Pengertian Klasifikasi dalam Teks Eksposisi Lengkap dengan Contohnya

Metode klasifikasi adalah sebuah metode yang bersifat alamiah untuk menampilkan pengelompokan-pengelompokan sesuai dengan pengalaman manusia. Barang, hal, atau gagasan yang dikenal melalui pengalaman dapat tersusun secara sistematis. Klasifikasi merupakan suatu metode untuk menempatkan hal atau benda dalam satu kelompok sehingga dapat diketahui hubungan antarhal atau antarbenda dalam kelompok tersebut.

Pengertian Klasifikasi dalam Teks Eksposisi Lengkap dengan Contohnya

Klasifikasi merupakan kata serapan dari bahasa Belanda, classificatie, yang sendirinya berasal dari bahasa Prancis classsification. Istilah ini menunjuk kepada metode untuk menyusun data secara sistematis atau untuk menyusun data secara sistematis atau menurut beberapa aturan atau kaidah yang telah ditetapkan.

Di dalam KBBI, klasifikasi adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan. Secara harafiah bisa pula dikatakan bahwa klasifikasi adalah pembagian sesuatu menurut kelas-kelas. Menurut ilmu pengetahuan, klasifikasi adalah proses pengelompokkan benda berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan.

Pengertian Paragraf Klasifikasi

Paragraf klasifikasi adalah salah satu pengembangan paragraf eksposisi sehingga paragraf ini bertujuan untuk memberikan informasi yang sangat jelas kepada para pembaca.

Ciri-Ciri Paragraf Klasifikasi
  1. Paragraf ini menggunakan ungkapan-ungkapan digolongkan, dibagi, dan diklasifikasikan dan lain-lain.
  2. Memiliki gaya penulisan yang bersifat informatif.
  3. Paragraf membagi/mengklasifikasikan/mengelompokkan suatu hal ke dalam dua atau lebih kelompok dengan berdasarkan acuan tertentu.
Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Contoh 1

Sulawesi dahulu dikenal sebagai Celebes adalah sebuah pulau di Indonesia. Sulawesi merupakan salah satu dari empat kepulauan Sunda Besar, dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia, yang terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindano dan kepulauan Sulu, Filipina. Di Indonesia, hanya pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua yang lebih besar luas wilayahnya, dan hanya Pulau Jawa an Sumatra yang memiliki populasi lebih banyak dari Sulawesi.

Bentang alam di Sulawesi mencakup empat semenanjung. Semenanjung Minahasa di bagian utara, semenanjung Timur, Semenanjung Selatan, dan Semenanjung Tenggara. Ada tiga teluk yang memisahkan semenanjung-semenanjung ini yaitu Teluk Tomini di antara Semenanjung Minahasa dan Timur, Teluk Tolo di antara Semenanjung Timur dan Tenggara, dan Teluk Bone di antara Semenanjung Selatan dan Tenggara. Selat Makassar membentang di sepanjang sisi barat pulau dan memisahkan pulau ini dari Kalimantan.

Contoh 2

Tanpa kita sadari ada tiga jenis teman yang ada di sekitar kita, kelompok yang pertama ialah teman di kala senang. Teman-teman yang ada di kala senang ini merupakan teman yang paling mudah untuk ci cari. Mereka sangat banyak jumlahnya di luar sana. Biasanya teman-teman semacam ini akan selalu berada dalam keadaan senang dan gembira, tetapi ketika kita sedang tertimpa musibah, mereka biasanya menghilang entah kemana.

Kelompok teman yang selanjutnya ialah teman dekat, teman dekat atau lebih dikenal dengan sahabat ialah teman yang benar-benar dekat dengan kita. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama kita sehingga kita tahu segala sesuatu tentang mereka. Teman dekat akan selalu berada di samping kita dalam keadaan apapun, entah itu sedih ataupun bahagia. Namun, mencari teman dekatlah sangatlah sulit, perlu adanya proses untuk menemukannya. Oleh karena itu, memiliki satu teman dekat saja sudah cukup membahagiakan.

Kelompok teman yang terakhir adalah teman biasa, kelompok teman ini merupakan teman-teman yang hanya sebatas kenal dengan kita. Mereka tahu siapa kita dan kita tahu siapa mereka, tetapi kita tidak terlalu dekat dengannya. Teman biasa ini diibaratkan seperti dua mata pisau, di satu sisi mereka dapat menjadi saingan, tetapi di sisi lain mereka dapat menjadi sebuah tolak ukur atau motivator bagi kita. Teman biasa inilah yang lama kelamaan akan menjadi teman dekat atau teman dikala senang.