Pengertian Teks Cerita Inspirasi Fiksi Dilengkapi Contoh Teks dan Contoh Soal Terbaru Revisi K13

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel seputar pengertian, contoh teks, dan contoh soal teks cerita inspirasi terbaru menggunakan Kurikulum 2013 bahasa Indonesia kelas IX revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar pengertian, contoh teks, dan contoh soal teks cerita inspirasi terbaru menggunakan Kurikulum 2013 bahasa Indonesia kelas IX revisi.

Pengertian Teks Cerita Inspirasi Fiksi Dilengkapi Contoh Teks dan Contoh Soal Terbaru Revisi K13

Gambar: freepik.com

A. Pengertian Teks Cerita Inspirasi Fiksi

Dikutip dari wikipedia, pengertian fiksi adalah cerita atau latar yang berasal dari imajinasi dengan kata lain, tidak secara ketat berdasarkan sejarah atau fakta. Fiksi bisa diekspresikan dalam beragam format, termasuk tulisan, pertunjukan langsung, film, acara televisi, animasi, permainan video, dan permainan peran. Walaupun istilah fiksi ini awalnya lebih sering digunakan untuk bentuk sastra naratif, termasuk novel, novella, cerita pendek, dan sandiwara. Fiksi biasanya digunakan dalam arti paling sempit untuk segala "narasi sastra".

Karya fiksi merupakan hasil dari imajinasi kreatif, jadi kecocokannya dengan dunia nyata biasanya diasumsikan oleh audiensnya. Kebenaran dalam karya fiksi tidak harus sejalan dengan kebenaran yang berlaku di dunia nyata, misalnya kebenaran dari segi hukum, moral, agama, logika, dan sebagainya. Sesuatu yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata bisa saja terjadi di dunia fiksi.

Dengan demikian, fiksi umumnya tidak diharapkan untuk hanya menampilkan tokoh yang merupakan orang nyata atau deskripsi yang akurat secara faktual. Alih-alih, konteks fiksi, yang tidak persis berpatokan pada dunia nyata, secara umum dipahami sebagai sesuatu yang lebih terbuka terhadap interpretasi.

Tokoh dan peristiwa di dalam dunia fiksi mungkin berlatar di dalam konteks mereka sendiri yang sepenuhnya terpisah dari dunia nyata: suatu semesta fiksi yang mandiri. Fiksi merupakan lawan kata untuk nonfiksi, yang tokoh-tokohnya memegang tanggung jawab untuk hanya menampilkan fakta sejarah dan faktual; akan tetapi, perbedaan antara fiksi dan nonfiksi bisa menjadi tidak jelas, misalnya dalam sastra pascamodern.

Setelah mengerti mengenai pengertian fiksi secara umum maka untuk dapat lebih memahami arti dari fiksi ini, kita dapat melihat pengertian fiksi yang dikemukakan oleh beberapa para ahli diantaranya sebagai berikut :

  1. Menurut Krismarsanti pengertian fiksi merupakan suatu karang yang berisi kisah atau juga cerita yang dibuat dengan berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang.
  2. Menurut Thani Ahma arti fiksi merupakan suatu cerita naratif yang timbul atau muncul dari imajinasi pengarang serta tidak memperdulikan fakta sejarah.
  3. Menurut Henry Guntur Tarigan, fiksi merupakan suatu karya sastra yang berasal dari hasil imajinasi si penulis.
  4. Menurut Semi, pengertian fiksi merupakan jenis narasi literer serta berupa cerita rekaan/khayalan pengarang tanpa memperdulikan realitasnya.

Di bawah ini merupakan ciri-ciri fiksi, diantaranya :

  • Fiksi sifatnya rekaan atau juga imajinasi dari pengarangnya.
  • Di dalam cerita fiksi terdapat kebenaran yang relatif atau  tidak mutlak.
  • Umumnya cerita fiksi menggunakan bahasa konotatif atau bukan sebenarnya.
  • Karya fiksi ini tidak memiliki sistematika yang baku.
  • Umumnya karya fiksi menyasar emosi atau perasaan pembaca, bukan logika.
  • Dalam karya fiksi ini juga terdapat pesan moral atau amanat yang ingin disampaikan pengarang.

Dari beberapa ulasan di atas maka ditarik kesimpulan seputar dengan pengertian teks cerita inspirasi fiksi adalah teks cerita yang menceritakan kisah fiksi atau khayal. Teks cerita inspirasi fiksi menggunakan tokoh rekaan atau latar rekaan (berdasarkan imajinasi pengarang semata). Kadang-kadang terdapat teks cerita fiksi dengan tokoh yang yang digunakan dalam cerita bukan rekaan (berdasarkan kenyataan), tetapi latar yang digunakan bersifat fiktif. Sebaliknya, kadang-kadang dijumpai cerita fiksi yang menggunakan latar bukan rekaan, melainkan tokoh yang digunakan bersifat fiktif.

B. Contoh Teks Cerita Imajinasi

Penebang Kayu Kehilangan Kapak

Pengertian Teks Cerita Inspirasi Fiksi Dilengkapi Contoh Teks dan Contoh Soal Terbaru Revisi K13

Alkisah, ada seorang penebang kayu. Suatu hari dia kehilangan kapaknya, sehingga dia tidak bisa bekerja. Dia mencurigai tetangganya yang mencuri kapaknya.

Pagi itu ketika sang tetangga berangkat dan menutupi peralatan kerjanya dengan kain, rasanya kapaknya pasti disembunyikan disana, apalagi tetangga ini senyumnya terasa tidak tulus. Pasti dia pencurinya.

Besoknya, tetangganya bahkan terasa jadi ramah berlebihan karena biasanya jarang menyapa, kali ini menyempatkan berbasa-basi. Apalagi dilihat hasil tebangan kayunya dua hari ini banyak sekali, pasti dia menebang menggunakan kapak curiannya. Semakin dipikir semakin yakin.

Pada hari ketiga baru disadari ternyata kapaknya tersimpan di laci dapur. Istrinya yg sedang keluar kota menyimpankan disana. Senang benar hatinya karena kapaknya dapat ditemukan kembali.

Dia amati lagi tetangganya yang lewat, dan dia merasa tetangga ini tidak berkelakuan seperti pencuri dan senyumnya juga tulus-tulus saja. Bahkan percakapannya terasa sangat wajar dan jujur. Dia heran kenapa kemarin dia melihat tetangganya seperti pencuri?

Persepsi membentuk kenyataan, pikiran kita membentuk sudut pandang kita. Apa yang kita yakini akan semakin terlihat oleh kita sebagai kenyataan.

Sebagai contoh, apapun yang dilakukan orang yang kita cintai adalah baik dan benar. Anak nakal dianggap lucu, kekasih pelit dianggap berhemat, orang cerewet dibilang perhatian, keras kepala dibilang berprinsip dan makanan tidak enak dibilang bergizi.

Hidup tidak pernah dan tidak ada yang adil, tidak ada benar salah, kita ciptakan sudut pandang kita sendiri. Kita menemukan apa yang kita ingin temukan. Apa yang terlihat bukan kenyataan, kenyataan adalah siapa kita dan bagaimana kita memandang semuanya itu. Pandangan kita berubah mengikuti perubahan jaman dan keadaan.

Sumber: dictio.id

Dua Ekor Kambing

Pengertian Teks Cerita Inspirasi Fiksi Dilengkapi Contoh Teks dan Contoh Soal Terbaru Revisi K13

Dua ekor kambing berjalan dengan gagahnya dari arah yang berlawanan di sebuah pegunungan yang curam, saat itu secara kebetulan mereka secara bersamaan masing-masing tiba di tepi jurang yang dibawahnya mengalir air sungai yang sangat deras. Sebuah pohon yang jatuh, telah dijadikan jembatan untuk menyebrangi jurang tersebut.

Pohon yang dijadikan jembatan tersebut sangatlah kecil sehingga tidak dapat dilalui secara bersamaan oleh dua ekor tupai dengan selamat, apalagi oleh dua ekor kambing. Jembatan yang sangat kecil itu akan membuat orang yang paling berani pun akan menjadi ketakutan.

Tetapi kedua kambing tersebut tidak merasa ketakutan. Rasa sombong dan harga diri mereka tidak membiarkan mereka untuk mengalah dan memberikan jalan terlebih dahulu kepada kambing lainnya.

Saat salah satu kambing menapakkan kakinya ke jembatan itu, kambing yang lainnya pun tidak mau mengalah dan juga menapakkan kakinya ke jembatan tersebut. Akhirnya keduanya bertemu di tengah-tengah jembatan.

Keduanya masih tidak mau mengalah dan malahan saling mendorong dengan tanduk mereka sehingga kedua kambing tersebut akhirnya jatuh ke dalam jurang dan tersapu oleh aliran air yang sangat deras di bawahnya.

Jadi pembelajaran yang dapat kita teladani dari dongeng dua ekor kambing ini adalah lebih baik mengalah daripada mengalami nasib sial karena keras kepala.

Sumber: dictio.id

Batu kecil

Pengertian Teks Cerita Inspirasi Fiksi Dilengkapi Contoh Teks dan Contoh Soal Terbaru Revisi K13

Seorang pekerja pada proyek bangunan memanjat ke atas tembok yang sangat tinggi. Pada suatu saat ia harus menyampaikan pesan penting kepada teman kerjanya yang ada di bawahnya.

Pekerja itu berteriak-teriak, tetapi temannya tidak bisa mendengarnya karena suara bising dari mesin-mesin dan orang-orang yang bekerja, sehingga usahanya sia-sia saja.

Oleh karena itu untuk menarik perhatian orang yang ada di bawahnya, ia mencoba melemparkan uang logam di depan temannya. Temannya berhenti bekerja, mengambil uang itu lalu bekerja kembali. Pekerja itu mencoba lagi, tetapi usahanya yang kedua pun memperoleh hasil yang sama.

Tiba-tiba ia mendapat ide. Ia mengambil batu kecil lalu melemparkannya ke arah orang itu. Batu itu tepat mengenai kepala temannya, dan karena merasa sakit, temannya menengadah ke atas? Sekarang pekerja itu dapat menjatuhkan catatan yang berisi pesannya.

Alloh kadang-kadang menggunakan cobaan-cobaan ringan untuk membuat kita menengadah kepadaNya. Seringkali Alloh melimpahi kita dengan rahmat, tetapi itu tidak cukup untuk membuat kita menengadah kepadaNya. Karena itu, agar kita selalu mengingat kepadaNya, Alloh sering menjatuhkan “batu kecil” kepada kita.

Sumber: dictio.id

C. Contoh Soal Teks Cerita Inspirasi

1. Teks cerita inspiratif termasuk karya ....
A. Ilmiah
B. Sastra
C Fiksi
D. Nonfiksi

2. Teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi yang mampu menggugah inspirasi dan semangat seseorang yang membacanya merupakan pengertian dari ....
A. teks eksplanasi
B. teks diskusi
C. teks narasi
D. teks cerita inspiratif

3. Berikut ini adalah hal yang tidak mungkin ada di dalam teks cerita inspiratif adalah ....
A. Latar suasana
B. Identitas teks
C. Latar tempat
D. Latar belakang tokoh

4. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu … yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.

Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong dapat diketahui melalui ....
A. Dialog tokoh aku
B. Dialog tokoh kamu
C. Tingkah laku tokoh kamu
D. Tingkah laku tokoh aku

5. Hal-hal berikut adalah hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam kisah inspiratif adalah ....
A. Kondisi keuangan tokoh
B. Kekurangan tokoh
C. Kisah perjuangan tokoh untuk mencapai kesuksesan
D. Konflik tokoh dengan orang-orang di sekitarnya

6. Umi, aku malu kepada Allah! Dia hanya menerima 5 ribu tapi begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 5 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu namun sedikitpun aku tak berucap hamdalah?

Paragraf tersebut merupakan bagian ....
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Perumitan peristiwa

7. Sebuah teks cerita inspiratif dapat dijadikan sumber inspirasi dengan alasan ....
A. Cerita lebih mudah dijual ke penerbit
B. Cerita lebih mudah dijadikan skenario film
C. Cerita lebih mudah ditulis ulang
D. Terdapat beberapa hal yang terjadi dalam kisah inspirasi dapat dijadikan contoh teladan bagi pembaca atau pendengar

8. Bejo mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba.

Paragraf tersebut merupakan bagian ....
A. Koda
B. Perumitan peristiwa
C. Resolusi
D. Komplikasi

9. Kalimat yang di dalamnya terdapat kata tidak baku adalah ....
A. Seorang dokter selain bertugas di rumah sakit ia pun bisa mengadakan praktek di rumah.
B. Atlet-atlet Indonesia memenangkan berbagai pertandingan internasional.
C. Peledakan jumlah penduduk di kota-kota besar pada umumnya disebabkan oleh urbanisasi.
D. Dalam segi pengadaan dana, sebenarnya TVRI mempunyai beberapa fasilitas yang menguntungkan.

10. Agar cerita inspiratif bisa benar-benar memberikan inspirasi, di dalamnya mesti memuat alur yang mudah dipahami dan memberikan kesan yang menginspirasi. Alur tersebut yakni ....
A. orientasi, klimaks, konflik
B. bagian awal, tengah, dan akhir
C. bagian pembuka, masalah, simpulan
D. bagian masalah, pengenalan tokoh, komplikasi

11. Pak Alvin adalah seorang mantan pegawai pabrik yang sudah pensiun beberapa tahun. Dia memiliki inisiatif untuk membuka usaha untuk memproduksi makanan ringan untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang-orang di sekitar dia.

Kutipan teks inspiratif tersebut adalah bagian ....
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Perumitan Peristiwa

12. Sejak kecil Maikel memiliki ketertarikan dalam bidang olah raga. Salah satu cabang olah raga kesukaannya adalah bola futsal. Saat baru duduk di bangku SMA, Maikel pernah ditolak saat ingin mengikuti seleksi masuk tim futsal sekolahnya. Alasan utama pada saat itu adalah karena badannya yang terlalu pendek. Selain itu, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan tersebut. [...] Ia tetap berlatih dengan giat setiap hari di rumah. Tidak hanya tekniknya, ia juga melatih fisiknya dengan sangat keras dan disiplin.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks cerita tersebut adalah ....
A. Maikel merasa Tuhan tidak adil dengan hidupnya.
B. Maikel sangat sedih mendengar hal itu, tapi ia tak menyerah.
C. Maikel mengakui semua kelemahannya itu dan pasrah dengan kenyataan yang ada.
D. Maikel tidak suka dengan apa yang diterimanya itu.

13. Menulis cerita inspiratif harus memperhatikan hal- hal di bawah ini, kecuali ....
A. Menggali ide dari banyak sumber
B. Ada yang ingin disampaikan.
C. Tokohnya harus banyak
D. Cerita harus dapat menggugah perasaan

14. Pada zaman dahulu, ada seorang anak laki-laki. Dia cerdas, berbakat, dan tampan.
Penggalan teks tersebut merupakan contoh bagian [...] dalam teks inspiratif.
A. Komplikasi
B. Orientasi
C. Deskripsi
D. Resolusi

15. Yang membedakan cerita inspiratif dengan cerpen terletak pada bagian ....
A. Koda
B. Klimaks
C. Komplikasi
D. Resolusi

16. Anakkku, dalam hidup ini segala sesuatu bisa terjadi di sekitar kita dan menimpa kita. Akan tetapi kitalah yang menentukan menjadi lemah, lebih kuat. Kamu pilih yang mana?
Bagian tersebut merupakan bagian ....
A. Resolusi
B. Koda
C. Orientasi
D. Komplikasi

17. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua yang memiliki hutan-hutan lebat […] memberikan banyak oksigen.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
A. sehingga
B. kemudian
C. yang
D. dan

18. Pak Ahmad adalah seorang mantan pegawai pabrik yang sudah pensiun beberapa tahun. Dia memiliki inisiatif untuk membuka usaha untuk memproduksi makanan ringan untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang-orang di sekitar dia.
Kutipan teks inspiratif tersebut adalah bagian ....
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Perumitan Peristiwa

19. Cerita inspiratif diawali dengan bagian yang disebut ....
A. Orientasi
B. Resolusi
C. Deskripsi
D. Rekomendasi

20. Harun adalah seorang anak dari keluarga yang sederhana. Orang tuanya tidak mampu untuk membiayai Harun untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Walaupun orang tuanya tidak mampu membiayai dirinya ke perguruan tinggi, Harun tetap semangat belajar. Karena Harun tetap semangat belajar dan tidak putus asa, Harun berhasil meraih beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal yang dapat diijadikan pelajaran dari kutipan teks inspirasi tersebut adalah ....
A. Tetap semangat untuk selalu berusaha sebaik mungkin jika menghadapi berbagai tantangan atau masalah dalam hidup ini untuk meraih cita-cita yang diharapkan
B. Tidak perlu berusaha untuk melanjutkan pendidikan jika orang tua tidak mampu.
C. Mintalah bantuan ke pihak yang mampu untuk membantu biaya pendidikan.
D. Berhentilah belajar jika sudah tidak ada kemampuan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan.