"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 11 Februari 2021

Jenis Ragam Hias : Geometris, Manusia, Hewan, Tumbuhan, dan Benda Alam



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi seputar jenis ragam hias yang meliputi ragam hias geometris, ragam hias manusia, ragam hias hewan, ragam hias tumbuhan, dan ragam hias benda alam dalam mata pelajaran seni budaya kelas VII revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang jenis ragam hias yang meliputi ragam hias geometris, ragam hias manusia, ragam hias hewan, ragam hias tumbuhan, dan ragam hias benda alam dalam mata pelajaran seni budaya.

Jenis Ragam Hias : Geometris, Manusia, Hewan, Tumbuhan, dan Benda Alam

Gambar: freepik.com

Ragam hias dapat dikelompokkan menjadi lima jenis, yaitu ragam hias geometris, ragam hias manusia, ragam hias hewan, ragam hias tumbuhan, ragam hias benda alam. Ragam hias geometris mencakup pilin, meander, tumpal, kawung, dan swastika. Ragam hias benda alam mencakup air, api, batu, gunung, awan, dan matahari.

Selain motif hias tersebut di atas, dikenal juga motif yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. Motif ini sebagai identitas atau ciri khas daerah, seperti motif hias Papua, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

1. Ragam Hias Geometris

Ragam hias sendiri merupakan bentuk hiasan yang diulang hingga menjadi pola tertentu dalam sebuah karya seni. Ragam ini bisa dihasilkan melalui proses memahat, mencetak, menggambar dan lainnya. Sementara itu, ragam hias geometris adalah ragam hias yang dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif. Ragam ini kerap memanfaatkan berbagai unsur garis seperti garis lengkung, lurus, dan zigzag.

Ragam hias geometris memiliki ciri khas tersendiri, di antaranya:

  • Disusun memanjang dan sambung menyambung hingga membentuk gambar berulang.
  • Polanya disusun dari kumpulan garis, baik garis lurus, zigzag, spiral, dan sebagainya.
  • Aplikasinya bisa ditemukan pada kain batik, candi, ukiran benda, dan kerajinan tangan.
  • Dibuat dengan perpaduan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif ragam hias.

Ragam hias geometris dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Ragam ini juga memiliki motif yang cukup beragam.

Berikut contoh motif ragam hias geometris.

a. Motif Bunga

Motif bunga menjadi salah satu motif andalan untuk pakaian atau gaun wanita. Motif ini juga sering digunakan untuk hiasan dinding. Biasanya, motif bunga dipadukan dengan warna harmonis sehingga lebih enak dipandang.

b. Motif Batik

Pada umumnya, motif batik terdapat pada kain batik dan ornamen hiasan dinding. Motif ini terdiri dari berbagai bentuk dasar seperti belah ketupat, lingkaran, persegi, persegi panjang, dan lainnya. Beberapa motif batik yang beredar di kalangan masyarakat adalah motif batik ceplokan, pilin, tumal, meander, dan swastika.

c. Motif Daun

Motif daun merupakan salah satu motif yang paling sederhana. Meski begitu, motif ini seringkali dipilih sebagai hiasan. Biasanya, digunakan pada pakaian untuk memperindah penampilan dan menunjukkan sisi sederhana.

d. Motif Busur

Motif geometris busur memiliki tingkat estetika yang tinggi. Motif ini dibuat menggunakan bantuan busur, sehingga bentuknya rapi dan simetris. Motif busur dapat ditemukan di berbagai perabotan rumah tangga dan hiasan dinding.

e. Motif Belah Ketupat

Motif geometris menggunakan gambar geometris belah ketupat sebagai objeknya. Biasanya, motif belah ketupat terdapat pada hiasan dinding, anyaman, kain sulam, dan peralatan rumah tangga.

2. Ragam Hias Manusia

Ragam hias figuratif adalah jenis ragam hias yang menggunakan manusia sebagai objek atau motif penggambarannya. Seniman akan meniru bentuk tubuh manusia mulai dari bagian kepala hingga kaki. Selanjutnya bentuk tiruan tubuh manusia ini dikreasikan dengan gaya tertentu.

Proses pembuatan ragam hias figuratif dapat dilakukan dengan cara menggambar, melukis, maupun mengukir. Ragam hias figuratif ini biasanya ada pada kerajinan kayu hingga kerajinan tekstil. Terkadang seniman juga menambahkan motif-motif lain seperti motif flora untuk meningkatkan keindahannya.

Manusia sebagai salah satu objek dalam penciptaan motif ragam hias figuratif memiliki dua unsur, yaitu menyatu dan terpisah. Ragam hias figuratif tradisional umumnya berasal dari daerah timur Indonesia, yaitu Papua. 

Contoh Ragam Hias Figuratif

Motif ragam hias figuratif memiliki dua unsur yaitu terpisah dan menyatu. Contoh ragam hias figuratif yang terpisah adalah topeng. Sedangkan contoh ragam hias yang menyatu adalah wayang.

Kemudian berdasarkan dimensinya, contoh ragam hias dibagi menjadi dua macam yaitu karya seni dua dimensi dan tiga dimensi. Contoh karya seni dua dimensi adalah lukisan atau gambar menggunakan software. Sementara bentuk tiga dimensi dari ragam hias figuratif bisa berupa topeng dan patung.

3. Ragam Hias Hewan

Ragam hias Fauna merupakan ragam hias yang memiliki motif bertema hewan (fauna) yang mejadi objek motif dari ragam hias. Meskipun bertema hewan, namun tidak sembarang hewan dapat dijadikan sebagai motif. Hanya beberapa hewan tertentu yang boleh digunakan sebagai gambar motif. Secara umum, gambaran fauna yang terdapat pada ornamen adalah hasil gubahan ataupun stilirisasi. Sangat jarang ditemukan motif hewan digambarkan secara natural, meski begitu hasil dari gubahan tersebut masih bisa dikenali dengan mudah.

Baik dari bentuk maupun jenis hewan yang digubah. Secara visualisasi, bentuk hewan yang digunakan tak jarang hanya mengambil bagian-bagian tertentu saja kemudian dikombinasikan dengan berbagai macam motif lain. Biasanya, jenis hewan yang digunakan sebagai obyek gubahan adalah burung, naga, kupu-kupu, singa, ular, naga dan lain sebagainya.

Bentuk fauna yang ditampilkan dalam gambar umumnya merupakan wujud dari ragam hias yang telah mengalami berbagai macam perubahan bentuk maupun gaya dari waktu ke waktu. Ragam hias dengan motif fauna bahkan telah mengalami banyak deformasi namun tak sampai menghilangkan bentuk aslinya. Umumnya gagam hias fauna juga dikombinasikan dengan berbagai motif yang lain seperti ragam hias flora agar menciptakan pola yang bervariasi.

Motif dari ragam hias fauna tersebut sangat sering dijumpai di karya batik, sulaman, ukiran, anyaman, pahatan, tenun, serta kain bordir. Motif fauna kerap dijadikan sarana untuk mengenalkan kearifan lokal suatu daerah tertentu di wilayah Indonesia. Misalnya saja, motif cendrawasih dari Papua, komodo dari Nusa Tenggara Timur, dan gajah dari Lampung.

Berikut contoh dari ragam hias fauna.

a. Kupu-Kupu

Contoh yang pertama adalah, ragam hias dengan motif kupu-kupu. Secara umum, motif ini kerap ditampilkan dengan gambaran sayap terkembang,dan juga kerap ditemukan pada motif semen serta ceplok

b. Burung

Selanjutnya ada ragam hias burung yang juga sangat sering digunakan. Setidaknya terdapat tiga jenis ornamen atau motif burung yang kerap digunakan dalam ragam hias. Misalnya saja burung phoenix, burung merak, dan juga motif burung khayalan yang tidak ada di kehidupan nyata. Motif burung juga dipergunakan sebagai motif pengisi selain motif pokok. Namun tampilannya lebih dominan dibanding dengan motif yang lainnya.

c. Naga

Naga menjadi makhluk mitologi atau khayalan yang seringkali digunakan dalam motif ragam hias. Hewan ini biasanya digambarkan berupa ular berukuran besar yang mempunyai kekuatan yang luar biasa dan juga sakti mandraguna. Kebanyakan motif naga tersebut juga digambarkan memiliki kepala raksasa yang mengenakan mahkota, kadang juga bersayap, bahkan ada yang memiliki kaki. Penggambaran yang megah, menghadirkn makna yang mendalam tentang filosofis naga.

d. Hewan Berkaki Empat

Motif dalam ragam hias yang selanjutnya ialah hewan berkaki empat. Dan yang sering digunakan ialah hewan seperti lembu, gajah, kijang, singa hingga harimau. Hewan tersebut digambarkan dengan cara yang unik misalnya seperti gajah yang diberi motif bunga atau tumbuhan lainnya. 

4. Ragam Hias Tumbuhan

Flora ialah sebutan buat menyebut tumbuh- tumbuhan. Jadi, Ragam hias flora ialah macam hias ataupun motif yang mempunyai wujud ataupun objek tumbuh- tumbuhan. Ragam hias mempunyai pengertiannya sendiri. Terlepas dari jenisnya yang mencangkup flora, fauna, geometris maupun figuratif.

Pola tanaman berbentuk macam hias flora dalam wujud lukisan ataupun ukiran memanglah banyak disukai. Sentuhan estetis dari pola bunga ataupun dedaunan senantiasa sesuai dijadikan bagaikan pemanis ataupun riasan. Nah, kalian dapat memilah bermacam berbagai macam hias flora yang umumnya terbuat dengan pola- pola berikut.

a. Ragam Hias Bunga

Pastinya banyak tipe bunga menawan yang kalian tahu di Indonesia dengan bermacam- macam corak serta wujudnya. Tipe bunga- bungaan memanglah sejuk serta aman buat dipangan. Oleh sebab itu, banyak pola bunga- bungaan yang terbuat ilustrasi berupa lukisan pada media kain batik ataupun ukiran di vas bunga.

b. Ragam Hias Dedaunan

Tidak hanya motif bunga, motif daun pula jadi salah satu motif yang disukai. Warna dedaunan dengan corak yang terang umumnya membagikan kesan riang serta senang. Tidak heran bila banyak kain batik dengan macam hias dedaunan yang terbuat buat baju acara. Nah, macam hias ini diseleksi supaya dapat membagikan kesan berbahagia untuk orang yang melihatnya.

c. Bunga serta Dedaunan

Campuran dari macam hias bunga serta dedaunan umumnya dikombinasikan buat lebih menunjukkan kesan elok. Gabungan pola bunga serta dedaunan hendak timbul bagaikan pola yang nampak lebih semarak. Nah, gabungan warna ini pula umumnya banyak dipakai pada media kain batik.

d. Daun Paku

Tipe daun paku yang wujudnya memanjang ini bisa jadi hendak menegaskan kalian pada eksperimen riset di sekolah. Ya, tipe daun memanjang dengan garis tegas ini mempunyai arti yang lebih berwibawa. Tidak heran bila campuran corak yang digunakan buat macam hias flora ini lebih tajam serta harga kain batiknya dibanderol dengan harga yang lebih besar.

e. Batik Berakar

Bila dilihat dari polanya, macam hias batik berakar lebih rumit serta ramai dibanding pola yang lain. Kerap terbuat pada media kain batik, umumnya warna ini dikombinasikan di atas kain bercorak putih ataupun gelap. Motif kain batik ini kerap kali diseleksi oleh para perempuan serta cenderung identik dengan wujud ibu- ibu.

f. Lukisan Bunga Naga

Macam hias flora satu ini bisa jadi lumayan rumit untuk sebagian orang. Tetapi, pola bunganya pula disukai sebab membagikan kesan elegan serta elok. Umumnya, pola macam hias bunga naga terbuat dalam sebagian sesi. Ya, sebab pola bunganya tidak gampang buat dituntaskan dalam satu kali pengerjaan serta dapat dibesarkan dalam sebagian wujud.

g. Bunga Mawar dan Kembang

Warna bunga mawar banyak ditemui pada media kain, riasan, ataupun ukiran. Ya, lukisan bunga mawar pula umumnya dikombinasikan dengan kembang. Macam hias flora ini umumnya terbuat dalam pola yang lebih tertib serta kesekian. Tidak hanya kerap dipakai buat pola kain batik, kalian pula bisa jadi menciptakan pola ini pada warna di lantai.

h. Tenun Kembang Mahkota

Pola kain tenun berbentuk macam hias flora ini umumnya nampak semacam warna bunga pada biasanya. Tetapi, kalian dapat memandang pada bagian ujung tiap pola buat memandang bagian mahkota dari istilah yang diartikan. Tidak hanya kain tenun, bisa jadi kalian pula dapat menciptakan pola ini pada media ukiran, ubin, ataupun ventilasi di bangunan.

i. Tenun Tumbuhan Cemara

Wujud tumbuhan cemara yang diilustrasikan dalam macam hias flora umumnya hendak timbul bagaikan pola ikonik. Walaupun gampang dikenali, warna ini tidak membosankan serta malah banyak terbuat bagaikan kreasi tenunan yang elok. Proses tenun ini lumayan menghabiskan waktu sehingga harga kain lumayan besar.

j. Campuran Burung serta Dedaunan

Ragam hias flora pula kerap kali dikombinasikan dengan motif burung. Umumnya, pola ini timbul dalam gabungan pola pepohonan serta burung yang hinggap di dahannya. Nah, pola ini lebih banyak timbul bagaikan ukiran pada bahan kayu ataupun batu. Sebagai riasan, gabungan ragam hias burung serta dedaunan lumayan terkenal serta disukai banyak orang.

5. Ragam Hias Benda Alam

Alam benda tidak akan kehabisan ide untuk memberikan inspirasi pada penikmat gambar. Alam dan benda akan menyajikan berbagai bentuk gambar, dan bisa menjadi inspirasi gambar. Jika 7 orang sedang melukis suatu alam atau benda dalam sudut pandang yang berbeda maka hasil gambar yang di hasilkan akan berbeda. Walaupun objeknya sama tetapi bentuk dan sudut pandang gambar akan berbeda. Dibawah ini kita akan membahas mengenai gambar ragam hias alam benda antara lain:

a. Gambar Ragam Hias Alam

Alam akan menyajikan pemandangan yang berlimpah, bukan hanya pegunungan, laut, air terjun, namun Gedung-gedung tinggi juga menjadi gambar ragam hias alam buatan manusia. Berikut ini adalah beberapa gambar ragam hias alam antara lain.

b. Gambar Ragam Hias Benda

Gambar ragam hias benda merupakan gambar yang terinspirasi dari benda misalnya gelas, buah yang di susun, jam dinding, sepatu dan lainnya. Setiap benda bisa menjadi objek gambar, pelukis akan memilih sudut pandang yang baik agar mendapatkan gambar yang bagus.



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Ragam Hias : Geometris, Manusia, Hewan, Tumbuhan, dan Benda Alam

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer