"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 06 Desember 2020

Contoh Soal Gabungan AKM dan HOTS (Terbaru) Dilengkapi Kunci dan Pembahasannya



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal AKM dan HOTS mata pelajaran bahasa Indonesia SMP. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal AKM dan HOTS mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh soalnya bisa kalian lihat di bawah ini!

Contoh Soal Gabungan AKM dan HOTS (Terbaru) Dilengkapi Kunci dan Pembahasannya

1. Bacalah kutipan teks berikut ini!

"Ya ampun!" ujar seorang wanita. Dia adalah pembuat keramik yang sering mengunjungi tempat tersebut. "Jendela ini lupa ditutup selama akhir pekan! Lihat, tempat ini menjadi kotor sekali. Kau boleh bermain-main dengan tanah liat, Ibu mau mengambil lap pembersih, "katanya kepada anak gadisnya.

Si gadis kecil itu melihat segumpal tanah liat di dekat jendela.

"Wah kebetulan sekali ada tanah di sini, cocok sekaliu," katanya.

Tak lama kemudian si gadis kecil menekan dan meramas-remas si Tanah Liat menjadi bentuk yang diinginkan. Bagi si Tanah, jari-jari si gadis itu seperti sentuhan lembut yang sangat menyenangkan.

Si gadis terus bekerja sambil berpikir. Tangannya bergerak membentuk sesuatu. Si Tanah merasakan tangan halus gadis itu membentuknya menjadi sebuah benda bundar dengan kosong di tengahnya. Dengan sejumput tanah liat, dibentuknya pegangan untuk tangan.

"Ibu, ibu," panggil si gadis kecil, "Aku membuat cangkir!"

"Bagus sekali!" ujar ibunya. "Simpan saja di dalam rak, nanti kita bakar di dalam tungku. Kau dapat mengecatnya dengan warna kesukaanmu."

Tak lama kemudian si cangkir itu telah siap dibawa kerumahnya yang baru. Sekarang dia tinggal di rak dapur, berdekatan dengan cangkir-cangkir lainnya, piring, serta peratan dapur. Mereka tampak berbeda satu dari lainnya. Beberapa cangkir itu ada yang sangat indah.

Sumber: dok. Kemendikbud

Si gadis kecil adalah orang yang sangat penting dalam cerita ini. Jelaskan mengapa dia penting di dalam semua kejadian cerita itu?

Jawaban:

Cerita di atas mengisahkan tanah liat yang sudah lama tidak tersentuh oleh siapa pun. Tanah liat tersebut ingin agar dirinya menjadi sesuatu yang berguna. Gadis kecil dalam cerita di atas merupakan orang yang sangat penting dalam cerita tersebut karena ia berhasil membuat tanah liat menjadi sebuah barang yang berguna sesuai harapan si tanah liat itu.

2. Bacalah paragraf kutipan teks berikut!

Suatu hari, sekumpulan anak datang ke tempat itu bersama dengan gurunya. Tangan-tangan kecil itu mengambil tanah di penyimpangan. Hanya segumpal tanah liat itu yang tersisa untuk diambil, akhirnya dia keluar juga ! "Inilah kesempatanku yang paling besar!" dia pikir sambil memincingkan ke cahaya.

Seorang anak laki-laki menyimpan tanah itu ke dalam alat pemutar dan memutarnya sekencang mungkin. "Ini sungguh menyenangkan!" pikir si Tanah liat. Anak itu mencoba menarik tanah itu ke atas sambil terus memutarnya. Si Tanah liat itu merasa sangat senang karena dia telah menjadi sesuatu! Setelah mencoba membuat sebuah mangkuk, si anak kecil itu akhirnya menyerah. Tanah itu dileburkannya lagi dan dibulatkan menjadi mirip sebuah bola.

"Sudah waktunya untuk membersihkan diri!" kata Pak Guru. Dan tempat kerja itu pun ramai dengan suara anak-anak menggosok, menyabuni, membilas, dan mengeringkan tangannya. Air berceceran di mana-mana. Anak laki-laki itu menyimpan bola tanah itu di dekat jendela dan bergegas bergabung dengan teman-temannya. Sesaat kemdian, tempat itu pun menjadi kosong . Ruangan menjadi sangat sepi dan gelap. Si Tanah liat sangat ketakutan. Tidak saja dia kehilangan tempatnya yang nyaman di dalam tempat penyimpanan yang lembab, dia tahu bahwa dia berada dalam bahaya.

"Habislah sudah, " dia berpikir. Aku akan tinggal di sini dan mengering, sekering batu."

Dia duduk di dekat jendela yang terbuka, tidak dapat bergerak. Dia merasakan cairan yang keluar dari tubuhnya. Sinar matahari mulai meredup, dan angin malam mulai berhembus. Sampai akhirnya dia mengeras sekeras batu. Dia sedemikian keras, sehingga tidak lagi mampu berpikir. Dia hanya tahu bahwa dia sudah tidak punya teman.

Si anak laki-laki telah meninggalkan segumpal tanah liat itu dalam bahaya. Bahaya apakah itu?

Jawaban:

Bahaya yang dimaksud dalam cerita di atas yaitu tanah liat akan mengering dan mengeras sehingga harapannya untuk menjadi sesuatu mungkin tidak akan terwujud.

3. Bacalah kutipan berikut!

Di lantai atas, di dalam sebuah menara tua, pernah ada tempat kerja. Tempat itu adalah tempat pembuatan keramik. Penuh dengan cat warna-warni , alat pemutar keramik, tungku pembakaran, dan tentu saja tanah liat. Dekat jendela ada sebuah tempat penyimpanan besar yang terbuat dari kayu dengan pintu penutup yang kuat. Di sanalah tanah liat itu disimpan. Di bagian paling bawah, hampir di pojok tempat itu, ada sengumpal tanah yang sudah lama berada di sana. Dia hampir tidak ingat kapan terakhir dia diambil untuk dibuat keramik. Setiap hari pintu penutup yang kuat itu dibuka. Segumpal tanah liat itu dapat mendengarkan betapa gembiranya orang-orang yang sibuk bekerja di sana.

"Kapan aku mendapat giliran?" tanyanya. Seiring hari berlalu, di dalam penyimpanan yang gelap, segumpal tanah liat itu kehilangan harapan.

Suatu hari, sekumpulan anak datang ke tempat itu bersama dengan gurunya. Tangan-tangan kecil itu mengambil tanah di penyimpangan. Hanya segumpal tanah liat itu yang tersisa untuk diambil, akhirnya dia keluar juga ! "Inilah kesempatanku yang paling besar!" dia pikir sambil memincingkan ke cahaya.

Seorang anak laki-laki menyimpan tanah itu ke dalam alat pemutar dan memutarnya sekencang mungkin. "Ini sungguh menyenangkan!" pikir si Tanah liat. Anak itu mencoba menarik tanah itu ke atas sambil terus memutarnya. Si Tanah liat itu merasa sangat senang karena dia telah menjadi sesuatu! Setelah mencoba membuat sebuah mangkuk, si anak kecil itu akhirnya menyerah. Tanah itu dileburkannya lagi dan dibulatkan menjadi mirip sebuah bola.

Mengapa segumpal tanah liat itu demikian lama berada di tempat penyimpanan?

Jawaban:

Tanah liat berada dibagian paling bawah dan hampir di pojok dari tempat penyimpanan yang terbuat dari kayu. Karena keberadaannya itu, tanah liat menjadi sulit ditemukan sehingga ia berada di tempat penyimpanan dalam waktu yang lama.

4. Perhatikan gambar berikut!


 Apakah manfaat makan ikan menurut infografis di atas?

A. Mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
B. Mengandung vitamin B6 lebih banyak bila dibandingkan dengan udang.
C. Berperan penting dalam pertumbuhan bayi hingga usia 3 tahun.
D. Membantu tubuh memproduksi sel-sel baru
E. Menurunkan kemungkinan terserang penyakit jantung.

Jawaban:

Pilihan B tidak tepat karena kandungan ikan yang lebih banyak dari udang adalah Omega 3, bukan vitamin B.

Pilihan C tidak tepat karena keterangan “hingga usia 3 tahun” bertentangan dengan informasi “Berperan penting dalam peningkatan gizi, terutama 1000 hari pertama”. Kata “terutama” menunjukkan bahwa kandungan ikan akan lebih berperan dalam peningkatan gizi pada anak usia 1000 hari pertama (3 tahun), tetapi bukan berarti tidak berperan setelah anak berusia lebih dari 3 tahun.

Pilihan D tidak tepat karena pada infografis tercantum bahwa kandungan ikan dapat membantu ‘memperbaiki sel-sel yang rusak’. Namun, kata ‘memperbaiki’ (sel yang rusak) memiliki arti yang berbeda dengan ‘memproduksi sel-sel yang baru’.

Pilihan E tidak tepat. Meskipun informasi tentang manfaat ikan untuk jantung terdapat di dalam bacaan, tetapi infografis di atas tidak hanya fokus membahas hal tersebut. Secara keseluruhan, infografisnya membahas berbagai nutrisi yang terkandung dalam ikan beserta manfaatnya.

Pada infografis disebutkan bahwa ikan bergizi tinggi. Bergizi artinya sama dengan mengandung nutrisi. Nutrisi yang terkandung pada ikan dibutuhkan untuk mencegah kerusakan sel tubuh, memperbaiki sel tubuh yang rusak, menjaga pertumbuhan anak terutama 1.000 hari pertama, meningkatkan kecerdasan otak, dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Dengan kata lain, ikan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Jawaban palimg tepat adalah A.

5. Perhatikan kedua teks berikut

 Teks 1

Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun dalam negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah laut Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia.

Teks 2

Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dar 600 pulau. kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata tempat lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman flora dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat memunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Membahas film Edis Paradise 3
B. Membahas keindahanpulau-pulau di Raja Ampat
C. Membahas keragaman flora dan fauna Raja Ampat
D. Membahas objek wisata Raja Ampat E. Membahas pusat segitiga karang dunia

Jawaban: D

Kedua teks tersebut sama-sama membahas tentang objek wisata Raja Ampat. Hal tersebut dapat kita ketahui dari kutipan teks 1 berikut Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun dalam negeri. Selain itu kita dapat pula mengetahui dari kutipan teks 2 berikut Tempat wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata tempat lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik dunia.

6. Perhatikan tabel diagram berikut!

Pedagang Beras

Seorang pemilik toko beras, akan membeli beras untuk persediaan barang pada bulan berikutnya. Penjualan beras untuk bulan Agustus diperkirakan sama dengan penjualan bulan Juli. Sebelum membeli beras, pemilik tokoh membuat catatan tentang persediaan beras dan beras yang terjual dalam bulan Juli yang disajikan dalam bentuk diagram batang berikut.


Pada toko beras tersebut, jenis beras yang paling banyak terjual adalah ....

Jawaban:

Beras Rojolele
Berdasarkan diagram batang di atas, diperoleh hasil sebagai berikut.
Beras IR46 yang terjual adalah 180 kg.
Beras IR42 yang terjual adalah 80 kg.
Beras Rojolele yang terjual adalah 650 kg. 
Beras Pandan Wangi yang terjual adalah 380 kg. Beras merah yang terjual adalah 70 kg.
Dengan demikian, jenis beras yang paling banyak terjual adalah beras Rojolele sebanyak 650 kg.

7. Perhatikan tabel berikut!

Waktu Dekomposisi

Setiap material sampah akan mengalami penguraian. Material sampah dapat berupa sampah anorganik. Waktu yang diperlukan untuk mengurai sempurna disebut sebagai waktu dekomposisi. Berikut waktu dekomposisi berdasarkan jenis material sampah.


 Pilih setuju atau tidak setuju dan ketik penjelasanmu!

Seorang siswa ingin menggabungkan data waktu dekomposisi sampah organik dan anorganik menjadi sebuah diagram batang. Ibu guru tidak menyarankan hal tersebut. Setujukah kamu dengan saran ibu guru? Jelaskan!

Penjelasan:

Ya, saya setuju dengan saran ibu guru agar tidak menggabungkan waktu dekomposisi sampah organik dan anorganik menjadi sebuah diagram batang karena satuan waktunya berbeda. Walaupun satuannya dibuat sama, akan terlihat ketimpangan pada diagram batangnya, sehingga datanya tidak dapat disajikan dengan baik. Coba perhatikan, rata-rata waktu dekomposisi sampah anorganik adalah ratusan tahun. Jika ingin dijadikan dalam bulan atau minggu, maka akan sangat besar angkanya, hingga mencapai ribuan bulan atau minggu. Sedangkan, rata-rata waktu dekomposisi sampah organik adalah beberapa bulan atau minggu, paling lama hanya 5 bulan.

Jadi, data waktu dekomposisi sampah organik sebaiknya tidak digabungkan dengan data waktu dekomposisi sampah anorganik dalam sebuah diagram batang.

8. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1

Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa sadara adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk eksehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, serta pola keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin tunuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan mata. Selanjutnya, olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, makan teratur, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola hidup sehat.

Teks 2

Mengonsumsi pola makan seimbang merupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi tiap individu. Zat gizi tersebut, di antaranya karbohidrat, tepung-tepungan, gula, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat. Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan seimbang dapat meningkatkan konsetrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmasimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.

Perbedaan penggunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 : Bahasa ilmiah Teks, Teks 2 : Bahasa sehari-hari
B. Teks 1 : Bahasa baku, Teks 2 : Bahasa tidak baku
C. Teks 1 : Bahasa Resmi, Teks 2 : Bahasa santai
D. Teks 1 : Bahasa sehari-hari, Teks 2 : Bahasa ilmiah

Jawaban: D

Perbedaan penggunaan bahasa dalam suatu teks dapat kita ketahui dengan menganalisis kosakata yang digunakan. Kosakata tersebut dapat berupa kosakata asli bahasa Indonesia, kosakata asing, bahasa sehari-hari, bahasa lugas, ataupun menggunakan majas. Teks 1 pada kutipan tersebut menggunakan bahasa sehari-hari. Adapun teks 2 pada kutipan tersebut menggunakan bahasa ilmiah.

9. Bacalah teks biografi tokoh tersebut!

Tumbuh menjadi anak bungsu dari lima bersaudara, Andy F. Noya justru menjadi anak nakal. Karena kenakalannya, sang ayah selalu melarang Andy F Noya ketika ia ingin membantu memperbaiki mesin ketik. Selain takut rusak, ayahnya tidak ingin anaknya itu mengikuti jejaknya menjadi tukang servis mesin ketik. Namun apa mau dikata Andy F. Noya kecil memang tidak bisa lepas dari mesin ketik. Ia gemar tulis-menulis sejak bersekolah di SD. Ketika bersekolah di Jayapura, Andy F. Noya gemar mengarang dan menggambar. Ia pernah menjuarai lomba mengarang dan menggambar karikatur. Andy F. Noya memiliki nilai akademis sangat baik. Ia termasuk salah satu lulusan terbaik STM N 6 Jakarta.

Keistimewaan tokoh dalam teks biografi tersebut adalah ....
A. Andy F. Noya merupakan anak bungsu sehingga nakal.
B. Andy F. Noya suka membantu ayahnya mereparasi mesin ketik.
C. Andy F. Noya kecil gemar tulis-menulis sejak bersekolah di SD.
D. Andy F. Noya ingin mengikuti jejak ayahnya menjadi tukang servis mesin ketik.

Jawaban: C

Keistimewaan tokoh menyangkut keunggulan atau keahlian seseorang yang sangat mengagumkan. Teks tersebut menjelaskan masa kecil tokoh Andy F. Noya. Beberapa keistimewaan Andy F. Noya antara lain sejak SD gemar tulis menulis. Ia pernah menjuarai lomba menggarang dan menggambar karikatur. Nilai akademis Andy F. Noya sangat baik sehingga mendapat predikat lulusan terbaik STM 6 Jakarta. Jadi, keistimewaan Andy F. Noya terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A dan B bukan keistimewaan Andy F. Noya, melainkan pernyataan yang terdapat dalam teks biografi tersebut. Pilihan jawaban D tidak sesuai dengan teks biografi tersebut.

10. Bacalah bagian teks berikut!

Etnis Betawi, sebagai sebuah identitas, kini semakin lamah bertahan seiring percepatan perubahan Jakarta yang enggan berhenti. Jumlah pendatang yang tidak pernah surut, budaya asing yang terus menggempur, telah membuat etnis ini semakin tidak terlihat. Padahal, semestinya identitas budaya ini tetap kental meskipun Jakarta telah menjadi sebuah kota metropolitan. Namun, pada kenyataannya identitas Betawi perlahan-lahan tergeser dan terpinggirkan.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. pendahuluan
B. sinopsis buku
C. kelebihan dan kelemahan
D. penutup

Jawaban: A

Kutipan tersebut tergolong teks ulasan. Kutipan teks ulasan tersebut berisi gambaran umum tentang identitas etnis Betawi yang semakin tergeser dan terpinggirkan. Paragraf yang berisi tentang gambaran umum atau deskripsi secara singkat sebuah teks disebut pendahuluan. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan B, C, dan D tidak tepat. Bagian sinopsis berisi pokok-pokok isi buku. Bagian kelebihan dan kelemahan berisi segi menarik dan kekurangan buku. Bagian penutup berisi simpulan karya tersebut. 

11. Bacalah paragraf berikut!

Bagaimanakah cara mencukupi kebutuhan akan sayur-mayur dan variasi gizinya? Pekarangan dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman sayur-mayur. Sementara itu, di sisa lahan pekarangan dapat dibuat kolam untuk budi daya ikan. Jadi, sebagian lahan pekarangan digunakan untuk menanam sayur-mayur dan sebagian lainnya digunakan sebagai kolam ikan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ... 
A. cara mencukupi kebutuhan akan sayur-mayur dan variasi gizi.
B. pemanfaatan pekarangan untuk membudi dayakan tanaman sayur-mayur.
C. pembuatan kolam untuk budi daya ikan di sisa lahan pekarangan.
D. penggunaan lahan pekarangan untuk sayur-mayur dan kolam ikan

Jawaban: D

Paragraf tersebut membahas pemanfaatan lahan pekarangan. Lahan pekarangan dapat digunakan untuk menanam sayur-mayur dan sebagai kolam ikan. Pernyataan tersebut terletak diakhir paragraf sebagai simpulan kalimat-kalimat sebelumnya. Oleh karena itu, gagasan utama paragraf tersebut terletak di akhir paragraf. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

12. Bacalah ilustrasi berikut!

Penetrasi pasar minuman ala luar negeri mengancam keberadaan minuman tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran minuman ala luar negeri lebih menarik. Minuman tradisional kalah bersaing dengan minuman kemasan ala luar negeri. Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman tradisional tanpa bahan pengawet. Minuman tradisional lebih sehat daripada kemasan minuman ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan.

Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju mengonsumsi minuman tradisional karena dikemas menarik dan mudah didapatkan di toko-toko.
B. Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena tidak perlu repot membuat sendiri.
C. Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena kemasannya lebih menarik dan bergengsi.
D. Saya lebih suka mengonsumsi minuman tradisional karena tanpa bahan pengawet dan lebih menyehatkan

Jawaban: D

Tanggapan positif terdapat pada pilihan D. Sementara itu, kalimat tanggapan posotif pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak sesuai dengan ilustrasi tersebut.

13. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Karakter adalah kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karama, budaya, dan adat istiadat. Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan disekolah, tetapi dirumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak-anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudahkah kalian menyadarinya?

Ringkasan tepat bacaan tersebut adalah ...
A. Kunci keberhasilan individu adalah pendidikan karakter.
B. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
C. Pendidikan karakter untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
D. Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar.

Jawaban: D

Ringkasan dalam bacaan tersebut dapat dirangkai dari gagasan pokok kedua paragraf. Gagasan pokok pertama adalah karakter sebagai kunci keberhasilan individu. Gagasan pokok kedua adalah karakter penting bagi pelajar. Jika kedua gagasan pokok tersebut diringkas menjadi Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar. Jadi, ringkasan bacaan terdapat pada pilihan jawaban D. Pilihan jawaban A, B, dan C tidak mewakili ringkasan bacaan tersebut.

14. Bacalah identitas buku berikut!

Judul : Supernova; Akar
Penulis : Dewi "Dee" Lestari Simangunsong
Jenis : Fiksi
Penerbit : Truedee Books Cetakan
Tahun : Cetakan I Oktober 2002
Tebal Buku : 221 Halaman
Panjang Buku : 21 cm
Lebar Buku : 13,5 cm

Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....

A. Dewi Lestari Simangunsong yang akrab dipanggil Dee lahir di Bandung, Jawa Barat, 20 Januari 1976. Ia seorang penulis dan penyanyi Dee pertama kali dikenal masyarakat sebagai anggota trio vokal Rida Sita Dewi. Sejak menerbitkan novel Supernova yang populer pada tahun 2001, ia kemudian dikenal luas sebagai novelis.

B. Kelebihan buku Supernova episode akar tidak lagi banyak dicantumkan footnote. Di sini pengarang juga menyampaikan arti kesetiakawanan tinggi antarsesama backpakker. Dalam novel ini pengarang juga mengajarkan kita dalam penguasaan beberapa bahasa asing dan tidak adanya diskriminasi dalam suatu komunitas.

C. Menurut saya kekurangan dalam novel ini hanya dalam penggunaan bahasa. Terkadang banyak mempergunakan bahasa tingkat tinggi yang tidak semua kalangan dapat memahaminya walaupun penggunaannya tidak sebanyak novel Supernova episode pertama yang berjudul Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh.

D. Talita Luna, kesejatian hidup ada pada batu kerikil yang tertendang ketika kau melangkah menyusuri jalan. Kesejatian hidup ada pada selembar daun kering yang gugur tertiup angin. Kesejatian hidup ada pada air susu ibu yang diminum oleh bayinya. Di Vihara Pit Yong Kiong, Pasuruan, di Pelabuhan Belawan, di Penang, di Bangkok, di Laos, di Golden Triangle, di Cambodia, di Bandung, di manapun kau hidup.

Jawaban: B

Keunggulan buku merupakan kelebihan buku yang diresensi. Paragraf yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban A merupakan kepengarangan. Pilihan jawaban C merupakan kelemahan buku. Pilihan jawaban D merupakan sinopsis buku.



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Gabungan AKM dan HOTS (Terbaru) Dilengkapi Kunci dan Pembahasannya

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer