"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 06 September 2019

Pengertian, Sejarah, Aturan, dan Teknik Dasar Bola Voli | Permainan Bola Besar



Daftar Isi [Tampil]
Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga bola voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia, olahraga bola voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Pengertian, Sejarah, Aturan, dan Teknik Dasar Bola Voli | Permainan Bola Besar

Pengertian Bola Voli Menurut Ahli

1. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net. Tujuan dari permainan ini adalah melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai lawan. Setiap tim dapat memainkan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola.

2. Aip Syaifudin dan Muhadi

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua regu, di mana setiap regu terdiri dari 6 orang pemain. Masing-masing regu berusaha untuk memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan melewati bagian atas net serta mencegah regu lawan menjatuhkan bola ke dalam lapangan.

3. Mahfud Irsyada
Bola voli adalah suatu jenis permainan olahraga beregu yang melibatkan lebib dari satu orang pemain. Dalam hal ini, masing-masing tim bola voli memiliki enam orang pemain.

Sejarah Permainan Bola Voli

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat. Yang merupakan organisasi yang didekasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette.

Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan dirinya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan juga merupakan lulusan Spiringfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah pemainan yang diciptakan dengan mengkobinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan.

Peraturan Bermain Bola Voli

Olahraga bola voli memiliki beberapa peraturan dasar yang ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Berikut ini adalah beberapa peraturan dasar dalam permainan bola voli.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Garis batas serang untuk permainan belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 meter.

Ukuran Bola Voli

Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0,325 kg/cm².

Ukuran Net Bola Voli

Ukuran tinggi net putra 2,43 meter dan untuk net putri 2,24 meter.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Dalam olahraga bola voli terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikenal dan dikuasai oleh para pemainnya. Adapun beberapa teknik dasar permainan bola voli adalah sebagai berikut.

Teknik Dasar Bola Voli (Service)

Dalam permainan bola voli, servis (service) adalah pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai rally dalam pertandingan. Ada empat jenis servis yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Servis Lompat

Servis lompat yaitu servis dengan cara melambungkan bola ke atas depan, lalu pemain melompat dan memukul bola ketika di udara ke arah lapangan lawan.

2. Servis Bawah

Servis bawah yaitu servis dengan cara melambungkan bola secukupnya, lalu pemain memukul bola dari arah bawah bola dengan tangan mengepal.

3. Servis Atas

Servis atas adalah yaitu servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian ideal, lalu pemain memukul bola dengan telapak tangan ketika bola berada di atas kepala.

4. Servis Samping

Servis samping adalah servis dengan cara melambungkan bola dengan ketinggian secukupnya, lalu pemain memukul bola dengan cara menyamping sambil memutar tubuh.

Teknik Dasar Bola Voli (Passing)

Dalam permaian bola voli, passing adalah memberikan umpan kepada rekan satu tim ataupun mengarahkan bola langsung ke daerah lapangan lawan. Ada dua teknik passing yang sering dilakukan dalam bola voli yaitu:

1. Passing Bawah

Passing bawah adalah passing yang dilakukan pemain ketika menerima bola di mana posisi bola tersebut lebih rendah dari posisi kepala pemain. Teknik passing ini biasanya digunakan ketika menerima servis dari lawan.

2. Passsing Atas

Passing atas adalah passing yang dilakukan ketika menerima bola di mana posisi bola tersebut berada di atas kepala pemain. Teknik passing ini biasanya dilakukan ketika memberikan umpan kepada rekan setim, namun bisa juga digunakan untuk menerima servis dari lawan.

Teknik Dasar Bola Voli (Smash)

Dalam permainan bola voli, smash adalah teknik menyerang dengan cara memukul bola sekeras mungkin agar bola tersebut jatuh ke daerah lapangan regu lawan. Smash dapat dilakukan dengan beberapa teknik, diantaranya:

1. Quick Smash (First tempo)

Quick Smash (First tempo) adalah teknik smash yang dilakukan oleh pemain depan tengah. Teknik menyerang ini dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan dan penyerang sudah melompat untuk memukul bola.

2. Semi Smash (Second tempo)

Semi Smash (Second tempo) adalah teknik smash yang dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan bola tidak terlalu tinggi. Penyerang yang memukul bola sudah mulai melompat setelah mengetahui arah bola dan kemudian memukulnya.

3. Push Smash (Third tempo)

Push Smash (Third tempo) adalah yaitu teknik smash yang dilakukan ketika setter memberikan umpan bola sangat tinggi lalu penyerang berlari dan melompat ke arah bola dan memukulnya.

4. Ace Smash

Ace smash adalah teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli dengan melakukan pukulan keras ke daerah lawan.

5. Pull Smash

Pull smash adalah tekni smash dengan gerakan menipu lawan dengan membuat lawan menebak teknik serangan yang digunakan, antara lain quick smash dan semi smash.

Teknik Dasar Bola Voli (Blocking)

Dalam olahraga bola voli, blocking adalah teknik bertahan untuk menghalau serangan smash dari lawan agar bola tidak melewati net. Selain itu, teknik blocking ini bertujuan untuk menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan.

Blocking hanya dapat dilakukan oleh pemain yang berada pada posisi depan garis serangan serang. Sedangkan pemain yang berada pada posisi di belakang garis serang tidak diperbolehkan untuk melakukan blocking.

Teknik bertahan ini biasanya diberikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi. Dengan postur tinggi tersebut akan memudahkan pemain untuk menghalau atau membalikkan bola yang dismash oleh tim lawan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Sejarah, Aturan, dan Teknik Dasar Bola Voli | Permainan Bola Besar

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer