Pengertian Pendahuluan Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Diskusi

Pendahuluan | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian pendahuluan lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pendahuluan lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pendahuluan lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi.

Pengertian Pendahuluan Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Diskusi
www.ilmubindo.com

Pengertian Pendahuluan

Pendahuluan dalam teks diskusi berisi isu atau topik permasalahan yang akan didiskusikan. Isu terletak pada paragraf pertama. Isu berisi penempatan masalah yang akan didiskusikan. Topik topik permasalahan atau isu yang dipilih sebaiknya bersifat aktual dan kontroversial agar memiliki banyak argumen, baik argumen yang mendukung maupun menentang. Isu yang dapat didiskusikan, misalnya kemajuan teknologi.

Arti lain dari pendahuluan dalam karya ilmiah adalah bab pertama datri karya tulis yang berisi jawaban apa dan mengapa penelitian itu perlu dilakukan. Bagian ini memberikan gambaran mengenai topik penelitian yang hendak disajikan. Oleh karena itu, pada bab pendahuluan memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.

Contoh Bagian Pendahuluan

Di bawah ini adalah  beberapa contoh bagian pendahuluan dalam teks diskusi. Adapun beberapa contoh teks diskusi bagian pendahuluan. 

Pendahuluan 1

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan mulai bermunculannya alat elektronik seperti smartphone, tablet, hingga musik player. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi tidak dapat dibendung lagi karena mengalami perkembangan yang teramat sangat pesat. Namun di balik perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini, terjadi beberapa pengaruh dan dampak yang dirasakan oleh banyak khususnya remaja.

Pendahuluan 2

Pada era perkembangan jaman sekarang ini sering kali kita mendengar isu dan berita tentang pergaulan bebas. Pergaulan bebas sendiri berasal dari eksploitasi seksual yang dialami oleh remaja. Eksploitasi seksual umumnya terdapat pada gambar-gambar, dan video tidak senonoh yang marak beredar.

Pendahuluan 3

Smartphone merupakan teknologi canggih yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi baik audio maupun visual. Karena dianggap dapat memudahkan segala aktivitas, smartphone akhirnya digunakan banyak kalangan orang termasuk anak-anak. Namun, pada dasarnya memberikan izin pada anak-anak untuk menggunakan smartphone masih menjadi bahan perdebatan di berbagai kalangan masyarakat.

Pendahuluan 4

Seperti yang kita ketahui, sekarang merupakan era perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut juga memengaruhi perkembangan teknologi di berbagai bidang seperti media, komunikasi, transportasi, dan sebagainya. Namun, jika dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi di bidang komunikasi akan memegang peran paling besar.

Pendahuluan 5

Zaman dan teknologi saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat di berbagai bidang. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi tersebut sekarang ini telah mengisi sendi-sendi kehidupan kita. Mulai dari medis, transportasi, komunikasi dan sebagainya terus berkembang seperti sudah tidak mampu lagi untuk dibendung. Perkembangan teknologi di berbagai bidang ini akhirnya menimbulkan berbagai pandangan di mata masyarakat.

Pendahuluan 6

Sampah merupakan satu hal yang dianggap sangat meresahkan karena memberikan dampak buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk umumnya dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga menyebabkan banjir. Dalam beberapa kasus, cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan masalah tentang sampah sudah menjadi perdebatan sejak dulu.