"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 29 Juni 2020

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik : Membangun Diri Seturut Teladan Yesus



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik materi pembejaran membangun diri seturut teladan Yesus revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik materi pembejaran membangun diri seturut teladan Yesus. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi membangun diri seturut dengan teladan Yesus.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik : Membangun Diri Seturut Teladan Yesus

Kebahagiaan tersendiri buat admin karena bisa berbagi dengan semua Bapak Ibu Guru di mana pun berada melalui perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik materi pembejaran membangun diri seturut teladan Yesus ini. Semoga dengan adanya RPP ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang nantinya akan digunakan mengajar di dalam kelas. Dan kiranya materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik bagi anak didik dan dapat memahami materi membangun diri seturut teladan Yesus. Selanjutnya admin akan menjelaskan garis besar isi dari RPP yang dibagikan ini. 

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dalam alam dalam jankauan pergaulan dan keberadaanya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkeret (menggunakan, menguarai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan rana abstrak (Menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Beriman akan Yesus yang memperjuangkan nilai-nilai Kejaraan Allah.
  2. Percaya diri dalam mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah yang diperjuangkan Yesus Kristus.
  3. Memahami nilai-nilai Kerjaan Allah untuk mengembankan hidup bersama.
  4. Melakukan aktivitas (misalnya menemukan dan menuliskan ayat-ayat Kitab Suci/ menghias ayat Kitab Suci/membuat motto) yang berhubungan dengan nilai-nilai Kerajaan Allah demi hidup bersama yang lebih baik.

Tujuan Pembelajaran

Peserta Didik Mampu
  1. Menyebutkan tokoh-tokoh di masyarakat yang dapat menjadi idola.
  2. Menjelaskan bahwa Yesus adalah Sang Inspirator.
  3. Menunjukkan sikap-sikap Yesus sebagai sang Inspirator.
  4. Menaladan sikap Yesus dalam hidup sehari-hari.

Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahulauan (10 menit)
  • Doa pembuka: Seorang siswa dipersilahkan untuk berdoa secara spontan.
  • Guru mengecek kesiapan belajar siswa dengan bertanya jawab tentang materi pembelajaran minggu sebelumnya.
  • Guru memberi pengantar singkat.
2. Kegiatan Inti (95 menit)
  • Guru mengadakan dialong dengan peserta didik tentang tokoh-tokoh idola dari para remaja, memalui beberapa pertanyaan sebagai berikut: 1) Siapakah tokoh idolamu? Mengapa memilihnya sebagai tokoh idola? 2) Apa yang kalain kagumi dari tokoh idolamu itu? 3) Apa usaha yang kamu lakukan untuk meneladan tokoh idolamu?
  • Setelah tanya jawab, guru dapat memberikan peneguhan yang menyampaikan beberapa hal sebagai berikut: 1) Remaja pada umunya memiliki tokoh yang diidolakan dalam hidupnya. Pada umunya tokoh idola mereka adalah orang-orang yang terkenal, rupawan, dan berpertasi. 2) Dengan memiliki tokoh idola, dapat menjadikan tokoh idolanya sebagai cuan dalam kehidupanya. Tokoh idola dapat menjadi semacam inspirasi, motivasi dan pendorong semangat dalam setiap segi kehidupan para remaja.
  • Peserta didik diminta untuk melakukan studi pustaka dengan tugas sebagai berikut: 1) Peserta didik diminta menuju ke perpustakaan untuk membaca Kitab Suci. 2) Membaca Kitab Suci dan mencari atau menemukan sikap/sifat/ atau tindakan Yesus yang bagi mereka luar biasa dan mengagumkan. 3)  Menuliskan berbagai sikap/sifat/ atau tindakan Yesus yang bagi mereka luar biasa dan mengagumkan tersebut dalam lembar kertas laporan.
  • Peserta didik diminta untuk mengomunikasikan temuannya kepada teman-teman mereka.
  • Guru dapat memberikan peneguhan kepada peserta didik dengan beberapa pokok peneguhan
  • Semakin Mengenal Allah yang Diwartakan Yesus Melalui Dramaditasi Kitab Suci.
  • Guru membagi kelas dalam tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah peserta didik). dan setiap  diminta untuk membuat darmasitasi dari teks Kitab Suci yaitu: Matius 18:21-35; Lukas 15: 11-32; Matius 20:1-16.
  • Masing-masing kelompok diberi waktu untuk berlatih drama sesuai dengan tugas kelompoknya
  • Peserta didik mendramatisasikan kisa dalam Kitab Sucitersebut, dan setelah mendramakan, mereka menyampaikan makna/pesan Kitab Suci yang di dramakan bagi kelompok.
  • Semakin Mengenal Allah yang Diwartakan Yesus Melalui Dramasitasi Kitab Suci.
  • Guru membagi kelas dalam tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah peserta didik) dan setiap kelompok  diminta untuk membuat dramatitasi dari teks Kitab Suci yaitu: Matius 18:21-35; Lukas 15:11-35; Matius 20:1-16.
  • Masing-masing kelompok diberi waktu untuk berlatih drama sesuai dengan tugas kelompoknya
  • Peserta didik mendramatisasikan kisah dalam Kitab Suci tersebut, dan setelah mendramakan, mereka menyampaikan makna/pesan Kitab Suci yang didramakan bagi kelompok.
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru meminta peserta didik untuk melakukan refleksi pribadi berdasarkan kegiatan pembelajaran hari dan secara tertulis.
  • Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan doa bersama.

Penilaian Sikap Pengetahuan

1. Sikap Spritual
  1. Saya mengimani Yesus yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan dalam hidup saya.
  2. Saya percaya bahwa semua kebaikan berasal dari Yesus.
  3. Saya percaya bahwa Yesus senantiasa menuntun saya kejalan yang baik dan benar.
  4. Saya percaya bahwa Yesus senantiasa membimbing dan membisikkan hal yang baik dalam hati saya.
3. Penilaian Pengetahuan
  1. Jelaskan bahwa Yesus adalah Sang Insprirator!
  2. Sebutkan sikap-sikap Yesus sebagai Sang Inspirator!
  3. Bagaimana caramu menaladan sikap Yesus dalam hidup sehari-hari!
Kunci Jawaban
  1. Kita sudah melihat seperti apakah Yesus itu. Kerana telah mengimani bahwa Dialah Allah kita, maka seluruh pribadi Yesus kita yakni memberi inspirasi dalam hidup kita. Seluruh hidup kita hendaknya diinspirasi, diimotivasi dan didorong oleh pribadi Yesus yang kita kenal dan kita imani itu. Dengan demikian Yesuslah tokoh idola kita dalam hidup.
  2. Rela berkorban, mengasihi panpa memandang bulu, membantu sesama, selalu ada bagi orang yang membutuhkan, tidak menghukum, selalu mengampuni orang yang bersalah dan memberinya kesempatan untuk bertobat.
  3. Berusaha untuk menyerupai Yesus, berusaha untuk seperti Yesus, berusaha untuk menjadi kebanggan Yesus dalam langkah, dan dalam setiap peri kehidupan kita. Yesus menjadi nafas dalam kehidupan kita.
Silakan Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik materi pembejaran membangun diri seturut teladan Yesus di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik materi pembejaran membangun diri seturut teladan Yesus yang admin bagikan ini secara khusus buat Bapak Ibu Guru mengajarkan agama Katolik di kelas tujuh. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Download Perangkat RPP Agama Katolik


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Agama Katolik : Membangun Diri Seturut Teladan Yesus

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer