"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 26 September 2019

Pengertian Diskusi Kelompok dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



Daftar Isi [Tampil]
Teks Diskusi | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian dan contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia.

Pengertian Diskusi Kelompok dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Pengertian Diskusi Kelompok

Diskusi kelompok adalah diskusi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan adalah proses berpikir kelompok. Oleh karena itu, diskusi kelompok merupakan suatu kegiatan kordinatif  yang mengandung langkah-langkah tertentu dan harus dipatuhi oleh kelompok. Diskusi kelompok berlangsung apabila sejumlah orang yang berminat terhadap suatu masalah dengan sengaja berkumpul untuk mendiskusikannya. Perkumpulan mereka bertujuan mencapai kesepakatan dalam menyelesaikan permasalahan.

Diskusi Kelompok Menurut Ahli

Menurut Subroto (2002:179), diskusi kelompok adalah suatu percakapan ilmiah oleh beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok untuk saling bertukar pendapat atau masalah atau bersama-sama mencari pemecahan mendapatkan jawaban atau kebenaran atas suatu masalah.

Menurut Romlan (Dalam Nilawati, 1997:7), diskusi kelompok adalah percakapan yang sudah direncanakan antara tiga orang atau lebih untuk memecahkan masalah dan memperjelas sutu persoalan.

Jadi, diskusi kelompok adalah suatu percakapan yang dilakukan oleh tiga orang atau lebih , melalui proses bertukar pikiran dan argumentasi ke arah pemecahan masalah secara bersama-sama. Proses diskusi kelompok ini dapat dilakukan melalui forum diskusi diikuti oleh semua siswa di dalam kelas dapat pula dibentuk kelompok-kelompok lebih kecil.

Contoh Teks Diskusi

Berikut ini adalah contoh teks diskusi yang berjudul "Kenakalan Remaja" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

Kenakalan Remaja

Dewasa ini, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita. Eksploitasi seksual video klip, majalah, televisi, dan film-film ternyata mandorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda.

Dengan memilih tampilan atau tanyangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa, dan di mana saja. Bahkan tidak sedikit remaja yang terjerumus pergaulan bebas lain misalnya narkoba, rokok, dan minuman keras.

Dapat diperkirakan setiap harinya lebih dari 2 juta remaja di negara kita telah mempergunakan rokok maupun narkoba. Oleh karena itu, kami memilih tema pergaulan bebas remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja. Masalah ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan akurat dengan harapan supaya remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat negatif pergaulan bebas.

Dan mengimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan pola pikir yang terjadi pada dirinya. Semoga kita menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan bagi nusa dan bangsa.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Diskusi Kelompok dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer