"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 09 September 2019

Pengertian Kalimat Pembuka, Isi, Penutup, dan Contoh Teks dalam Pidato Persuasif



Daftar Isi [Tampil]
Pidato Persuasif | Pembahasan kita kali ini masih seputar dengan teks pidato. Nah, kali ini kita akan membahas tentang pembuka, isi, dan penutup dalam teks pidato. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh kalimat pembuka, isi, dan penutup dalam teks pidato persuasif. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kalimat pembuka, isi, dan penutup teks pidato. Semoga bermanafaat dan terima kasih.

Pengertian Kalimat Pembuka, Isi, Penutup, dan Contoh Teks dalam Pidato Persuasif

1. Pengertian Pembuka dalam Teks Pidato

Pembuka merupakan bagian awal dalah suatu pidato. Pembuka dalam pidato berisi beberapa bagian. Bagian-bagian dalam pembuka pidato adalah sebagai berikut.

1) Salam Pembuka

Salam pembuka berisi salam dan sapaan kepada orang yang menghadiri acara tersebut. Contoh dari salam pembuka adalah sebagai berikut.

- Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh
- Salam sejahtera
- Selamat pagi
- Om Swastyastu
- Sotthi hotu

2) Sapaan

Sapaan kepada pendengar berisi sapaan  kepada pendengar yang menghadiri acara tersebut.

3) Ucapan Syukur kepada Tuhan

Bagian ini berisi ucapan syukur yang dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberi kesehatan dan rahmat sehingga dapat menghadiri suatu acara.

4) Ucapan Terima Kasih

Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan mendukung acara tersebut.

5) Tujuan Pidato

Tujuan pidato berisi pembuka untuk masuk ke isi pidato.


2. Pengertian Isi dalam Teks Pidato

Isi pidato adalah memaparkan permasalahan atau materi yang akan disampaikan. Permasalahan diuraikan secara rinci dalam isi pidato. Pembicara harus menyusun materi secara runtut materi secara runtut dan teratur. Tujuannya agar pendengar mampu memahami isi pidato tersebut.

Contoh isi pidato:

Dan seperti kita ketahui, kesehatan kita beranjak dari pola hidup kita yang sehat pula. Pola hidup sehat memang penting. Selain dapat membuat badan sehat, hal itu juga dapat membuatkita terhindar dari penyakit. Ada beberapa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, antara lain pola makan, olahraga, dan istirahat. Pola makan harus dijaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan, seperti obesitas ataupun malah kekurangan gizi.

Berikutnya adalah olahraga. Nah seperti kita ketahui, olahraga merupakan kegiatan yang mudah dilakukan, tapi banyak diabaikan. Padahal olahraga yang teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selanjutnya adalah masalah istirahat. Istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

3. Pengertian Penutup dalam Teks Pidato

Penutup adalah bagian terakhir dalam suatu pidato. Bagian penutup terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut.

1) Kesimpulan, bagian ini berisi kesimpulan dari isi suatu pidato.
2) Ucapan terima kasih, bagian ini berisi ucapan terima kasih pembicara kepada pendengar atas kehadiran dan partisipasinya.
3) Permohonan maaf, bagian ini berisi permohonan maaf pembicara atas kesalahan dalam penggunaan tata bahasa dan tingkah laku yang dianggap kurang sopan dan berkenaan di hati para pendengar.
4) Salam penutup, salam penutup berisi ucapan salam untuk mengakhiri suatu pidato.

4. Contoh Teks Pidato Persuasif

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat Ibu pembimbing, serta teman-temanku yang berbahagia. 
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita rizky berupa kesehatan.

Dan seperti kita ketahui, kesehatan kita beranjak dari pola hidup kita yang sehat pula. Pola hidup sehat memang penting. Selain dapat membuat badan sehat, hal itu juga dapat membuatkita terhindar dari penyakit. Ada beberapa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, antara lain pola makan, olahraga, dan istirahat.

Pola makan harus dijaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan, seperti obesitas ataupun malah kekurangan gizi.

Berikutnya adalah olahraga. Nah seperti kita ketahui, olahraga merupakan kegiatan yang mudah dilakukan, tapi banyak diabaikan. Padahal olahraga yang teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selanjutnya adalah masalah istirahat.

Istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

Baiklah, pola hidup sehat yang dimulai dengan pola makan yang baik, olahraga teratur dan istirahat yang cukup, maka perlu pula didukung sikap yang selalu optimis. Sebab, tidak ada sesuatupun yang dapat menghalangi langkah seseorang yang optimis, bahkan kegagalan dan halangan malah akan dianggap sebagai pelajaran. Optimisme ini juga berdampak bagi bagi kesehatan tubuh.

Demikianlah apa yang saya sampaikan. Harapanya apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat  buat kita semua. Dan mohon maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kalimat Pembuka, Isi, Penutup, dan Contoh Teks dalam Pidato Persuasif

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer