"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 27 September 2019

Pengertian Dialog Interaktif Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



Daftar Isi [Tampil]
Dialog Interaktif | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dialog interaktif lengkap dengan contohnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami tentang pengertian dialog interaktif lengkap dengan contohnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian dialog interaktif lengkap dengan contohnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Pengertian Dialog Interaktif Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Pengertian Dialog Interaktif

Dialog interaktif merupakan percakapan yang melibatkan pemirsa atau pendengar dengan narasumber atau pembicara. Narasumber dalam dialog interaktif bisa lebih dari satu. Adanya beberapa narasumber ini bertujuan menjaga keseimbangan informasi yang disajikan. Pemirsa atau pendengar berperan untuk ikut menanggapi atau menanyakan seputar isi pembicaraan dalam dialog interaktif tersebut.

Dialog interaktif adalah agenda diskusi yang membahas sebuah topik yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat, hal ini dilakukan dengan mengundang orang yang ahli (pakar) dalam topik tersebut sebagai narasumber.

Biasanya dialog interaktif dilakukan di televisi, radio, maupun forum umum, sekaligus melibatkan para pendengar untuk menanggapi isi pembicaraan dialog yang sedang di bahas.

Hal Penting dalam Dialog Interaktif

Ada beberap hal yang diperhatikan ketika kita sedang mengikuti atau menyimak dialog interaktif agar kita tidak terlewatkan dari hal-hal penting yang sedang di bahas. Adapun hal penting tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Tema Dialog Interaktif, kalian harus mengetahui topik apa yang sedang di bahas dalam dialog interaktif tersebut.
  2. Narasumber, narasumber yang menyampaikan topik harus memang benar-benar ahlinya. 
  3. Pendapat narasumber, kita harus memerhatikan, perhatikan apakah pendapat narasumber berdasarkan data dan fakta.
  4. Kesimpulan dialog, hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut.
Unsur-Unsur Dialog Interaktif

Sama halnya dengan sebuah teks berita, dialog interaktif juga memunyai unsur-unsur pembangun, yakni 5W + 1H. Tentunya kalian sudah paham betul tentang apa yang dimaksud dengan 5W + 1H. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini.
  1. What: Apa yang sedang dibicarakan?
  2. Who: Siapa yang terlibat dalam pembicaraan itu?
  3. When: Kapan dialog tersebut dilaksanakan?
  4. Where: Di mana dialog tersebut dilaksanakan?
  5. Why: Mengapa dialog tersebut diadakan?
  6. How: Bagaimana jalan dan hasil dialog tersebut?
Cara Menyimpulkan Dialog Interaktif

Sebuah dialog interaktif pasti memunyai kesimpulan yang bisa diambil pelajarannya oleh para pendengar. Walaupun biasanya kesimpulan tersebut dibacakan oleh moderator, namun kita juga harus menyimpulkannya sendiri, sebab bisa jadi apa yang kita dapat berbeda dengan orang lain dapatkan. Berikut ini adalah cara menyimpulkan dialog interaktif.
  1. Perhatikan dialog interaktif tersebut. Jangan sampai fokus kita teralihkan dengan suatu hal yang tidak penting. Sebab, maka kita akan kehilangan informasi utuhnya.
  2. Ingatlah selalu 5W + 1H. Kita tidak perlu mengikuti apa yang disampaikan oleh pembicara dan moderator kata demi kata, namun ingatlah konsep 5W + 1H di dalam otak kita. Cermati dengan tepat apa yang mereka bahas, siapa yang terlibat, kapan berlangsungnya peristiwa, di mana tempat peristiwa, mengapa, dan bagaimana prosesnya. Apabila kita sudah menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, maka kita sudah memunyai kesimpulan dialog interaktif tersebut.
  3. Yang terakhir ini yaitu mencatat jawaban dari 5W + 1H mencatat jawaban dari 5W + 1H tersebut. Tidak harus mencatatnya dengan kalimat yang utuh. Catat saja point-point pentingnya yang dapat dikembangkan menjadi satu paragraf nantinya.
Cara Mendapatkan Informasi Dialog Interaktif

Berikut ini beberapa cara mendapatkan informasi dari dialog interatif. Adapun cara untuk mendapatkan informasi dalam dialog interaktif adalah sebagai berikut.
  1. Menyimak dengan cermat dialog secara utuh
  2. Mengarahkan perhatian pada berbagai pendapat yang dikemukakan oleh setiap narasumber, pemirsa, atau pendengarnya. Hal ini dimaksudkan agar kalian dapat menangkap hal-hal penting dalam pembicaraan. Hal-hal penting dalam dialog berupa pokok-pokok informasi.
  3. Mencatat hal-hal penting dialog. Hal-hal penting tersebut meliputi topik dialog, narasumber, inti pertanyaan, dan jawaban narasumber, serta pendapat atau komentar pemirsa atau pendengar.
  4. Merangkum informasi yang ditemukan dalam dialog interaktif
  5. Membuat simpulan dari kalimat utama dalam rangkuman
  6. Melaporkan informasi secara tertulis atau lisan
Contoh Dialog Interaktif

Di bawah ini adalah contoh dialog interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh dialog interaktif adalah sebagai berikut.
Ripaldi : "Selamat pagi, Pak!"
Kepala Desa : "Selamat pagi! Silakan duduk!"
Ripaldi : "Begini Pak! Seperti perjanjian kita, pada hari ini saya akan mewawancarai Bapak berkaitan dengan bencana banjir yang menimpa desa Wonosari beberapa waktu lalu."
Kepala Desa : "Silakan!"
Ripaldi : "Menurut Bapak, apa yang menjadi penyebab banjir tersebut?"
Kepala Desa : "Desa Wonosari merupakan salah satu desa yang terletak di dekat aliran Sungai Bastem. Banyak warga desa yang menjadikan sungai tersebut sebagai tempat pembuangan sampah terutama di dekat jembatan. Akibatnya, ketika musim hujan tiba, air tidak dapat mengalir karena salurannya tersumbat dan sungai mengalami pendangkalan. Air sungai pun meluap, kemudian terjadilah banjir. Untung saja bencana banjir yang terjadi tidak menelan korban jiwa. Beberapa warga kehilangan tempat tinggal."
Ripaldi : "Untuk menanggulangi masalah tersebut, apa yang sudah Bapak lakukan?"
Kepala Desa : "Kami beserta warga desa lain segera menampung warga yang kehilangan tempat tinggal dan memberikan santunan sepantasnya, kami juga menggalakkan program kali bersih atau prokasih dan menindak setiap pelanggaran dengan tegas."
Ripaldi : "Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap program kali bersih itu, Pak?"
Kepala Desa : "Syukurlah mereka mendukung program ini dan sampai saat ini mereka melaksanakannya dengan baik."
Ripaldi : "Terima kasih Pak atas informasinya yang telah diberikan!"


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Dialog Interaktif Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer