"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 24 Juni 2020

Download RPP 1 Lembar Materi Yesus Sang Pendoa Agama Katolik Kelas VII



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi "Yesus Sang Pendoa" revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi "Yesus Sang Pendoa" revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi tentang "Yesus Sang Pendoa" yang disampaikan oleh Bapak dan Ibu Guru.

Download RPP 1 Lembar Materi Yesus Sang Pendoa Agama Katolik Kelas VII

Suatu kebahagiaan bisa berbagi dengan Bapak dan Ibu Guru mata pelajaran agama Katolik melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar ini. Kiranya, RPP ini menjadi terobosan baru buat kita dalam mencapai kesuksesan proses belajar mengajar di kelas. Dan yang paling utama adalah apa yang kita sampai dapat diterima oleh anak didik kita dengan baik. Dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kesabaran dalam mendidik anak didik di sekolah demi kemajuan bersama. Dan selanjutnya admin akan menjelaskan secara garis besar tentang isi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang admin bagikan ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, gotong-royong), santum, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan sikap yang baik.
  2. Jujur dalam meneladani berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus.
  3. Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani.
  4. Merencanakan aktivitas/kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator 

  1. Menjelaskan alasan orang berdoa
  2. Menjelaskan isi doa pada umumnya
  3. Menyebutkan sikap-sikap berdoa seperti yang diajarkan oleh Yesus
  4. Meneladan sikap berdoa yang diajarkan Yesus berdasarkan Kitab Suci
  5. Mengembangkan hidup doa dalam hidup sehari-hari

Kegiatan Pembelajaran


a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Doa pembukaan : Seorang siswa dipersilakan untuk berdoa secara spontan.
  2. Guru menanyakan tugas-tugas yang dikerjakan pada pelajaran sebelumnya.
  3. Guru mengecek kesiapan belajar siswa dengan bertanya jawab tentang materi pelajaran minggu sebelumnya.
  4. Guru memberi pengantar singkat.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
  1. Guru mengajak peserta didik untuk mengingat kembali kehidupan doa mereka.
  2. Guru membentuk kelompok kecil dan dalam kelompok kecil tersebut peserta didik diminta untuk membagikan pengalaman doa dan mereka lakukan.
  3. Setelah sharing peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok.
  4. Guru memberikan pokok-pokok penegasan.
  5. Peserta didik diminta untuk menyimak bacaan Kitab Suci dari Injil Matius 6:5-15.
  6. Guru mengajak peserta didik untuk memberi tanggapan atas kutipan Injil tersebut.
  7. Guru dapat memberikan peneguhan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
  1. Guru meminta peserta didik untuk membuat doa secara spontan yang di dalamnya ada unsur pujian, syukur, dan permohonan.
  2. Guru meminta peserta didik untuk melakukan refleksi pribadi berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini dan hasil refleksinya diminta untuk diungkapkan secara tertulis.
  3. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan di rumah masing-masing.
  4. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak peserta didik berdoa bersama.

Penilaian Pengetahuan

Tes Tertulis Uraian
  1. Jelaskan alasan orang berdoa.
  2. Apa saja isi doa yang baik? Berikan penjelasannya.
  3. Sebutkan sikap-sikap berdoa seperti yang diajarkan oleh Yesus 
Kunci Jawaban
  1. Doa menjadi sumber kekuatan kita sebagai seorang beriman. Dalam doa,kita dapat berdialog, mendengarkan Tuhan dan menyampaikan segala sesuatu kepada-Nya.
  2. Doa yang baik (menurut isi Birkat Hamazon) paling tidak berisi tiga hal, yaitu Pujian, syukur, dan permohonan. Jadi dalam berdoa hendaknya kita tidak hanya meminta-minta saja tanpa ada unsur pujian dan syukur kepada Tuhan.
  3. Sikap berdoa yang baik disampaikan oleh Yesus, yaitu:
  • Masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi.
  • Dalam berdoa janganlah bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah.
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi Yesus Sang Pendoa di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun RPP 1 lembar yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang membawakan mata pelajaran agama Katolik di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu meringankan beban kerja rekan guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang nantinya akan digunakan sebagai bahan acuan dalam proses belajar di kelas. Selengkapnya, silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload RPP link di bawah ini. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Download RPP Agama Katolik Kelas VII


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Materi Yesus Sang Pendoa Agama Katolik Kelas VII

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer