"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 10 September 2019

Pengertian Teks Deskripsi Benda Lengkap dengan Contohnya



Daftar Isi [Tampil]
Teks Deskripsi | Pembahasan kita kali ini masih seputar dengan teks deskripsi yaitu tentang teks deskripsi benda lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik di sekolah, khususnya teks deskripsi dalam bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang jenis-jenis teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 7 semester 1. Berikut ini adalah pengertian dan contoh teks deskripsi benda.

Pengertian Teks Deskripsi Benda Lengkap dengan Contohnya

Teks deskripsi benda adalah teks yang melukiskan benda yang dilihat oleh penulis. Pelukisannya harus dilihat dari berbagai segi agar benda tersebut tergambar dengan jelas dalam pikiran dan perasaan pembaca atau pendengar.

Kumpulan Contoh Teks Deskripsi

Contoh 1
Rumah

Aku memiliki rumah yang terletak di lereng gunung dan dekat dengan sawah. Rumahku tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung. Di sebelah kiri rumahku terdapat masjid yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk shalat Idul Adha. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.

Cat rumahku berwarna hijau muda dan kusennya berwarna hijau tua. Pintu rumahku juga berwarna hijau tua. Rumahku tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 10 orang, karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

Di lantai 2 cat dinding bagian depan berwarna orange. Sementara pada jendela, kusen, dan pintunya berwarna merah. Dari jauh rumahku sangat mencolok karena perpaduan dua warna tersebut.

Di bagian depan terdapat teras yang biasa untuk duduk santai dengan keluarga. Jika masuk pintu depan akan langsung menuju ruang tamu, dan sebelah kiri tersedia ruang lesehan dan disediakan televisi. Biasanya di sini pusat keluarga kami berkumpul.

Di ruang lesehan itu terdapat pintuk untuk masuk ke ruang tengah. Di ruang tengah ini cukup luas dan terdapat satu set meja dan kursi makan yang biasanya kami gunakan untuk makan bersama, di ruangan ini juga ada akuarium ikan.

Contoh 2
Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak air. Buah semangka memiliki biji di dalamnya. Biasanya ada semangka yang memiliki biji warna putih atau hitam kecokelatan. Buah semangka sendiri berwarna merah merona.

Buah ini sangat cocok dinikmati ketika musim panas. Kesegaran buah ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus. Sensasi buah semangka ketika dimakan pada saat digigit akan terasa renyah dan menumpahkan air dari dagingnya ke dalam mulut. Sensasi ini yang menjadi favorit banyak orang.

Kulit buang semangka berwarna hijau belang-belang putih, hijau tua, dan kuning keputihan. Meskipun kulitnya hijau tapi buah semangka tetap berwarna merah dan rasanya manis. Buah semangka memiliki berbagai ukuran sesuai beratnya. Semakin besar buah semangka maka semakin besar pula ukurannya.

Bobot buah semangka bervariasi, mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Semangka yang berukuran kecil pada umumnya mencapai 4 sampai 5 kg. Sementara buah semangka yang berukuran sedang beratnya mencapai 6 sampai 10 kg. Jika beratnya sudah lebih dari itu, berarti sudah termasuk buah semangka berukuran besar.

Contoh 3

Ibuku

Ibuku adalah seorang yang sangat cantik. Tingginya sekitar 165 cm, ibuku memiliki rambut keriting yang berwarna hitam dan berkilau. Dia juga memiliki hidung yang mancung dan sebuah lesung pipi yang membuatnya cantik. Matanya berwarna cokelat seperti mataku. Ibuku memiliki warna kulit coklat muda seperti kebanyakan wanita-wanita Indonesia pada umumnya. Bibir merah dan gigi putihnya memberikan perpaduan sebuah senyuman yang sangat indah. Ibuku tidaklah gemuk dan juga kurus. Menurutku berat badannya cukup proposional. Berat badannya sekitar 55 kg.

Dia adalah orang yang sangat baik, ramah, dan sabar. Ibuku sangat mencintai keluarganya. Dia merupakan seorang ibu yang terbaik di dunia ini. Dia menjalani perannya sebagai ibu rumah tangga dengan baik dan tidak pernah melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu. Meskipun dia sangat sibuk bekerja, dia tidak pernah melupakan keluarganya. Ibuku sangat mencintai kebersihan. Dia selalu menjaga rumahnya agar tetap bersih dan sehat. Selain sebagai ibu yang baik, ibuku merupakan chef terhebat yang pernah ada. Dia sangat pintar membuat masakan yang enak. Aku sangat menyukai masakannya terutama ayam goreng buatannya.

Ibuku juga sangat baik dengan orang lain. Dia senang membantu teman dan tetangga kami yang sedang kesusahan. Karena dia memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Ibuku selalu merasa kasihan melihat orang yang sedang mendapat musibah. Ibuku sangat disiplin dan keras mengenai agama. Dia sangat rajin beribadah dan selalu mengingatkan kami untuk terus beribadah. Banyak hal yang tak bisa aku ungkapkan tentang ibuku karena menurutku ibuku adalah ibu yang sempurna biat diriku dan keluargaku. Aku berharap bisa menemukan seorang ibu seperti dia untuk anak-anakku kelak.

Contoh 4

Kentang

Kentang termasuk ke dalam sayur-sayuran meskipun kentang tidak memiliki warna hijau seperti sayuran pada umumnya. Meskipun kentang merupakan jenis sayuran yang tidak berwarna hijau, namun kandungan nutrisi pada kentang juga penting bagi tubuh. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh selain nasi.

Kulit kentang berwarna kecokelatan. Biasanya pada permukaan kulit kentang terdapat bintik-bintik kecil. Sementara kentang itu sendiri berwarna kuning kecokelatan. Jika diiris atau dipotong, permukaan kentang keras tapi lembut atau masir.

Banyak makanan yang terbuat dari kentang. Kentang yang diolah dengan telur lalu digoreng disebut perkedel kentang, kentang yang diiris kemudian di goreng disebut kentang goreng, kentang yang diiris lembut kemudian dimasak dengan cabai merah dan gula disebut balado kentang.

Kentang juga digunakan sebagai sayuran di sop. Ada banyak makanan yang diolah dari kentang. Jika memakannya, selain kenyang, juga memberikan rasa yang lezat di lidah


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Teks Deskripsi Benda Lengkap dengan Contohnya

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer