Download RPP 1 Lembar Al-Quran Hadis Materi Tauhid Kita

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar MTs mata pelajaran Al-Quran Hadis materi pokok Tauhid Kita (Mengesakan Allah melalui Pengakuan Ciptaan dan Peribadatan) revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar MTs mata pelajaran Al-Quran Hadis materi pokok Tauhid Kita (Mengesakan Allah melalui Pengakuan Ciptaan dan Peribadatan). Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami materi pokok Tauhid Kita (Mengesakan Allah melalui Pengakuan Ciptaan dan Peribadatan).

Download RPP 1 Lembar Al-Quran Hadis Materi Tauhid Kita

Semoga perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar MTs mata pelajaran Al-Quran Hadis materi pokok Tauhid Kita (Mengesakan Allah melalui Pengakuan Ciptaan dan Peribadatan) apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran RPP yang nantinya akan digunakan dalam mengajar anak didik di sekolah. Dan semoga Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesabaran dalam mendidik anak didik agar apa yang mereka cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Selanjutnya, admin akan menjelaskan secara singkat isi yang terdapat dalam perangkat pembelajaran yang admin bagi ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Menghayati keesaan Allah sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), An-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112).
  2. Terbiasa beribadah dan berdoa sebagai penerapan isi kandungan Q.S. Al-Fatihah (1), An-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112) dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Memahami isi kandungan Q.S. Al-Fatihah (1), an-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112) tentang keesaan Allah
  4. Menunjukkan contoh sikap orang yang memiliki tauhid sesuai isi kandungan Q.S. Al-Fatihah (1), An-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112).

Tujuan Pembelajaran

  1.  Menerjemahkan Q.S. al-Fatihah (1), An-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112) melalui demonstrasi.
  2. Menjelaskan isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), An-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112) tentang keesaan Allah melalui diskusi dengan benar.
  3. Mengaitkan kandungan Q.S. al-Fatihah (1), An-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112) tentang keesaan Allah dengan kehidupan dan melalui diskusi dengan benar.
  4. Mengidentifikasi ciri-ciri orang yang mengesakan Allah dalam kehidupannya melalui diskusi dengan benar.
  5. Membaca Q.S. al-Fatihah (1), An-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112) dengan fasih dan tartil melalui demonstrasi.
  6. Menghafal Q.S. al-Fatihah (1), An-Nas (114), Al-Falaq (113) dan Al-Ikhlas (112) secara fasih dan tartil dengan benar melalui demonstrasi.

Media Pembelajaran

  1. Mushaf al-Quran dan terjemahannya
  2. Buku pegangan siswa Kemenag
  3. Buku pegangan siswa al-Quran dan Hadits MTs VII, Penerbit Erlangga, Jakarta 2016.
  4. Buku pedoman guru, kemenag
  5. Gambar/video/multimedia interaktif
  6. Akses internet yang sesuai kebutuhan
  7. Sumber lain yang menunjang

Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru mengucapkan salam dan berdoa.
  • Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  • Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
  • Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok diantaranya model direct instruction (model pembelajaran langsung) yang termasuk dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral systems family of model).
b. Kegiatan Inti
  • Guru mengajak peserta didik mencermati gambar yang terdapat dalam buku ajar.
  • Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
  • Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan dari soal yang terdapat di rubrik.
  • Guru mengajarkan  bagaimana menghargai orang yang berbicara.
  • Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik.
c. Kegiatan Penutup
  • Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  • Melakukan penguatan materi pelajaran.
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
  • Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran berikutnya.
  • Guru bersama-sama 

Penilaian Pengetahuan

  1. Sebenarnya apa sih yang diharapkan orang-orang dengan mengirim sms kepada dukun dan sejenisnya.
  2. Siapakah yang menciptakan alam semesta dengan segala keindahannya?
  3. Mengapa ya masih banyak orang yang percaya dengan meminta kepada benda yang tidak dapat mendatangkan manfaat dan bahaya tanpa seizin Allah?
  4. Bagaimana ya agar kita tenang dalam menghadapi masa depan tanpa ramalan dan semacamnya. 
Silakan Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar MTs mata pelajaran Al-Quran Hadis materi pokok Tauhid Kita (Mengesakan Allah melalui Pengakuan Ciptaan dan Peribadatan) di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun, perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar MTs mata pelajaran Al-Quran Hadis materi pokok Tauhid Kita (Mengesakan Allah melalui Pengakuan Ciptaan dan Peribadatan) khusus buat Bapak Ibu Guru yang mengajar di kelas VII. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik. Download selengkapnya di link berikut ini!

Download RPP Al-Quran Hadis Materi Tauhid Kita  

DOWNLOAD SEKARANG