"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 04 September 2019

Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contoh Teks Iklan 2019



Daftar Isi [Tampil]
Teks iklan adalah salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat yang dibuat semenarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk, khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Teks iklan juga berarti pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa dijual dan dipasang melalui media massa.

Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contoh Teks Iklan 2019

Berikut ini pengertian, ciri-ciri, fungsi, dan contoh teks iklan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester 1. 
Ciri- Ciri Teks Iklan
  1. Isi iklan dalam iklan headline tidak lebih dari 10 kata dan diharapkan konsumen bisa dapat banyak informasi tentang produk dan jasa.
  2. Pengirim iklan adalah produsen atau dalam bisnis periklanan bisa diwakili oleh biro iklan.
  3. Memiliki daya tarik tertentu sehingga konsumen yang dibidik bisa berhenti dan memerhatikan isi iklan 
  4. Bersifat informatif dan komunikatif
  5. Disusun secara objektif dan jujur
  6. Ditulis singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami
  7. Tidak menyinggung pihak lain atau perusahaan lain
  8. Dapat menarik perhatian banyak orang
Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

1. Memakai Subjek Orang Pertama
Biasanya, teks iklan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal/jamak. Seperti aku, saya, dan kami, untuk mengganti instansi pemasang iklan. Subjeknya dipakai di teks iklan ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

2. Kalimat Persuasif
Maksud kalimat ini bertujuan menyakinkan serta membujuk pembaca atau pembeli agar menerima gagasan penulis terhadap sesuatu. Ada beberapa kalimat persuasif di iklan produk tersebut.

3. Menggunakan Slogan
Slogan ialah kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok. Slogan biasanya berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan secara singkat terhadap suatu produk atau jasa sehingga mudah diingat.

Syarat-Syarat Teks Iklan

1. Menarik perhatian banyak orang
2. Tidak menyinggung pihak lain
3. Jelas dan mudah dipahami
4. Objektif dan jujur

Fungsi Teks Iklan
  1. Sebagai reminder atau pengingat yaitu iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk yang kita iklan tersebut.
  2. Persuasi atau memengaruhi yaitu mengarahkan konsumen untuk membeli produk yang kita iklankan tersebut.
  3. Sarana informasi yaitu menyampaikan produk baru atau ciri-ciri produk yang kita iklankan.
Contoh Teks Iklan



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contoh Teks Iklan 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer