"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 30 September 2019

Pengertian Isi Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Diskusi



Daftar Isi [Tampil]
Pengertian Isi | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian isi lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian isi lengkap dengan contohnya. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami isi lengkap dengan contohnya.

Pengertian Isi Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Diskusi

Pengertian Isi

Bagian isi dalam teks diskusi berisi pendapat atau argumentasi. Argumentasi dalam teks diskusi terdiri atas argumentasi yang menyetujui atau mendukung dan argumen yang menentang.

1. Argumen atau pendapat mendukung  (supporting points)
Bagian ini berisi penjabaran lebih lanjut mengenai isu yang akan dibahas. Argumen yang dipaparkan penulis bersifat mendukug isu, Argumen didukung oleh fakta, fata, pengalaman penulis, atau referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas. Apabila isu diskusi mengenai keberadaan bank sampah, argumen yang mendukung menjabarkan alasan pentingnya bank sampah.

2. Argumen atau pendapat menentang (contrasting points)
Bagian ini berisi argumen yang menjabarkan penjelasan dan pendapat bertentangan. Argumen yang dipaparkan penulis bertentangan dengan argumen yang mendukung, misalnya menjabarkan dampak keberadaan bank sampah terhadap penghasilan pemulung atau pengepul barang bekas.

Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini beberapa contoh isi teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh isi teks diskusi adalah sebagai berikut.

Isi Diskusi 1

Contoh teknologi yang sekarang ini menjadi primadona di kalangan remaja adalah smartphone. Remaja umumnya menyukai smartphone kerena penggunanya yang praktis dan multifungsi, penggunaan smartphone juga dapat memudahkan aktivitas para remaja. Selain itu smartphone memiliki bentuk dan ukuran yang relatif kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Isi Diskusi 2

Umumnya dengan melihat adegan tidak senonoh yang terdapat dalam video maka remaja akan memiliki anggapan bahwa pergaulan bebas adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Parahnya lagi, tidak sedikit pula remaja yang akhirnya terjerumus lebih dalam yakni mengonsumsi obat-obatan terlarang, merokok, hingga meminum minuman keras.

Isi Diskusi 3

Pihak yang tidak setuju pengguna smartphone oleh anak-anak berpendapat bahwa smartphone akan merenggut masa kanak-kanak mereka dengan konten dan fitur-fitur smartphone. Sehingga anak-anak akan lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka. Dengan munculnya smartphone anak-anak akan terpaku pada permainan layar dan melupakan kesenangan mereka semasa kecil, hingga mereka menginjak remaja pun mereka akan selalu memiliki rasa ketergantungan terhadap smartphone.

Isi Diskusi 4

Dampak positif dari penggunaan smartphone untuk remaja adalah mereka dapat mengeksplorasi teknologi lebih luas dari sebelumnya, memudahkan segala aktivitas mereka mulai dari berkomunikasi baik visual maupun audio, dan membantu mereka mencari meteri atau tugas di internet.

Isi Diskusi  5

Masyarakat yang merupakan notabenenya menganggap perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang positif beranggapan bahwa perkembangan saat ini dapat membantu dan mempermudah segala aktivitas mereka. Mereka menganggap teknologi sebagai teman setia yang mampu membantu mereka kapan saja. Seperti contoh perkembangan teknologi pada bidang transportasi, sekarang ini manusia tidak perlu berjalan kaki terlalu lama untuk sampai ke tujuan mereka. Mereka dapat memanfaatkan perkembangan transportasi untuk membantu mereka sampai di tujuan mereka. Seperti ketika kita hendak pergi melintasi negara kita tidak perlu lagi berjalan dan mengarungi lautan luas, namun kita hanya perlu naik pesawat yang tujuannya ke negara tujuan kita.

Isi Diskusi 6

Banyak orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnakan dengan cara dibakar. Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap bukan sebagai solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap pembakaran yang dapat menipiskan lapisan ozon.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Isi Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Diskusi

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer