Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VII Yesus Sang Pengampun

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi "Yesus Sang Pengampun" revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mencari referensi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi "Yesus Sang Pengampun" revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi "Yesus Sang Pengampun" yang di jelaskan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah.

Download RPP 1  Lembar Agama Katolik Kelas VII Yesus Sang Pengampun

Moga-moga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu meringankan beban kerja Bapak dan Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik revisi terbaru. Dan admin berharap dengan adanya perangkat pembelajaran yang admin bagikan secara gratis ini dapat menambah semangat dan performa Bapak dan Ibu Guru dalam membawakan materi seputar Yesus Sang Pengampun dalam pembelajaran agama Katolik yang dibawakan di kelas. Dan yang paling utama adalah materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh semua peserta didik. Selanjutnya admin akan menjelaskan secara singkat garis besar isi yang terdapat dalam RPP 1lembar agama Katolik ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, gotong-royong), santum, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan sikap yang baik.
  2. Jujur dalam meneladani berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus.
  3. Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani.
  4. Merencanakan aktivitas/kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran

  1. Menceritakan pengalaman memaafkan.
  2. Menuliskan empat tahap dalam pemberian maaf pada seseorang.
  3. Menjelaskan sikap mengampuni seturut teladan Yesus berdasarkan Kitab Suci (Matius 18:21:35).
  4. Mengembangkan sikap mengampuni seturut teladan Yesus dalam hidup sehari-hari.

Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Doa pembukaan, seorang siswa dipersilahkan untuk berdoa secara spontan.
  2. Guru menanyakan tugas-tugas yang dikerjakan pada pelajaran sebelumnya.
  3. Guru mengecek kesiapan belajar siswa dengan bertanya jawab tentang materi pelajaran minggu sebelumnya.
  4. Guru memberi pengantar singkat.
 b. Kegiatan Inti (95 menit)
  1. Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar tentang orang berjabat tangan.
  2. Setelah pengamatan, guru memberikan tugas dengan pengantar misalnya "setiap orang pernah bersalah dan meminta maaf, dan juga pernah memberi maaf kepada teman yang bersalah. Berdasarkan pengalaman kalian cobalah untuk mengisi kolom berikut ini! 1) Ketika kamu bersalah: Apakah lebih sering meminta maaf? Atau melupakan dan tidak meminta maaf. Apa alasannya? Bagaimana perasaanmu atas tindakan itu? 2) Ketika orang lain bersalah kepadamu : Apakah lebih sering memberi maaf? Atau melupakan dan tidak memberi maaf. Apa alasannya? Bagaimana perasaanmu atas tindakanmu itu?
  3. Guru meminta kepada peserta didik untuk mengomunikasikan pengalaman mereka kepada teman-teman boleh dalam kelompok kecil atau secara klasikal.
  4. Setelah berbagi, guru dapat memberikan beberapa pokok peneguhan.
  5. Guru mengajak peserta didik untuk membaca perikop dalam Injil Matius 18:21-35 dengan khidmat secara bergiliran membacakan satu ayat.
  6. Setelah membaca firman Tuhan tersebut, guru melakukan tanya jawab bersama peserta didik dengan materi pertanyaan sebagai berikut! 1) Bagaimana pendapat Petrus tentang memberi pengampunan? 2) Bagaimana pendapat tentang memberi pengampunan? 3) Berdasarkan pendapat Yesus, sikap apa saja yang kita perlukan agar dapat melakukan pengampunan seperti yang diajarkan Yesus? 4) Menurutmu, apa saja tahap-tahap bagi seseorang untuk memberikan pengampunan?
  7. Guru kemudian membacakan sebuah cerita tentang pengampunan Tuhan untuk direnungkan isi ceritanya.
  8. Setelah selesai membacakan cerita, guru dapat menyampaikan beberapa pokok peneguhan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
  1. Guru meminta peserta didik untuk melakukan refleksi pribadi berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini, dan hasil refleksinya diminta diungkapkan secara tertulis.
  2. Peserta didik diminta untuk menyanyikan sebuah lagu sebagai ungkapan doa mereka untuk menutup kegiatan pembelajaran.

Penilaian Sikap dan Pengetahuan

a. Penilaian Sikap
  1.  Saya percaya bahwa Yesus sungguh Allah.
  2. Saya percaya bahwa Allah turun ke dunia dalam diri Yesus Kristus.
  3. Saya menunjukkan kepercayaan akan Yesus melalui tindakan meneladan Yesus.
  4. Saya menunjukkan iman saya kepada Yesus dengan perbuatan kasih pada sesama seperti yang dilakukan Yesus. 
b. Penilaian Pengetahuan
  1. Sebutkan faktor penghambat yang membuat orang sulit mengampuni!
  2. Sebutkan keuntungan bila mampu mengampuni dan mendapatkan pengampunan!
  3. Jelaskan pengampunan yang dilakukan oleh Yesus seperti dikisahkan dalam Yoh 8:2-11!
Kunci Jawaban:
  1. Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang sulit untuk memaafkan atau juga orang sulit untuk meminta maaf atas kesalahannya, yaitu: 1) Karena keinginan untuk mempertahankan "harga diri" atau wibawa. 2) Karena gengsi. 3) Karena sikap egois dan mau menang sendiri.
  2. Dengan mau mengampuni, ataupun mau meminta maaf, akan dapat menjadikan hati kita tenang, tenteran, damai, jauh dari segala permusuhan dan dendam, bahkan dengan memaafkan atau meminta maaf, hubungan kita dengan sesama dan dengan Tuhan akan tetap terjalin dengan harmonis dan menyenangkan.
  3. Yesus melakukan pengampunan kepada perempuan yang kedapatan berzinah. Kepada perempuan yang berdosa ini, Yesus tidak mengadili, tetapi memberi kesempatan kepada perempuan tersebut untuk berubah dan tidak melakukan dosa lagi. Yesus memberi kesempatan kepada pendosa itu untuk bertobat.
Untuk lebih jelasnya, SILAKAN Bapak dan Ibu Guru mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar yang admin bagikan kali ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun RPP yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang membawakan mata pelajaran agama Katolik di kelas tujuh. Selamat mendownload dan semoga RPP ini dapat menjadikan kita sebagai guru-guru yang profesional. SELENGKAPNYA silakan donwnload RPP ini di link berikut ini!

Download RPP 1 Lembar Yesus Sang Pengampun