"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 03 September 2019

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Unsur-Unsur Teks Berita 2019



Daftar Isi [Tampil]
Teks Berita adalah bentuk laporan suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa. Dengan kata lain berita adalah fakta menarik atau suatu kejadian penting yang disampaikan kepada masyarakat melalui media. Akan tetapi, tidak semua fakta bisa diangkat menjadi berita. Setiap fakta akan dipilih yang pantas untuk disampaikan kepada masyarakat luas. Kata berita berasal dari bahasa sanskerta virit "terjadi' atau "ada". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat.

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Unsur-Unsur Teks Berita 2019

Ciri-Ciri Teks Berita

1. Fakta
Kejadian yang berlangsung dalam imajinasi atau berdasarkan cerita tidak jelas kebenarannya tidak layak dan tidak dapat dijadikan berita. Berita bukan sebuah karya fiksi yang berlangsung sesuai imajinasi penulis. Penulis berita tidak boleh mereka-reka sebuah kejadian atau peristiwa. Penulis jyga tidak boleh melebih-lebihkan informasi sebenarnya.

2. Baru 
Peristiwa yang terjadi bukan lalu tidak mempunyai nilai sebagai sebuah berita layak disiarkan. Berita itu merupakan ulasan dan penggambaran latar belakang dari peristiwa masa lalu. Ulasan tersebut perlu dilakukan karena peristiwa atau kejadian tersebut masih dianggap perlu diketahui pembaca atau pendengar. Cara tepat adalah memberi ulasan lebih luas mengenai kejadian tersebut.

3. Luar Biasa
Peristiwa atau kejadian jarang terjadi dan mengherankan merupakan bahan berita baik. Peristiwa luar biasa seperti Dr. Yogi Ahmad Erlangga, seorang dosen ITB, berhasil memecahkan rumus matematika persamaan Helmholtz. Rumus tersebut membelenggu para pakar ilmu pengetahuan dan teknologi. Selama 30 tahun rumus tersebut tidak bisa dipecahkan.

Unsur-Unsur Berita

1. What
Berita berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa, hal, atau kejadian yang diberitakan.

2. Who
Berita memuat keterangan orang-orang yang terlibat dalam peristiwa. Orang-orang tersebut diberitakan oleh pembuat berita.

3. When
Berita menyebut waktu kejadian peristiwa atau kejadian 

4. Where
Berita berisi deskripsi lengkap tempat kejadian

5. Why
Berita memuat deskripsi lengkap tempat kejadian

6. How
Berita menjelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat dari peristiwa tersebut.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Unsur-Unsur Teks Berita 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer