"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 24 September 2019

Pengertian Konjungsi Antarkalimat Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Tanggapan



Daftar Isi [Tampil]
Teks Tanggapan | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh konjungsi antarkalimat dalam teks tanggapan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh konjungsi antarkalimat dalam teks tanggapan. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik di sekolah dalam memahami pengertian dan contoh konjungsi antarkalimat dalam teks tanggapan.

Pengertian Konjungsi Antarkalimat Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Tanggapan

A. Pengertian Konjungsi Antarkalimat

Konjungsi antarkalimat adalah kata yang menghubungkan satu gagasan dengan gagasan lain. Contoh kata penghubung antarkalimat yang sering digunakan dalam paragraf, antara lain oleh karena itu, dengan demikian, atau di samping itu. Konjungsi antarkalimat adalah konjungsi atau kata sambung menghubungkan antarkalimat satu dengan kalimat lain. Oleh karena itu, konjungsi ini selalu memulai kalimat baru.

B. Jenis-Jenis Konjungsi Antarkalimat

Di bawah ini beberapa konjungsi antarkalimat yang akan kita bahas. Adapun jenis-jenis konjungsi antarkalimat tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Konjungsi yang menyatakan pertentangan, biasanya digunakan untuk mengungkapkan gagasan dan tanggapan dalam diskusi. Konjungsi pertentangan ditandai dengan kata: biarpun demikian/begitu, sekalipun demikian/begitu, walaupun demikian/begitu, dan meskipun demikian/begitu. 
  2. Konjungsi yang menyatakan lanjutan dari peristiwa atau keadaan pada kalimat sebelumnya. Konjungsi ini ditandai dengan kata: sesudah itu, setelah itu, dan selanjutnya.
  3. Konjungsi yang menyatakan kebalikan dari yang dinyatakan sebelumnya. Contoh kata yang digunakan sebagai penanda konjungsi ini adalah sebaliknya.
  4. Konjungsi yang menyatakan keadaan yang sebenarnya. Konjungsi keadaan ini ditandai dengan kata: sesungguhnya dan bahwasanya.
  5. Konjungsi yang menyatakan keadaan yang dinyatakan sebelumnya. Konjungsi ini ditandai kata: malahan dan bahkan.
  6. Konjungsi yang menyatakan pertentangan dengan keadaan sebelumnya. Konjungsi ini ditandai oleh kata: namun dan akan tetapi.
  7. Konjungsi yang menyatakan konsekuensi. Konjungsi ini ditandai dengan kata: demikian.
  8. Konjungsi yang menyatakan akibat. Konjungsi ini ditandai dengan kata: oleh karena itu dan oleh sebab itu.
  9. Konjungsi yang menyatakan kejadian yang mendahului hal yang dinyatakan sebelumnya. Konjungsi ini ditandai dengan kata: sebelum itu.
C. Contoh Konjungsi Antarkalimat

Berikut ini adalah beberapa contoh konjungsi antarkalimat dalam teks tanggapan. Adapun contoh konjungsi antarkalimat tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Polisi hutan menangkap dua pemburu liar. Sebelum itu, mereka menangkap lima orang pemburu liar.
  2. Kami sudah melarang mereka berburu di hutan, tetapi mereka tetap nekat. Oleh karena itu, biar mereka rasakan sendiri akibatnya.
  3. Kamu telah setuju dengan persyaratan ini. Dengan demikian, kamu pun harus menanggung semua risikonya.
  4. Keadaannya memang sudah aman. Akan tetapi, kita tetap harus waspada.
  5. Rumah-rumah di Kalimantan kebanyakan didirikan di tepi sungai. Bahkan, ada kampung di tengah laut yang dangkal.
  6. Kita dilanda banjir besar tahun ini. Sesungguhnya, bencana ini telah kita ramalkan yahun kemarin.
  7. Kita jangan terus menebang pohon-pohon di hutan ini. Sebaliknya, kita harus menanam pohon baru.
  8. Kami akan memulai perjalanan ini dengan berjalan kaki, sesudah itu, kami akan beristirahat di rumah penduduk.
  9. Kami kurang setuju dengan usulan dia. Biarpun begitu kami tetap menghargainya.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Konjungsi Antarkalimat Lengkap dengan Contohnya dalam Teks Tanggapan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer