"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 26 September 2019

Pengertian, Relepansi, Langkah-Langkah, Keuntungan, dan Kelemahan Diskusi Kelompok



Daftar Isi [Tampil]
Teks Diskusi | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, relepansi, langkah-langkah, keuntungan, dan kelemahan diskusi kelompok dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami pengertian, relepansi, langkah-langkah, keuntungan, dan kelemahan diskusi kelompok. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, relepansi, langkah-langkah, keuntungan, dan kelemahan diskusi kelompok.

Pengertian, Relepansi, Langkah-Langkah, Keuntungan, dan Kelemahan Diskusi Kelompok

Pengertian Diskusi Kelompok

Diskusi kelompok adalah diskusi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan adalah proses berpikir kelompok. Oleh karena itu, diskusi kelompok merupakan suatu kegiatan kordinatif  yang mengandung langkah-langkah tertentu dan harus dipatuhi oleh kelompok. Diskusi kelompok berlangsung apabila sejumlah orang yang berminat terhadap suatu masalah dengan sengaja berkumpul untuk mendiskusikannya. Perkumpulan mereka bertujuan mencapai kesepakatan dalam menyelesaikan permasalahan.

Relepansi Diskusi Kelompok

Teknik atau metode diskusi kelompok sebagai proses belaja mengajar lebih cocok dilakukan jika guru memiliki tujuan antara lain sebagai berikut.
  1. Memanfaatkan berbagai kemampuan yang ada atau yang dimiliki oleh para siswa.
  2. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menyalurkan pendapatnya masing-masing 
  3. Memeroleh umpan balik dari para siswa tentang tujuan yang telah dirumuskan telah tercapai
  4. Membantu para siswa menyadari dan mampu merumuskan berbagai masalah yang dilihat baik dari segi pengalaman sendiri maupun dari pelajaran sekolah
  5. Mengembangkan motivasi untuk belajar lebih lanjut
Langkah Diskusi Kelompok

Di bawah ini adalah beberapa langkah-langkah dalam diskusi kelompok. Adapun langkah-langkah dari diskusi kelompok adalah sebagai berikut.
  1. Guru menggunakan masalah yang ada didiskusikan dan memberikan pengarahan seperlunya mengenai cara-cara pemecahannya, hal terpenting adalah permasalahan yang dirumuskan sejelas-jelasnya agar dapat dipahami baik-baik  oleh setiap siswa.
  2. Para siswa berdiskusi di dalam kelompok dan setiap anggota kelompok ikut berpartisipasi secara aktif.
  3. Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya, hasil-hasil yang dilaporkan ikut berpartisipasi secara aktif, siswa (kelompok lain).
  4. Akhir diskusi para siswa mencatat hasil-hasil diskusinya dan guru mengumpulkan hasil diskusi dari tiap-tiap kelompok.
Keuntungan Diskusi Kelompok

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari diskusi kelompok. Adapun keuntungan yang diperoleh dari diskusi kelompok adalah sebagai berikut.
  1. Dapat membina semangat kerjasama dan bertanggung jawab.
  2. Dapat meningkatkan ketertiban dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.
  3. Dapat mengembangkan kemampuan untuk berfikir dan berkomunikasi
  4. Dapat meningkatkan ketertiban dalam perencanaan dan pengambilan keputusan 
  5. Dapat membina semangat kerjasama dan bertanggung jawab
Kelemahan Diskusi Kelompok
Di bawah ini adalah kelemahan yang terdapat dalam diskusi kelompok. Adapun kelemahan-kelemahan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Adakalanya hanya didominasi oleh orang-orang tertentu saja.
  2. Anggota yang kurang agresif sering tidak mendapatkan kesempatan untuk mengemukakan pendapat sering tidak mendapatkan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
  3. Dapat memboroskan waktu terutama bila terjadi hal-hal yang negatif seperti pengarahan yang kurang tepat.
  4. Diskusi kelompok memerlukan yang waktu yang lebih banyak daripada cara belajar yang biasa.
Contoh Teks Diskusi
Berikut ini adalah contoh teks diskusi yang berjudul "Dampak Teknologi bagi Remaja" dalam pembelajaran teks diskusi bahasa Indonesia. Adapun contoh teks diskusinya adalah sebagai berikut.

Dampak Teknologi bagi Remaja

Pada zaman yang modern ini, banyak sekali perkembangan pada teknologi-teknologi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah teknologi elektronik. Perkembangan pada teknologi elektronik kini berkembang sangat pesat di Indonesia. Namun, perkembangan tersebut memberi pengaruh atau dampak terhadap konsumennya, khususnya para remaja masa kini.

Pengertian, Relepansi, Langkah-Langkah, Keuntungan, dan Kelemahan Diskusi Kelompok

Contoh teknologi elektronik yang pasti disukai oleh para remaja masa kini adalah handphone. Mereka menyukai handphone karena teknologi elektronik bentuknya yang tidak terlalu besar sehingga mudah di bawah kemana-mana membuat daya tarik tersendiri bagi para remaja sekarang yang tidak ingin repot. Tetapi, teknologi elektronik memunyai dampak negatif dan dampak positif. Contoh dampak negatifnya adalah remaja kecanduan menggunakan teknologi-teknologi tersebut sehingga mereka lupa akan kewajibannya untuk menuntut ilmu sebagaimana mestinya.

Ada pula dampak positifnya, yaitu para remaja bisa mengenal lebih luas teknologi-teknologi yang ada dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Oleh karena itu, kita sebagai remaja atau pelajar harus bisa memafaatkan teknologi elektronik dengan sebaik-baikya, jangan digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Relepansi, Langkah-Langkah, Keuntungan, dan Kelemahan Diskusi Kelompok

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer