"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 13 Agustus 2020

Pengertian, Gerak Dasar, Kombinasi, dan Peraturan Sepak Bola (Revisi)



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan materi pokok pembelajaran PJOK SMA kelas sepuluh pokok pembelajaran pengertian sepak bola, keterampilan dasar dalam permainan sepak bola, kombinasi keterampilan gerak permainan sepak bola, dan bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian sepak bola, keterampilan dasar dalam permainan sepak bola, kombinasi keterampilan gerak permainan sepak bola, dan bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi.

Pengertian, Gerak Dasar, Kombinasi, dan Peraturan Sepak Bola (Revisi)

1. Pengertian Sepak Bola

Sepak bola merupakan cabang olahraga permainan yang sangat populer di Indonesia. Cabang olahraga ini relatif disukai masyarakat dari berbagai lapisan dan banyak dilakukan di lingkungan masyarakat. Permainan sepak bola bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan berusaha untuk menjaga gawangnya sendiri agar tidak kemasukan bola. Tujuan utama dari permainan sepak bola ialah menciptakan gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Untuk melakukannya diperlukan keterampilan gerak dasar permainan yang memadai.

2. Gerak Dasar Sepak Bola

Keterampilan gerak dasar dalam permainan sepak bola terdiri atas keterampilan menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stopping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), dan lemparan ke dalam (trow in). Berikut penjelasan mengenai keterampilan gerak yang harus dilakukan dalam permainan sepak bola.

3. Keterampilan Gerak Mengumpan Bola

Keterampilan mengumpan bola dalam permainan sepak bola dapat dilakukan dengan berbagai variasi gerakan. Berikut beberapa variasi keterampilan mengumpan bola.

1. Mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam
Cara melakukannya sebagai berikut.

a. Posisi awal
Berdiri menghadap ke arah gerakan, letak kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap gerakan; sikap kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki yang akan digunakan mengumpan di putar ke luar dan dikunci, pandangan terpusat pada bola.
b. Gerakan
Tarik kaki yang akan digunakan mengumpan ke belakang lalu ayun ke depan arah bola, perkenankan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.
c. Akhir gerakan
Pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah, kaki yang digunakan mengumpan di letakkan di depan, pandangan ke depan.

2. Mengumpan bola menggunakan kaki bagian luar
Cara melakukannya sebagai berikut.

a. Posisi awal
Berdiri menghadap ke arah gerakan bola; letakkan kaki tumpu di samping bola; posisi kedua lengan disamping badan agak terentang; pergelangan kaki yang akan digunakan menendang diputar ke dalam dan dikunci; pandangan terpusat pada bola.
b. Gerakan
Tarik kaki yang akan digunakan menendang ke belakang, lalu ayunkan ke depan ke arah bola bersamaan kaki diputar ke arah dalam, perkenankan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.
c. Akhir gerakan
Kaki yang digunakan menendang agak menyilang depan badan, pindahkan berat badan ke depan, pandangan ke arah gerakan bola.

3. Mengumpan bola menggunakan punggung kaki

Mengumpan bola menggunakan punggung kaki banyak dimanfaatkan untuk memberikan bola jarak jauh antara pemain satu dengan pemain lain dan bola agak deras. Cara melakukan gerakan ini sebagai berikut.
a. Posisi awal
Berdiri menghadap arah gerakan, letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekukdan bahu menghadap gerakan, kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki akan digunakan untuk mengumpan ditarik ke belakang dan dikunci. Pandangan terpusat pada bola.
b. Gerakan
Perhatikan kesiapan pasangan yang akan menerima umpan, tarik tungkai yang akan digunakan untuk mengumpan ke belakang lalu ayun ke depan arah bola. Perkenaan kaki pada bola tepat ditengah-tengah bola.
c. Akhir gerakan
Bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang digunakan mengumpan diletakkan di depan. Pandangan ke depan.

Keterampilan menghentikan bola disebut juga dengan teknik mengontrol bola. Keterampilan ini bertujuan untuk menghantikan atau mengontrol bola saat seorang pemain mendapatkan umpan atau bola liar agar bola tersebut tidak jatuh ke pemain lawan. Jika tidak mengusai keterampilan ini, bola akan mudah lepas dari penguasaan. Hal itu berarti akan mempermudah lawan untuk merebut bola dari penguasaan.

Berikut ini beberapa variasi keterampilan menghentikan bola.
1. Keterampilan gerak menghentikan bola menggunakan punggung kaki
Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Berdirilah menghadap bola dan pandangan mata kearah datangnya bola.
  2. Tekuklah sedikit kaki tumpu. Sedangkan kaki yang digunakan untuk mengontrol bola ditekuk ke depan dengan pergelangan kaki ditekuk ke bawah.
  3. Pada waktu mengontrol bola, punggung kaki dikenakan pada bola. Selanjutnya, hentikan dan kuasai bola.
2. Keterampilan gerak menghentikan bola menggunakan telapak kaki
Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Posisi awal dan menghadap ke arah datangnya bola.
  2. Condongkan badan ke depan, kedua lengan di samping badan.
  3. Sambut datangnya bola dengan telapak kaki menghadap ke depan, pergelangan kaki ditahan, dan tumit menghadap ke bawah.
  4. Posisi bola di antara tanah dan telapak kaki.
3. Keterampilan gerak menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam
Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Sikap tubuh menghadap ke arah datangnya bola.
  2. Putar pergelangan kaki yang digunakan untuk mengontrol bola ke arah luar. 
  3. Tekuk lutut sedikit, angkat kaki yang digunakan untuk mengontrol bola, dan diarahkan ke datangnya bola.
  4. Hentikan bola menggunakan kaki bagian dalam, kemudian kaki ditarik ke belakang, selanjutnya bola dikuasai.
Seorang pemain bola harus memiliki kemampuan untuk menggiring bola secara terampil dan lihai agar dapat menguasai bola dan irama permainan sehingga memenangkan pertandingan tersebut. Tujuan menggiring bola adalah untuk membawa atau mendekatkan bola pada sasaran, yaitu teman atau gawang lawan, mengecoh atau merusak konsentrasi pertahanan lawan, dan menerobos pertahanan lawan.

Berikut ini beberapa variasi keterampilan gerak menggiring bola dalam permainan sepak bola.
1. Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam
Cara melakukannya sebagai berikut.
  • Posisi awal; berdiri menghadap ke arah gerakan, pandangan ke depan, posisi kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki diputar ke luar dan dikunci.
  • Gerakan; dorong bola dengan kaki  bagian dalam ke arah depan dengan posisi kaki agak dibuka ke depan bersamaan kaki tumpu ikut bergerak, bola bergerak ke depan tidak jauh dari kaki di permukaan tanah.
  • Akhir gerakan; bola bergulir di atas tanah, di depan badan. Tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola. Pandangan ke depan arah bola.
2. Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar
Cara melakukannya sebagai berikut.
  •  Posisi awal; posisi berdiri menghadap arah gerakan, pandangan ke depan, posisi kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelengan kaki diputar ke dalam dan dikunci.
  • Gerakan; dorong bola dengan kaki bagian luar ke arah depan dengan posisi kaki agak terangkat dari tanah, tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola, kaki tumpu bergeser bergerak maju.
  • Akhir gerakan; bola bergulir di atas tanah, di depan badan, tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola, pandangan ke depan ke arah bola, berat badan agak condong ke depan.
3. Keterampilan gerak menembak bola ke gawang
Cara melakukannya sebagai berikut.
  • Letakkan bola di depan gawang dengan jarak sekitar 11 meter.
  • Secara satu persatu bola ditendang ke arah gawang bagian dalam atas dan kiri atas.
  • Secara satu persatu bola ditendang ke arah gawang bagian kanan atas dan kiri atas.

4. Kombinasi Gerak Sepak Bola

Berbagai keterampilan gerak tersebut dapat dilakukan dengan kombinasi, misalnya keterampilan gerak mengumpan menggunakan kaki bagian dalam dengan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam secara zig zag. 

Berikut ini beberapa bentuk kombinasi keterampilan gerak dalam permainan sepak bola.
1. Menendang/Menembak Bola Ke Gawang
Latihan teknik menggiring dan menembak ke arah gawang dapat dilatih dengan membuat gawang dari bambu atau lembing. Kemudian berkelompoklah 5 sampai 10 orang dengan formasi berjajar menghadap gawang. Lakukan gerakan menggiring bola ke gawang ± 10 meter dan gerakan menembak bola ke gawang dengan jarak tembak ± 20 meter secara bergantian.
2. Menggiring, Mengumpan, dan Menghentikan Bola
Cara melakukan latihan menggiring, mengumpan, dan menghentikan bola, yaitu pertama-tama buatlah beberapa kelompok yang terdiri atas 5 sampai 10 orang dengan  posisi sejajar. Anggota kelompok yang berada di posisi paling depan menggiring bola sejauh ± 20 meter. Tendang bola dan berputarlah menghadap barisan, setelah itu operkan bola ke teman satu kelompok yang berdiri di depan. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian.
3. Menggiring, Menendang, dan Menghentikan Bola
Cara melakukannya, yaitu berpasanganlah dengan teman kalian kemudian bentuk formasi berbanjar. Jarak untuk menggiring bola, menghentikan, dan menendang kurang lebih 10 sampai 15 meter. Awali gerakan dengan menggiring bola ke depan dengan menempuh jarak lebih 10 sampai 15 meter, lalu bola ditahan dengan telapak kaki, dilanjutkan memutar badan ke belakang. Setelah posisi badan menghadap ke teman, lakukan tendangan bola ke arahnya dan berakhir bola dikontrol (ditahan) teman dengan telapak kaki menggunakan kaki bagian dalam/luar atau kura-kura kaki (punggung kaki). Gerakan dilakukan secara bergantian.

5. Peraturan yang Dimodifikasi

Permainan yang dimodifikasi disebut juga dengan permainan kecil (mini). Hal ini karena permainan dilakukan di dalam lapangan ukuran kecil dengan jumlah pemain yang sedikit dan tidak menggunakan peraturan yang sesungguhnya. Peraturan permainan sepak bola yang dimodifikasi sebagai berikut.
  1. Seorang pemain hanya boleh tiga kali berturut-turut menyentuh bola, dan sentuhan yang ketiga harus merupakan sentuhan terakhir berupa operan kepada teman atau tembakan ke dalam gawang. Sentuhan itu berupa menerima, mengontrol, dan menendang.
  2. Sebelum melakukan tendangan ke dalam gawang, setiap pemain di dalam satu regu harus sudah menerima atau memainkan bola paling sedikit satu kali.
  3. Jika melampaui ketentuan tersebut bola diberikan kepada lawan.
  4. Setiap tim berusaha memasukkan bola ke gawang lawan.
  5. Tidak boleh menjegal kaki lawan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Gerak Dasar, Kombinasi, dan Peraturan Sepak Bola (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer