keseblasan sepakbola ingin club mereka selalu menang dalam setiap pertandingan dan menjadi juara.

Menjadi sukses itu sangat penting. Kesuksesan meraih apa yang diimpikan akan membanggakan, sangat berharga, akan mengembirakan dan dikagumi banyak orang serta mendapat kekayaan dari kesuksesan itu. Namun, untuk menjadi sukses perlu suatu persiapan diri yang baik dan matang. Umat Allah bisa sukses dan selamat dari air bah karena mereka percaya pada Allah, pada nabi dan mereka mulai mempersiapkan diri dengan melaksanakan pesan itu secepatnya tanpa menunda-nunda. 

Umat yang kurang percaya dan tidak percaya semuanya mati dan harta mereka tidak ada yang selamat karena terlambat mempersiapkan diri dan bahkan tidak berbuat apa-apa. Keluarga mereka juga habis dan tidak berbekas. Sepuluh gadis sukses melaksanakan tugas dan akhirnya di puji serta diizinkan masuk dalam perjamuan raja muda karena mereka mempersiapkan diri mereka untuk melaksanakan tugas mereka dengan teliti dan saksama dan sementara sepuluh gadis lain dihukum karena tidak ada persiapan diri yang baik untuk melaksanakan tugas mereka. Kita juga mau sukses dalam cita-cita kita masing-masing.

Orang yang sukses memunyai program. Menetapkan jalurnya dan mengikutinya. Dia menyusun rencana dan melaksanakannya. Dia langsung mengejar tujuannya. Dia tahu kemana ia ingin pergi dan tahu bahwa dia akan sampai ke sana. Dia juga akan menyukai apa yang dilakukannya dan menyukai perjalanan yang membawanya ke impian yang diinginkannya menjadi kenyataan dalam hidupnya. Penuh antusiasme dan penuh semangat tinggi. Membangun impian berarti menyusun rencana yang mantap. Sebab dengan adanya rencana kita akan tahu tujuan yang akan kita capai dan tahu cara yang akan ditempuh untuk itu. Dengan merencanakan berarti menunjukkan komitmen dan tanggung jawab terhadap apa yang direncanakan.

Rencana, Sumber Motivasi yang Baik

Semua pekerjaan membutuhkan perencanaan. Hal apapun yang dilakukan dengan perencanaan  yang baik akan mendapat hasil yang baik pula. Membuat rencana jangka panjang ke depan akan menjadi motivasi bagi kita. Banyak orang yang mengarahkan motivasi ke banyak hal, padahal sebenarnya motivasi harus diarahkan pada suatu target tertentu. Ini dicapai melalui suatu rencana yang yang baik bertumbuh dari rencana yang teratur. Apakah kalian terbiasa membuat rencana? Berbagai macam rencana yang bisa disusun yaitu rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek. Kalau kita membuat rencana, maka rencanakanlah dengan baik apa yang hendak kita capai. Rencana dengan jangkauan ke depan akan memotivasi diri kita. Rencana yang baik menjadi motivasi untuk mencapai keberhasilan. Supaya rencana kita menjadi sebuah motivator bagi kita maka perhatikanlah nasihat-nasihat berikut ini:
  1. Rumuskan dan tulislah tujuanmu dengan suatu kalimat. Hidupkanlah semangatmu, aktifkan semua indera dan kemampuanmu dan arahkanlah pada tujuan itu. Perhatikanlah agar tujuan yang kamu buat memenuhi kebutuhan orang lain serta bermanfaat bagi mereka. Bila tujuan kita hanya untuk kebutuhan sendiri, maka kita tidak akan memperoleh kepuasan. Perlu kita ingat bahwa kepuasan terkandung dalam pelayanan.
  2. Rencanakanlah rekreasi dalam rutinitas harianmu, carilah pemandangan yang indah.
  3. Perhatikanlah kebutuhan rohani dan pengayaan spiritual. Memperdalam keyakinan beragama sangat penting untuk menjalani kehidupan.
  4. Buatlah evaluasi diri. Apakah sudah membuat yang terbaik dengan tugas-tugas? Apakah prestasi belajarmu dibandingkan hari-hari sebelumnya.
  5. Rencanakanlah kegiatanmu dengan rencana mingguan, yang dapat membawamu pada kegembiraan, sukses, dan keberhasilan. Isilah waktu seluruh minggu sehingga pada awal minggu di hari Senin kamu memulai aktivitas dengan semangat tinggi untuk beraktivitas sepanjang minggu tersebut. Rencanakanlah acara olahraga dan rekreasi sehingga kamu memperoleh kesegaran fisik. Miliki dan kembangkan beberapa hobby misalnya: catur, tennis, sepak bola, dan lain-lain. Isilah hari-harimu dengan baik. Dan yang paling bermanfaat dari semuanya tentu saja beribadat memuliakan Tuhan. Ikut dan bergabunglah dalam kelompok remaja yang membangun mentalmu sebagai remaja.
  6. Jadilah baru bersama setiap hari baru. Merasa puas dengan hasil yang telah dicapai merupakan awal keburukan. Biarkanlah hal-hal yang terjadi di hari kemarin tenggelamnya bersama terbenamnya matahari. Maka keberhasilan dan peluang di hari baru akan datang kepadamu bersama terbitnya matahari baru.
Membuat rencana akan senantiasa memotivasi kita untuk melaksanakan kegiatan yang telah kita rencanakan. Ungkapan "Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit" mengandung makna bahwa kebutuhan dan keinginan kita nyaris tidak ada batasnya, seperti langit, kita dekati semakin menjauh (makin tinggi). Tanpa motivasi, betapa pun besarnya potensi diri kita dan kemampuan yang telah kita miliki, tidak akan ada artinya. Membuat rencana berarti mendapat motivasi.