"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 28 September 2019

Pengertian Lokakarya dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



Daftar Isi [Tampil]
Lokarkarya | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh lokakarya dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang lokakarya dalam teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami pembelajaran tentang lokakarya dalam sebuah teks diskusi. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Lokakarya dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Pengertian Lokakarya

Lokakarya adalah pertemuan antara para ahli atau pakar untuk membahas masalah praktis atau bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya. Oleh karena itu, peserta lokakarya biasanya berlatar belakang sama. Lokakarya merupakan sebuah pertemuan yang bertujuan untuk memberikan informasi atau panduan, serta berfokus pada pengajaran keterampilan khusus atau pembahasan topik tertentu.

Pengisi acara lokakarya biasanya para pedidik, para ahli bidang khusus, manajer atau pemimpin lain yang memiliki pengetahuan tentang topik tertentu atau yang menguasai keterampilan khusus. Lokakarya bisa hanya berlangsung selama satu atau dua jam atau bisa juga berlangsung berminggu-minggu tergantung pada topiknya. Pemimpin lokakarya memperkuat efektivitas presentasi mereka melalui perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik serta praktik presentasi.

Langkah-Langkah Menyiapkan Lokakarya

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyiapkan lokakarya. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Tentukan tujuan lokakarya
  2. Tentukan apa yang menjadi kebutuhan peserta lokakarya
  3. Buatlah rancangan presentasi lokakarya
  4. Tentukan perkiraan alokasi waktu untuk masing-masing sesi acara pada rancangan lokakarya
  5. Setelah menyelesaikan rancangan lokakarya, praktiklah untuk memberikan presentasi
Menyiapkan Bahan Pendukung Lokakarya

Berikut ini adalah bahan pendukung dalam lokakarya. Adapun bahan pendukungnya antara lain sebagai berikut.
  1. Persiapkan handout (suatu naskah tulisan yang mendukung, mengembangkan, mengelola atau paling tidak menyediakan tindak lanjut dari suatu pelatihan) untuk para peserta.
  2. Gunakan alat peraga visual
  3. Gunakan perangkat berbasis situs web, jika bisa diterapkan
Mendorong Partisipan Peserta Lokakarya

Berikut ini adalah cara mengatur partisipan dalam lokakarya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Atur ruang sedemikian rupa sehingga nyaman untuk diskusi
  2. Masukkan kegiatan interaktif ke dalam lokakarya
  3. Sertakan pula sesi tanya jawab
Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini adalah contoh teks diskusi berjudul "Pro Kontra Kopi Terhadap Kesehatan" dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

Pro Kontra Kopi Terhadap Kesehatan

Dampak meminum kopi terhadap kesehatan acapkali menjadi perdebatan. Beberapa studi menyatakan bahwa meminum kopi secara rutin dapat memberikan dampak positif, namun studi-studi lainnya berkata sebaliknya.

Bahkan di Amerika Serikat diwajibkan bagi perusahaan-perusahaan kopi untuk menyertakan label di kemasan kopi mereka, akan suatu bahan kimia pemicu kanker yang terkandung di dalam minuman tersebut.

Bahkan kimia yang disebut dapat memicu kanker tersebut adalah acrylamide, suatu bahan yang juga dapat ditemukan di beberapa makanan dan asap rokok. Walaupun acrylamide dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan penyakit kanker pada penelitian-penelitian yang telah dilakukan pada tikus, keterkaitan ini tidak ditemukan pada manusia, menurut American Cancer Society.

Di sisi lain, sejumlah studi menemukan dampak positif meminum kopi terhadap kesehatan. Studi yanh dipublikasi oleh The Bristish Medical Journal menyebut bahwa meminum kopi dapat menurunkan resiko kanker kulit, prostat, hati dan uterus.

Menurut Profesor Riset dan Kebijakan Kesehatan Standford University John Loannidis, lebih baik bersikap skeptis terhadap hasil studi-studi ini, baik studi yang menyebut dampak negatif maupun dampak positif meminum kopi.

Untuk benar-benar mengetahui apakah kopi berdampak positif atau negatif bagi kesehatan, peneliti harus melakukan eksprimen yang sangat terkontrol dalam jangka waktu bertahun-tahun


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Lokakarya dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer