"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 03 September 2019

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Ringkasan | Simpulan Teks Berita 2019



Daftar Isi [Tampil]
Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif. Ringkasan adalah sari karangan tanpa hiasan. Ringkasan itu dapat merupakan ringkasan sebuah buku, bab, ataupun artikel. Fungsi sebuah ringkasan adalah untuk memahami atau mengetahui sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, kita mempelajari cara seseorang menyusun pikirannya dalam gagasan-gagasa yang diatur dari gagasan yang besar menuju gagasan penunjang, melalui ringkasan kita dapat menangkap pkok pikiran dan tujuan penulis.

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Ringkasan | Simpulan Teks Berita 2019

Simpulan adalah sesuatu hal yang disimpulkan; hasil dari menyimpulkan; kesimpulan. Simpulan juga memiliki arti kesudahan pendapat (pendapat yang terakhir sebuah uraian sebelumnya) ataupun kesimpulan yang didapat dari cara berfikir induktif dan deduktif.

Ciri-Ciri Ringkasan

Inti tidak meninggalkan urutan dasar karangan, Kerangka dasar masih tampak jelas. Memangkas gagasan utama menjadi lebih ringkas. Tujuannya untuk memangkas gagasan.

Langkah-Langkah Meringkas Teks Berita

1. Mendengarkan atau membaca teks berita denga saksama.
2. Mencatat pokok-pokok atau unsur-unsur berita 5W + 1H
3. Menyampaikan kembali pokok-pokok atau unsur berita secara lengkap dan ringkas.

Contoh Ringkasan Teks Berita

Carmi, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Cirebon yang dikabarkan hilang selama 3 tahun saat bekerja di Arab Saudi akhirnya ditemukan. Ilyas (85) dan Warniah (65) tak bisa membendung air mata bahagianya saat mendapatkan kabar tersebut.

"Satu keluarga nangis bahagia semua," kata Ilyas saat berbincang dengan detikcom di kediamannya di Desa Rawaurip, Kecematan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019).

Ilyas menceritakan kabar bahagia itu disampaikan langsung KBRI Riyadh pada Rabu (28/8/2019) kemarin. Ilyas menceritakan saat ini Carmi berada di kantor KBRI Riyadh. Saat itu KBRI Riyadh memfasilitasi Carmi berkomunikasi langsung dengan keluarganya melalui video call.

Sayangnya, ingatan Carmi masih belum pulih. Carmi hanya mengenal nama keluarga. Carmi pun kaget melihat wajah Ilyas, ayahnya yang sudah lanjut usia. Sebab, Carmi berangkat ke Arab Saudi saat usianya masih belasan tahun, saat itu juga kondisi Ilyas masih terlihat bugar.

Ilyas tetap bahagia kendati Carmi hanya mengingat namanya saat perjumpaan melalui video call itu. Setelah itu, Carmi mulai bisa mengingat keluarganya. Bahkan, Ilyas dan KBRI Riyadh sempat tertawa saat memastikan ciri-ciri fisik Carmi. Ilyas sempat meminta petugas KBRI Riyadh untuk mengambil gambar pada jari kaki sebelah kiri Carmi.

Menurut Ilyas, jari manis kaki sebelah kiri Carmi pendek. "Jari kakinya ada yang pendek sama seperti adiknya, Eti. Dari 10 bersaudara, hanya Carmi dan Eti yang jari manisnya pendek. Benar, ternyata pendek," kata Ilyas sambil tersenyum. 

Saat berkomunikasi, Carmi hanya bisa menggunakan bahasa Arab. Carmi kesulitan menggunakan bahasa Indonesia maupun Cirebon.

Ilyas mengaku belum mengetahui secara persis kapan Carmi dipulangkan ke Indonesia. Saat ini Carmi berada di KBRI Riyadh untuk menyelesaikan administrasi dan pemulihan ingatannya.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Ringkasan | Simpulan Teks Berita 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer