"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 24 September 2019

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contoh Kalimat Deskriptif dalam Teks Tanggapan



Daftar Isi [Tampil]
Teks Tanggapan | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian kalimat deskriptif lengkap dengan contohnya dalam teks tanggapan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memncari referensi tentang pengertian kalimat deskriptif lengkap dengan contohnya dalam teks tanggapan. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian kalimat deskriptif lengkap dengan contohnya dalam teks tanggapan.

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contoh  Kalimat Deskriptif dalam Teks Tanggapan

Pengertian Kalimat Deskriptif

Kalimat deskriptif adalah kalimat yang menggambarkan keadaan tertentu suatu objek. Pembaca dapat melihat, mendengarkan, merasakan, dan mencium secara imajinatif tentang objek yang dimaksud. Kalimat-kalimat deskriptif dapat disusun menjadi paragraf deksriptif.

Ciri-Ciri Kalimat Deskriptif

Berikut ini adalah ciri-ciri paragraf deskriptif dalam teks tanggapan. Adapun ciri-ciri paragraf deskriptif adalah sebagai berikut.
  1. Paragraf ini dibuat dengan tujuan memberikan gambaran atau perasaan terhadap pembaca tentang objek yang ingin diketahui. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan secara langsung objek yang dideskripsikan.
  2. Paragraf ini biasanya berisi kalimat deskripsi yang melambangkan atau menceritakan detail sebuah objek. Yang biasanya digambarkan adalah orang, sebuah tempat, keindahan alam, serta hal-hal lain yang bisa di nilai menggunakan panca indera.
Jenis-Jenis Kalimat  Deskriptif

Adapun jenis-jenis dalam paragraf teks tanggapan adalah sebagai berikut.
  1. Paragraf deskripsi waktu, yaitu sebuah paragraf di mana dalam pengembangannya berdasarkan pada sebuah waktu dari peristiwa tersebut.
  2. Paragraf deskripsi spasial, yaitu paragraf yang menggambarkan sebuah objek secara detail. Dan biasanya paragraf ini secara khusus digunakan untuk mendeskripsikan sebuah ruangan, benda, atau sebuah tempat.
  3. Paragraf deskripsi subjektif, yaitu sebuah paragraf deskriptif di mana dalam penggambarannya objeknya disertai dengan opini dari penulisnya.
  4. Paragraf deskripsi objektif, yaitu paragraf di mana dalam penjelasannya objeknya tidak disertai dengan opini dari penulisnya.
Contoh Kalimat  Deskriptif

Di bawah ini beberapa contoh kalimat deskriptif dalam teks tanggapan. Adapun contoh-contoh paragraf deskriptif dalam teks tanggapan.

Contoh Kalimat Deskriptif 1

Sungai Ciliwung adalah salah satu sungai yang mengalir di seluruh Jakarta, tapi sayangnya sungai ini sudah tidak terjaga kebersihannya sehingga terlihat sangat jorok. Banyak sampah yang bertaburan di pinggir sungai seperti botol bekas minuman, plastik, dan masih banyak lagi jenis sampah yang lainnya.

Contoh Kalimat Deskriptif 2

Dalam waktu yang tidak lama, aku mencoba mengamat orang-orang disekitarku. Di sebelah kiriku ada lelaki yang begitu tampan memiliki rambut pendek dan berwarna hitam, kulitnya putih dan bibirnya tipis. Dia memiliki mata sipit dan senyumnya sangat manis sekali.

Contoh Kalimat Deskriptif 3

Lapisan ozon saat ini semakin menipis, hutan tropis juga mulai meranggas. Gurun atau tanah kering juga semakin meluas. Hal ini berakibat pada suhu bumi yang meningkat, menyebabkan cuaca tidak tentu dan banyak bencana. Kesimpulan yang didapat adalah kondisi bumi semakin kritis dan siapa yang bertanggung jawab, tentu pada manusia.

Contoh Kalimat Deskriptif 4

Putri memakai bawahan panjang dengan warna coklat. Warna yang sangat sesuai dengan warna blush yang dipakainya. Bawahan dan blush yang dipakai semakin menambah kecantikan yang dimilikinya. Dengan setelan tersebut Putri berjalan dengan anggun dan memikat hati banyak orang.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contoh Kalimat Deskriptif dalam Teks Tanggapan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer