"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 10 September 2019

Pengertian Teks Deskripsi Tempat (Spasial) Lengkap dengan Contohnya



Daftar Isi [Tampil]
Teks Deskripsi | Pembahasan kita kali ini adalah tentang pengertian dan contoh teks deskripsi tempat (spasial) lengkap dengan contohnya dalam bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks deskripsi tempat (spasial) lengkap dengan contohnya. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positof yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Berikut ini adalah pengertian dan contoh teks deskriptif tempat (spasial).

Pengertian Teks Deskripsi Tempat (Spasial) Lengkap dengan Contohnya

Teks deskripsi tempat (spasial) adalah teks yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa. Pelukisannya harus dilihat dari berbagai segi agar ruang tersebut tergambar dengan jelas dalam pikiran dan perasaan pembaca.

Contoh:
Kamarku Surgaku

Kamar adalah tempatku untuk menghabiskan waktu luang. Di kamar, aku tidur, bersantai, belajar, dan menenangkan diri dari segala rasa gundah. Kamarku berukuran sedang dan sederhana, namun, akau sangat menyukainya. Jika memasuki kamarku, yang ada hanya suasana sepi dan tenang. Serta tercium wangi aroma jeruk yang merupakan pengharum ruangan yang kugantungkan di belakang pintu kamarku.

Kamarku memunyai satu pintu yang berwarna cokelat, berbahan kayu dan menghadap ke selatan. Memiliki tinggi 2 meter dan lebar 80 centimeter. Ketika pintu itu dibuka, akan terlihat dinding berwarna biru muda, lantai yang dilapisi keramik coklat muda, serta plafon unik berwarna biru dan merah jambu dengan lampu di tengahnya. Di dinding kamarku ada berbagai kaligrafi, koleksi foto-foto yang dihiasi dengan kreatif dan majalah dinding berukuran 70 x 40 cm yang berisi informasi penting dan karya sastra hasil dari karya-karyaku.

Di kamarku terdapat sebuah lemari pakaian, meja belajar, rak buku dan tempat tidur. Lemari pakaianku terletak di sebelah kanan saat kita memasuki kamar. Lemari itu berwarna hitam, memiliki dua pintu dan satu cermin yang terpasang di pintu depan lemari. Kemudian di sebelah utara pintu kamar ada sebuah meja belajar.

Meja belajarku sangat nyaman karena dilengkapi dengan sebuah kursi yang memiliki sandaran. Tetapi terkadang ada buku-buku pelajaran yang berserakan di atas meja itu. Aku juga meletakkan jam weker berbentuk sepeda di atas meja belajarku. Jam itu berwarna biru pemberian dari sahabatku. Jam itulah yang setiap paginya membangunkanku dari tidur yang lelap.

Di samping kanan meja belajar, aku menyimpan rak berisi buku-buku yang tersusun dengan rapi serta perlengkapan alat tulis menulis. Di atas rak buku itu aku meletakkan foto berbingkai dan juga piagam perhargaan. Kemudian di samping kiri meja belajar ada sebauh jendela yang langsung memberi cahaya mentari pagi yang menembus jendela kamarku tidak memiliki gorden. Jendela itu berwarna cokelat sama seperti warna pintu kamarku.

 Di depan jendela kamarku terdapat tempat tidur yang terbuat dari besi berukuran sedang yang merapat dengan dinding kamar sebelah barat. Di atas tempat tidur, aku meletakkan bantal ukuran sedang dan 1 buah bantal guling. Aku juga meletakkan boneka doraemon dan boneka ikan di atas tempat tidurku. Aku selalu merapikannya setiap aku bangun tidur di pagi hari.

Di kamarku juga terdapat kipas angin berwarna biru yang berukuran sedang, karena kamarku hawanya terasa panas dan pengap. Tetapi aku merasa nyaman sekali berada di dalam kamarku. Di kamarku itulah aku melepas lelah.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Teks Deskripsi Tempat (Spasial) Lengkap dengan Contohnya

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer