"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 13 September 2019

Pengertian Cita-Cita dan Cara Mengenali Pendidikan dalam Mewujudkannya



Daftar Isi [Tampil]
Pendidikan Budi Pekerti | Pada kesempatan kali ini kita akan akan membahas tentang pengertian cita-cita dan cara mengenali pendidikan dalam mewujudkan cita-cita dalam kehidupan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian cita-cita dan cara mengenali pendidikan dalam mewujudkan cita-cita dalam kehidupan. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik dalam memahami pengertian cita-cita dan cara mengenali pendidikan dalam mewujudkan cita-cita dalam kehidupan.

Pengertian Cita-Cita dan Cara Mengenali Pendidikan dalam Mewujudkannya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian cita-cita dan cara mengenali pendidikan dalam mewujudkan cita-cita dalam kehidupan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian Cita-Cita

Cita-cita adalah keinginan, harapan, atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Tidak ada orang hidup, tanpa berbuat kebajikan, dan tanpa sikap hidup. Ada banyak bentuk cita-cita namun mungkin sebagia orang belum mengerti akan arti cita-cita itu sendiri. 

Cita-cita adalah perasaan hati yang merupakan suatu keinginan yang ada di dalam hati. Cita-cita merupakan bagian atau salah satu dari unsur dari pandangan hidup manusia yaitu sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha. Sesuatu dapat disebut dengan cita-cita apabila telah terjadi usaha untuk mewujudkan sesuatu yang dianggap cita-cita.

Cita-cita itu adalah tujuan hidup dan bagi sebagian yang lain cita-cita itu hanyalah mimpi belaka. Namun bagi orang yang mengnggapnya sebagai tujuan hidupnya maka cita-cita adalah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju dengan langkah yang jelas dan mantap dalam kehidupan ini sehingga ia menjadi sebuah akselerator pengembangan diri.

Cara Mengenali Pendidikan yang Berkualitas dalam Mewujudkan Cita-Cita

Setelah menemukan gambaran cita-cita masa depan, tentu kita akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengapai dan mewujudkan cita-cita tersebut. Sekarang kamu sedang mempersiapkan diri untuk memilih sekolah menengah yang akan kalian masuki. Banyak tawaran pendidikan yang bisa dipilih pada zaman ini. Perlu membuat pertimbangan dan kemudian mengambil keputusan supaya dapat menerima konsekuensi atas pilihan secara bertanggung jawab. Pilihan untuk melanjutkan sekolah ini menjadi tahapan penting dalam mencapai cita-cita. Apakah akan masuk SMA, STM, SMK, dan lain-lain perlu dipertimbangkan dengan matang. Sesudah mengambil keputusan, kita masih harus mempertimbangkan dan mengambil keputusan mau sekolah di mana. Banyak yang perlu dipikirkan masak-masak sebelum memilih. Setiap sekolah memunyai kekhasan masing-masing. Dalam menentukan jenis dan tempat pendidikan yang akan kita pilih, perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Lihatlah jenis pilihan secara lengkap

 Setelah menentukan jenis dan pendidikan yang akan kita tempuh maka kita perlu mengetahuinya secara lengkap. Mengetahui sarana dan prasarana di sekolah yang kita pilih sangat penting untuk mendukung usaha kita mengapai cita-cita yang diidealkan. Apakah di sekolah tersebut tersedia sarana untuk menyiapkan dan membekali diri untuk itu? Apakah sesuai dengan cita-cita kita? Pikirkan matang-matang sebelum memasuki jenis pendidikan yang akan ditempuh, misalnya, apakah mau masuk SMA, SMK, STM, dan lain-lain. Melihat secara lengkap keuntungan dan kekurangan suatu pilihan.

2. Persiapkan diri

Setelah menentukan jenis pendidikannya, kembali kita melihat diri kita sendiri. Pelajari dengan lengkap syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk jenis sekolah pilihan kita. Apa syarat-syarat sekolah pilihan kita? Adakah persyaratan nilai yang harus dipenuhi? Apakah memungkinkan dari segi pembiayaan? Bagaimana dengan izin orangtua? Sudahkah saya siap melihat untung ruginya pilihan itu? Sudahkah aku mengetahui syarat-syarat yang ada? Adakah dari syarat tersebut yang tidak bisa saya penuhi?Apabila sudah sanggup dan mampu dengan berbagai persyaratan itu, berarti sudah mampu memilih dan siap melaksanakan. Andaikan belum, maka mintalah saran dari berbagai pihak terutama orangtua.

Manfaat Rencana dalam Mengapai Cita-Cita

Pelaksanaan merupakan tahap menentukan dalam upaya menuju sukses, seperti bahan bakar amat penting bagi sebuah mobil. Demikian juga dengan rencana, rencana merupakan salah satu unsur penting dalam mencapai sukses meraih cita-cita. Hasil yang akan dicapai merupakan satu-satunya hal yang mendorong dilakukannya upaya tersebut. Kita harus mengetahui mengapa kita melakukan sesuatu. Setelah kita berhasil menentukan rencana maka kita harus mewujudkannya satu persatu dengan teliti.

Rencana tanpa aksi adalah nol. Rencana dan aksi adalah hal yang tidak terpisahkan untuk meraih sukses dalam cita-cita. Kita dapat menumbuhkan tekad serta keinginan yang kuat untuk melaksanakan suatu rencana yang sudah dibuat dengan teratur. Belum pernah ada seorang satpam yang langsung menjadi presiden, tetapi beberapa pengusaha industri besar pertama kali mulai bekerja sebagai penjaga pintu. Dalam pengembangan kariernya, mereka dengan telah susah payah meraih sukses demi sukses; setelah berhasil dengan rencana pertama, mereka meningkatkan sasaran mereka, tujuan, pandangan, aspirasi, dan keinginan, dari satu sasaran ke sasaran berikutnya, higga akhirnya mereka mencapai puncak karier mereka.

Maka kita pun boleh menghitung-hitung berapa besar, berapa tinggi tujuan kita sendiri. Telah berapa lama kita merencanakannya dengan saksama? Cukup besarkah rencana itu sehingga dapat menggerakkan baik diri maupun orang lain?

Untuk dapat melaksanakan suatu aksi perlu rencana yang matang. Misalnya: untuk membagi waktu dengan baik dan jelas maka kita perlu merencanakan pemakaian waktu yang tepat. Dalam meraih sukses tentu tidak lepas dari sebuah rencana. Dengan adanya rencana merupakan kunci sukses mencapai cita-cita. Dengan membuat rencana kita akan mendapatkan berbagai manfaat antara lain:
  1. Bisa merumuskan tujuan dengan baik.
  2. Melaksanakan masing-masing langkah dengan efektif dan efisien.
  3. Menghemat; yaitu menghemat banyak hal antara lain waktu, biaya, dan orang-orang yang terlibat.
  4. Menambah rasa percaya diri dalam mewujudkan yang kita rencanakan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Cita-Cita dan Cara Mengenali Pendidikan dalam Mewujudkannya

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer