"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 05 September 2019

Pengertian Definisi dalam Teks Eksposisi Lengkap dengan Contohnya



Daftar Isi [Tampil]
Definisi adalah suatu pernyataan tentang maksud dengan suatu hal atau barang, suatu pernyataan atau penjelasan tentang makna suatu kata atau frasa. Definisi dapat pula berarti suatu proses meletakkan batas-batas penggunaan sebuah kata. Definisi dibedakan menjadi dua yaitu definisi secara sempit dan definisi secara luas. Definisi sempit bukan definisi mengenai suatu kata. Sementara itu, definsi luas mencakup pembatasan pengertian suatu barang atau hal yang didefinisikan.

Pengertian Definisi dalam Teks Eksposisi Lengkap dengan Contohnya

Pengertian Kalimat Definisi

Berangkat dari etimologinya, jenis kata ini memeroleh namanya dari sebuah kata dalam bahasa Inggris (definition) yang memiliki makna 'definisi' atau rangkaian kalimat yang memberikan penjelasan dan batasan dari arti sebuah istilah. Itu berarti, kalimat definisi adalah kalimat yang bersifat memberikan keterangan atau penjelasan ayau suatu obyek secara umum. Maka dari itu, kalimat definisi sering kali memuat kata 'adalah'.

Karakteristik Kalimat Definisi 
  1. Menjelaskan makna atau arti dari suatu objek
  2. Penjelasan bersifat umum atau tidak mengarah kepada ciri khusus suatu objek
  3. Lazim ditemukan di laporan-laporan ilmiah
  4. Jika kalimat ini dibalik, maka makna atau arti dari kalimat tersebut tidak berubah
Contoh Kalimat  Definisi

1. Daun adalah salah satu bagian tubuh tanaman
2. Bajaj adalah kendaraan beroda tiga
3. Gitar adalah alat musik petik
4. Masjid adalah tempat beribadah umat Islam
5. Malang adalah sebuah kota di Jawa Timur
6. Buaya adalah hewan yang hidup di dua alam
7. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia secara mendalam
8. Rumah adalah jenis bangunan yang dimaksudkan untuk hunian manusia
9. Unggas adalah kelas binatang bersayap
10. Cagar alam adalah suatu wilayah konservasi melindungi kekayaan flora
11. Uang adalah alat pertukaran yang sah
12. Nenek adalah sebutan untuk ibu dari ayah dan ibu kita

Jika kita membalik susunan kalimat-kalimat di atas, maka maknanya akan tetap sama. Ambil saja contoh "Daun adalah salah satu bagian tubuh tanaman" menjadi "Salah satu bagian tubuh tanaman adalah daun", artinya tidak akan berubah. 

Pengertian Paragraf Definisi

Paragraf definisi adalah salah satu bentuk paragraf eksposisi yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara diuraikan menjadi gagasan-gagasan penjelas yang berupa pengertian atau definisi suatu objek. Paragraf ini berfungsi untuk memberikan sebuah informasi sejelas-jelasnya kepada para pembaca.

Paragraf ini tidak hanya sebatas memberikan arti atau pengertian dalam hal nama saja, akan tetapi definisi yang disampaikan lebih luas.

Contoh Paragraf definisi

Contoh 1

Ekonomi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti aturan atau hukum. Jadi, ekonomi adalah aturan-aturan dalam rumah tangga, tetapi secara garis besar pengertian ekonomi adalah sebuah keilmuan yang mempelajari tentang aktivitas manusia dalam lingkup ekonomi yang berhubungan dengan aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi. Ilmu ini mempelajari 3 proses ekonomi yang telah disebutkan di atas, diantaranya adalah aktivitas produksi, dalam hal ini ekonomi membahas tentang bagaimana barang tersebut dibuat, seperti bahan baku, cara pengolahan, biaya, dan pembuat. Sementara itu, dalam hal aktivitas distribusi, ekonomi mempelajari bagaimana cara barang atau jasa tersebut bertemu dengan konsumen, seperti pemasaran, pemasokan, dan tempat penjualan. Kemudian aktivitas yang terakhir adalah konsumsi. Dalam hal ini, ilmu ekonomi membahas tentang bagaimana barang atau jasa tersebut setelah sampai kepada konsumen. Aktivitas ekonomi membahas tentang pembeli, alat pertukaran atau biaya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ekonomi adalah sebuah cabang keilmuan yang membahasa tentang aktivitas manusia dalam hal pembelian, penyaluran, dan pemakaian barang atau jasa.

Contoh 2

Fotosintesis terdiri dari kata foto yang berarti cahaya, dan synthesis yang berarti penggabungan. Secara harfiah, fotosintesis adalah sebuah proses kimiawi yang terjadi pada tumbuhan untuk membentuk zat makanan dengan bantuan dari energi matahari. Proses ini terjadi pada bagian daun yang memiliki zat klorofil, yaitu zat hijau daun yang berfungsi sebagai pengikat atau penangkap cahaya matahari. Secara garis besar proses ini membentuk zat makanan dari unsur-unsur hara, air, dan karbon dioksida yang pecah oleh sinar matahari dan menghasilkan energi dalam bentuk glukosa dan oksigen. Glukosa tersebut digunakan sebagai makanan oleh tumbuhan yang akan diangkut oleh pembuluh floem ke seluruh bagian tumbuhan. Sedangkan, oksigen merupakan zat sisa pembakaran yang dilepaskan kembali ke udara melalui stomata, yaitu pori-pori kecil pada daun tempat masuk dan keluarnya udara.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Definisi dalam Teks Eksposisi Lengkap dengan Contohnya

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer