"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 01 Agustus 2020

Pengertian Hormat dan Taat Kepada Orang Tua dan Guru - Agama Islam



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin  akan membagikan pengertian hormat dan taat kepada orang tua dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas delapan revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian hormat dan taat kepada orang tua dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas delapan revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian hormat dan taat kepada orang tua dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas delapan revisi.

Pengertian Hormat dan Taat Kepada Orang Tua dan Guru - Agama Islam

Pengertian Hormat dan Taat

Hormat adalah sikap menghargai yang diberikan seseorang kepada yang lain yang dianggap berjasa memberikan sesuatu jasa tersebut bisa berupa bimbingan, nasihat, materi, dan sebagainya, sebagai bentuk rasa syukur atau rasa terima kasih atas apa yang diterimanya atau dirasakannya. Taat adalah sikap setuju dan siap melakukan sesuatu yang baik dan benar serta dalam pelaksanaannya dilakukan secara sungguh-sungguh, jujur, bertanggung jawab, dan ikhlas.  

Pengertian Orang Tua dan Guru

Orang tua adalah ibu bapak kita yang melahirkan, mengasuh, mendidik, dan membesarkan kita. Guru adalah orang yang berprofesi sebagai pendidik dan pengajar siswa-siswinya di sekolah (guru formal) atau lembaga non-formal seperti di tempat les dan sebagainya. 

Hormat dan Taat kepada Orang Tua

Orang tua; orang yang berjasa dalam hidup kita. Orang tua; yang yang merawat dan membesarkan kita. Allah memerintahkan kita untuk berbuat baik, hormat, taat dan berbakti kepada kedua orang tua, terutama ibu (Lihat Q.S. Luqman/31:14). Kita tidak akan mampu membalas jasa kedua orang tua. Kewajiban seorang anak; berbakti kepada kedua orang tua.

Setiap anak wajib merawat orang tua yang sudah lanjut usia (Q.S. Isra/17:23). Setiap anak tidak diperkenankan mengatakan kata kasar, bahkan kata "ah" pun dilarang. Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu perbuatan yang dicintai Allah swt. (H.R. Bukhari dan Muslim). Amal yang paling dicintai Allah; shalat pada waktunya berbuat baik kepada kedua orang tua, dan jihad di jalan Allah (H.R. Bukhari dan Muslim). Berbuat baik kepada orang tua merupakan amalan penting yang harus dilakukan oleh setiap manusia.

Guru adalah orang yang mengajarkan ilmu pengetahuan kepada kita. Guru tidak terbatas hanya yang ada di sekolah, tapi yang mengajar ngaji atau materi di tempat les juga disebut guru. Siapa saja yang pernah menyampaikan ilmu pengetahuan disebut guru, baik itu orang tua, ustaz, kiai dan lain-lain. Setiap muslim wajib menghormati dan mentaati guru, selagi tidak memerintahkan kepada kemaksiatan kepada Allah. Kita harus menghormati dan menjaga perasaan guru, karena berkahan ilmu ada pada keridhaan guru.

Implementasi Hormat dan Taat

1. Terhadap Orang Tua
  • Taat terhadap nasihat yang diberikan.
  • Merendahkan di hadapan orang tua.
  • Tidak berkata keras, apalagi kasar.
  • Tidak membentak.
  • Merawat mereka dengan baik.
  • Mendoakan mereka.
  • Meminta izin.
2. Terhadap Guru
  • Menyapa dan mengucapkan salam ketika bertemu.
  • Menaati mereka.
  • Bertutur kata yang halus dan sopan
  • Siap membantu jika dibutuhkan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Hormat dan Taat Kepada Orang Tua dan Guru - Agama Islam

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer