"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 06 Februari 2021

Simpulan : Pengertian, Langkah-Langkah, dan Contohnya dalam Paragraf dan Teks



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian simpulan, langkah-langkah menyimpulkan, dan contoh simpulan dalam sebuah paragraf dan berbagai teks. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian simpulan, langkah-langkah menyimpulkan, dan contoh simpulan dalam sebuah paragraf dan berbagai teks.

Simpulan : Pengertian, Langkah-Langkah, dan Contohnya dalam Paragraf dan Teks

Gambar: freepik.com

A. Pengertian Simpulan

Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Untuk memudahkan menyimpulkan paragraf, kita harus mencari ide pokok tiap paragraf. Kemudian, kita merangkai ide-ide pokok tersebut. Selanjutnya, kita meringkas ide pokok tersebut menjadi satu kalimat.

Simpulan dapat berupa kalimat tanggapan. Tanggapan adalah komentar seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, kalian harus tajam menganalisis masalah.

Selain itu, kalian harus peka terhadap masalah yang ada. Tanggapan tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai alasan logis. Alasan tersebut harus memberi dukungan atau solusi permasalahan yang dibahas.

B. Langkah-Langkah Menyimpulkan

Langkah-langkah menyimpulkan teks tanggapan adalah sebagai berikut.

  1. Memperhatikan judul teks. Karena judul teks dapat mewakili isi teks yang akan disajikan nantinya.
  2. Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam teks.
  3. Merangkai ide pokok setiap paragraf menjadi sebuah pernyataan yang ringkas dan sederhana.

C. Aspek-Aspek Menyimpulkan

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam menyimpulkan isi teks adalah sebagai berikut.

  1. Simpulan harus memuat seluruh pokok teks.
  2. Simpulan tidak menyimpang dari isi teks.
  3. Simpulan bukan komentar, melainkan ringkasan isi teks. 

D. Contoh Simpulan Paragraf

Bank sampah merupakan solusi tepat pengelolaan sampah dilingkungan sekitar. Dengan diadakannya sosialisasi mengenai bank sampah yang disertai dengan edukasi mengenai pemilahan sampah, diharapkan masyarakat bisa ikut bergabung menjadi nasabah. Dengan adanya bank sampah pengelolaan sampah bisa menjadi lebih positif dan menguntungkan bagi masyarakat.

Contoh simpulan:

Bank sampah sebaiknya diperbanyak karena pengelolaan sampah menjadi positif dan menguntungkan.

E. Contoh Simpulan Teks

Reog Ponorogo

Tarian Reog Ponorogo adalah tarian daerah yang berasal dari Jawa timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

Sejarah kesenian reog berasal dari cerita rakyat. Ada lima versi cerita yang berkembang namun yang paling terkenal adalah cerita tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu. Diceritakan bahwa Ki Ageng Kutu yang merupakan seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabumi pada abad ke-15. Ia melakukan pemberontakan karena murka akan pemerintahan raja yang korup dan terpengaruh kuat dari istri raja majapahit yang berasal dari cina. Ia lalu meninggalkan sang raja dan mendirikan perguruan bela diri. Namun sadar bahwa pasukannya terlalu kecil untuk melawan pasukan kerajaan, maka ia membuat pertunjukan seni Reog yang merupakan sindiran kepada raja Kertabumi dan kerajaannya.

Tokoh di Tarian Reog Ponorogo ialah Jathil, Warok, Barongan (Dadak Merak), Klono Sewandono, Bujang Ganong (Ganongan). Tokoh ini lah yang menjadikan Inspirasi pada Tarian Reog Ponorogo

Contoh simpulan:

Tarian Reog Ponorogo adalah tarian daerah yang berasal dari Jawa timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Sejarah kesenian reog berasal dari cerita rakyat. Tokoh di Tarian Reog Ponorogo ialah Jathil, Warok, Barongan (Dadak Merak), Klono Sewandono, Bujang Ganong (Ganongan).



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Simpulan : Pengertian, Langkah-Langkah, dan Contohnya dalam Paragraf dan Teks

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer