Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Analisis | Bahasa Indonesia SMP K13

Teks Eksposisi Analisis adalah suatu cara membagi suatu objek kedalam komponen-komponennya. Kata analisis berasal dari bahasa Yunani yaitu analyein yang berarti menanggalkan menguraikan. Menurut arti kata, analisis berarti melepaskan, menanggalkan, atau menguraikan sesuatu yang terikat padu. Dalam linguistik, analysis (analisa) adalah studi tentang bahasa untuk memeriksa secara mendalam struktur bahasa. Sedangkan kegiatan laboratorium, kata analisa atau analisis dapat juga berarti kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa zat dalam sampel. Namun, dalam perkembangannya, penggunaan analisis akademis sorotan, Penggunaan yang harus di analisis. Hal ini karena analisis kata adalah kata pinjaman dari bahasa asing (Inggris) adalah analisis.

Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Analisis | Bahasa Indonesia SMP K13

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

1. Wiradi
Analisis merupakan sebuah aktivitas yang memuat kegiatan memilah, mengurai, membedakan sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari ditaksir makna dan kaitannya.

2. Komaruddin
Analisis adalah suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen-komponen, hubungan satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

3. Dwi Prastowo Darminto
Analisis adalah sebagai penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memeroleh pengertian yang tepat dan memahami arti keseluruhan.

4. Kamus Akuntansi
Analisis adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi dari ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

5. Anne Gregory
Analisis adalah langkah pertama dari proses perencanaan

6. Syahrul
Analisis adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

7. Mohammad Afdi Nizar
Analisis adalah sebuah evaluasi tentang kondisi dari ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan suatu perbedaan yang muncul.

8. Rifka Julianty
Analisis adalah sebuah penguraian pada pokok atas bagiannya dan penelaahan itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

9. Robert J. Schreiter, 1991
Analisis adalah "membaca" teks, yang melikalisasikan tanda-tanda yang menempatkan tanda-tanda itu dalam interaksi yang dinamis, dan pesan-pesan yang disampaikan.

10. Minto Rahayu
Analisis adalah suatu cara membagi suatu objek ke dalam komponen-komponen. Artinya, melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

11. Husein Umar
Analisis adalah suatu proses kerja dari rentetan tahapan pekerjaan sebelum riset di dokumentasikan melalui tahapan penulisan laporan.

12. Hanif Al Fatta
Analisis adalah tahap awal dalam pengembangan sistem yang tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.

13. Effrey Liker
Analisis adalah waktu untuk mengumpulkan bukti, untuk menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.

Kumpulan Contoh Teks Analisis 

Contoh 1

Sampah electronik merupakan sampah yang paling kompleks dibanding sampah-sampa lainnya. Hal itu dikarenakan jenis sampah ini mengandung berbagai macam komponen di dalamnya, mulai dari besi, kawat, tembaga, dan unsur-unsur lainnya. Unsur-unsur tersebut membuat jenis sampah ini sangat sulit terurai secara alami, seperti halnya jenis sampah plastik. Karena tidak bisa diurai secara alami, maka sampah ini akan menjadi limbah yang akan membuat lingkungan semakin tercemar. Adapun langkah-langkah cara supaya sampah ini tidak menimbulkan pencemaran lingkungan adalah mendaur ulang sampah ini menjadi barang berguna. Unsur-unsur yang ada di dalam sampah elektronik bisa didaur ulang menjadi barang yang lebih berguna, entah itu menjadi barang elektronik yang baru ataupun menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Dengan demikian, program pendauurulangan sampah elektronik mesti dikampenyekan dan dilakukan agar jumlah sampah elektronik bisa berkurang, sehingga pencemaran lingkungan pun tidak akan semakin bertambah parah.

Contoh 2

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Manfaat tanaman ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Walaupun  sejak dahulu dikenal memunyai banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan.

Para peneliti mengungkapkan banyak sekali manfaat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tanaman tersebut.

1. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.

2. Lidah buaya juga dikenal bersifat antiinflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskannya gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera, dan lain-lain.

3. Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.

Sudah sangat jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakan untuk kita.